Roboguru

Pertanyaan

Megagametogenesis adalah...

A. Ac

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

megagametogenesis adalah proses pembentukan ovum dan pembelahan inti sel megaspora tanpa disertai dengan pembelahan selnya terdapat pada bakal biji.

Pembahasan

Ada dua istilah dalam proses pembentukan alat reproduksi betina untuk menghasilkan pada tumbuhan, istilah tersebut adalah megasporogenesis dan megagametogenesis. Megasporogenesis adalah proses pembentukan megaspora atau bakal biji pada tumbuhan angiosperma. Sedangkan megagametogenesis adalah proses pembentukan ovum dan inti sel lain yang terdapat pada bakal biji tersebut. Kedua proses tersebut terjadi pada bakal buah dari organ reproduksi betina tumbuhan. Proses tersebut diperlukan dalam reproduksi tumbuhan tersebut untuk menghasilkan biji.

Megasporogenesis

Proses ini terjadi di dalam bakal biji tumbuhan. Pada bakal biji awalnya hanya terdapat 1 sel induk megaspora. Sel tersebut kemudian akan membelah secara meiosis (melalui meiosis 1 dan 2) hingga menghasilkan 4 megaspora anakan. Tiga megaspora yang terbentuk akan mereduksi dan mati, sedangkan 1 tetap berkembang hingga akan tumbuh menjadi bakal biji yang sempurna. Dalam megaspora tersebut terdapat 1 inti sel yang nantinya akan menjalani proses megagametogenesis.

Megagametogenesis

Proses ini merupakan serangkaian pembelahan inti sel megaspora tanpa disertai dengan pembelahan selnya. Pembelahan tersebut terjadi secara mitosis dan berlangsung 3 kali berturut-turut. Dari awalnya 1 inti sel, membelah secara mitosis 3 kali hingga menghasilkan 8 inti sel. Delapan inti sel tersebut akan bergerak menuju tempatnya masing-masing dan berkembang menjadi bagian yang berbeda-beda. Tiga inti akan bergerak menuju arah mikrofil (bagian bawah) dan berkembang menjadi ovum (tengah) dan 2 sinergid di kanan kirinya. Dua inti sel akan berada di tengah-tengah dan berkembang menjadi inti kandung lembaga sekunder. Tiga inti sel akan bergerak ke arah khalaza (bagian atas) dan berkembang menjadi antipoda. 

Jadi megagametogenesis adalah proses pembentukan ovum dan pembelahan inti sel megaspora tanpa disertai dengan pembelahan selnya terdapat pada bakal biji.

419

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perbedaan yang tepat antara mikrogametogenesis dan megagametogenesis berdasarkan jenis spora yang mengalami pembelahan mitosis adalah...

15

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia