Iklan

Iklan

Pertanyaan

Meletusnya gunung merapi di Jawa Tengah mengakibatkan tatanan kehidupan masyarakat di sekitarnya rusak. Oleh karena itu, pemerintah mengambil langkah memindahkan seluruh penduduk ke daerah lain yang masih kosong dan tinggal menetap di daerah tersebut. Pola pergerakan penduduk dalam kasus tersebut adalah ...

Meletusnya gunung merapi di Jawa Tengah mengakibatkan tatanan kehidupan masyarakat di sekitarnya rusak. Oleh karena itu, pemerintah mengambil langkah memindahkan seluruh penduduk ke daerah lain yang masih kosong dan tinggal menetap di daerah tersebut.

Pola pergerakan penduduk dalam kasus tersebut adalah ...

  1. komuter

  2. emigrasi

  3. sirkuler

  4. migrasi

  5. bedol desa

Iklan

A. Aghnia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Komuter(berasal dari bahasa Inggris Commuter; dalam bahasa Indonesia juga disebut penglaju atau penglajo) adalah seseorang yang bepergian ke suatu kota untuk bekerja dan kembali ke kota tempat tinggalnya setiap hari, biasanya dari tempat tinggal yang cukup jauh dari tempat bekerjanya. Migrasimanusia adalah perpindahan penduduk dengan tujuan untuk menetap dari suatu tempat ke tempat lain melewati batas administratif (migrasiinternal) atau batas politik/negara (migrasiinternasional). Mobilitas penduduk sirkuler atau mobilitas penduduk nonpermanen adalah gerak penduduk dari suatu wilayah menuju ke wilayah lain dengan tidak ada niatan menetap di daerah tujuan. Bedol desa adalah pemindahan seluruh penghuni desa ke tempat lain (tentang transmigrasi). Sesuai dengan penjabaran di atas, langkah pemerintah untuk memindahkan seluruh penduduk kedaerah lain akibat dari bencana alam adalah termasuk bedol desa.

  • Komuter (berasal dari bahasa Inggris Commuter; dalam bahasa Indonesia juga disebut penglaju atau penglajo) adalah seseorang yang bepergian ke suatu kota untuk bekerja dan kembali ke kota tempat tinggalnya setiap hari, biasanya dari tempat tinggal yang cukup jauh dari tempat bekerjanya.
  • Migrasi manusia adalah perpindahan penduduk dengan tujuan untuk menetap dari suatu tempat ke tempat lain melewati batas administratif (migrasi internal) atau batas politik/negara (migrasi internasional).
  • Mobilitas penduduk sirkuler atau mobilitas penduduk nonpermanen adalah gerak penduduk dari suatu wilayah menuju ke wilayah lain dengan tidak ada niatan menetap di daerah tujuan.
  • Bedol desa adalah pemindahan seluruh penghuni desa ke tempat lain (tentang transmigrasi).

Sesuai dengan penjabaran di atas, langkah pemerintah untuk memindahkan seluruh penduduk kedaerah lain akibat dari bencana alam adalah termasuk bedol desa.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

113

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pola pergerakan atau mobilitas yang dilakukan penduduk seperti pada gambar adalah ....

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia