Iklan

Iklan

Pertanyaan

Memelihara ketertiban di dalam masyarakat dengan bertindak sebagai pemaksa hukum dan menyelesaikan konflik di masyarakat secara adil sehingga anggota masyarakat dapat hidup dengan tentram. Deskripsi tersebut merupakan salah satu fungsi lembaga politik yaitu ....

Memelihara ketertiban di dalam masyarakat dengan bertindak sebagai pemaksa hukum dan menyelesaikan konflik di masyarakat secara adil sehingga anggota masyarakat dapat hidup dengan tentram. Deskripsi tersebut merupakan salah satu fungsi lembaga politik yaitu ....

  1. internal order

  2. general walfare

  3. political process

  4. external security

  5. protection function

Iklan

D. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Lembaga politik adalah keseluruhan tata nilai dan norma yang berkaitan dengan kekuasaan. Misalnya keanggotaan DPR sebagai sarana aspirasi rakyat Adapun fungsi lembaga politik sebagai berikut. Memelihara ketertiban di dalam negeri (internal order). Lembaga politik memiliki fungsi untuk memelihara ketertiban di dalam masyarakatdengan menggunakan wewenang yang dimilikinya, baik dengan cara persuasif (penyuluhan) maupun cara koersif (kekerasan). Lembaga politik bertindak sebagai pemaksa hukum, menyelesaikan konflik yang terjadi di antara anggota masyarakat secara adil sehingga anggota masyarakat dapat hidup dengan tenteram. Menjaga keamanan di luarnegeri (eksternal order). Lembaga politik memiliki fungsi untuk mempertahankan negara dari ancaman atau serangan yang datang dari negara lain melalui jalan diplomasi ataupun dengan perang. Mengusahakan kesejahteraan umum (general welfare). Lembaga politik memiliki fungsi untuk merencanakan dan melaksanakan pelayanan-pelayanan sosial serta mengusahakan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. Mengatur proses politik. Lembaga politik memiliki fungsimengatur proses persaingan untuk memperoleh kekuasaan agar tidak mengancam keutuhan masyarakat (bangsa dan negara) seperti adanya kesepakatan politik dari beberapapartai politik dalam menyikapi kebijakan pemerintah. Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat terkait fungsi lembaga politik yang sesuai dengan pernyataan di soal adalah pilihan jawaban A. internal order .

Lembaga politik adalah keseluruhan tata nilai dan norma yang berkaitan dengan kekuasaan. Misalnya keanggotaan DPR sebagai sarana aspirasi rakyat

Adapun fungsi lembaga politik sebagai berikut.

  • Memelihara ketertiban di dalam negeri (internal order). Lembaga politik memiliki fungsi untuk memelihara ketertiban di dalam masyarakat dengan menggunakan wewenang yang dimilikinya, baik dengan cara persuasif  (penyuluhan) maupun cara koersif (kekerasan). Lembaga politik bertindak sebagai pemaksa hukum, menyelesaikan konflik yang terjadi di antara anggota masyarakat secara adil sehingga anggota masyarakat dapat hidup dengan tenteram.
  • Menjaga keamanan di luar negeri (eksternal order). Lembaga politik memiliki fungsi untuk mempertahankan negara dari ancaman atau serangan yang datang dari negara lain melalui jalan diplomasi ataupun dengan perang.
  • Mengusahakan kesejahteraan umum (general welfare).Lembaga politik memiliki fungsi untuk merencanakan dan melaksanakan pelayanan- pelayanan sosial serta mengusahakan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.
  • Mengatur proses politik. Lembaga politik memiliki fungsi mengatur proses persaingan untuk memperoleh kekuasaan agar tidak mengancam keutuhan masyarakat (bangsa dan negara) seperti adanya kesepakatan politik dari beberapa partai politik dalam menyikapi kebijakan pemerintah.

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat terkait fungsi lembaga politik yang sesuai dengan pernyataan di soal adalah pilihan jawaban A. internal order.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

46

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu praktik atau aktifitas politik adalah mempertimbangkan berbagai alternatif kebijakan yang diusulkan oleh partai-partai politik. Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa fun...

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia