Roboguru

Mathematic is the ____ subject for me.

Pertanyaan

Mathematic is the ____ subject for me.

  1. difficultier

  2. more difficult

  3. difficultest

  4. most difficult

  5. difficult

Pembahasan Soal:

Pada soal ini kita diminta untuk menentukan bentuk superlative degree yang benar untuk kata "difficult". Kata adjective bentuk superlative degree, dibentuk dengan menambahkan kata "the" sebelum kata adjective atau menambahkan "-est" pada akhir katanya. "Difficult" memiliki suku kata lebih dari 1, jadi bentuk superlative-nya adalah "the most difficult".

Jadi jawaban yang benar adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Hariri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Complete the sentences with comparative degree. What is the ____ mountain in the world? (high)

Pembahasan Soal:

Soal meminta kita untuk membuat kalimat perbandingan atau comparative sentence menggunakan superlative degree dari kata sifat di dalam kurung.

Pola kalimat tanya superlative adjective adalah WH-Q + to be (is,am,are) + the (adjective)-est/most (adjective) + O + of all/in + Adv?

The (adjective)-est digunakan untuk kata sifat yang memiliki satu suku kata; sedangkan the most (adjective) digunakan untuk kata sifat yang memiliki lebih dari satu suku kata.

Kata sifat yang digunakan dalam kalimat di atas adalah high atau tinggi. High memiliki satu suku kata. Sehingga, kata pelengkap yang tepat adalah the highest.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah What is the highest mountain in the world?

0

Roboguru

Complete the following sentences with the word in the brackets by transforming it into the correct form of comparative or superlative degrees! (Lengkapilah kalimat di bawah ini dengan bentuk kata sifa...

Pembahasan Soal:

Instruksi soal di atas adalah mengubah kata sifaf "tall" menjadi bentuk comparative atau superlative degrees untuk melengkapi kalimat "He is ____ person in the class."

Arti dari kalimat tersebut adalah "Dia adalah orang ____ di kelas."

Jika dilihat dari artinya, soal ini membahas perbandingan "paling" di antara yang lain. Sehingga jawaban untuk soal ini adalah "paling tinggi" dan akan menjadi "Dia adalah orang paling tinggi di kelas."

Untuk tingkatan paling, kita bisa menggunakan rumus Superlative Degree (to be + the + comparative), yaitu dengan menambahkan akhiran -est atau awalan most pada kata sifat di dalam kurung. Penambahan tersebut berdasarkan suku kata (syllable) kata sifat.

Jadi, kata "tall" yang mana hanya memiliki 1 suku kata akan menjadi "tallest", sehingga kalimatnya menjadi "He is tallest person in the class."

0

Roboguru

Change the adjective into the correct form to make a correct comparison sentence! Susanti is the ____ of the three sisters. (old)

Pembahasan Soal:

Kata sifat (adjective) yang perlu diubah ke bentuk comparison degree adalah old.

Dalam kalimat tersebut terdapat the sebelum adjective yang dibutuhkan dan makna kalimat tersebut menunjukkan bahwa Susanti adalah yang paling tua dari tiga bersaudara. Maka, kalimat ini membutuhkan bentuk superlative adjective, yaitu bentuk perbandingan yang memiliki nilai "tertinggi" dibanding lainnya. Pada kalimat soal, Susanti adalah yang "tertua" dibanding tiga saudaranya.

Pola superlative adjective adalah dengan menambahkan imbuhan -est di akhiran kata sifat. Jadi, bentuk superlative dari old adalah oldest.

Sehingga kalimatnya menjadi: Susanti is the oldest of the three sisters.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah: oldest.

0

Roboguru

Change the following adjectives into comparative and superlative degrees! (Ubahlah kata sifaf berikut ini menjadi rumus comparative dan superlative degrees!) Comfortable = ____; ____

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan perubahan kata sifaf "comfortable" menjadi bentuk comparative dan superlative degrees.

Pada Comparative Degree terdapat akhiran -er maupun awalan more tergantung pada jumlah suku kata (syllable) kata sifat. Rumusnya S + to be + adjective (+ -er/more) + than + O.

Pada Superlative Degree terdapat akhiran -est maupun awalan the most tergantung pada jumlah suku kata (syllable) kata sifat. Rumusnya S + to be + adjective (+ -est/the most) + O.

Kata sifat comfortable memiliki lebih dari satu suku kata. Sehingga, pola kalimat yang digunakan untuk comparative degree adalah pola (adjective)-er than; dan pola kalimat yang digunakan untuk superlative degree adalah pola the most (adjective).

Jadi, jawaban yang tepat adalah sebagai berikut:

  • Adjective undefined comfortable
  • Comparative undefined more comfortable than
  • Superlative undefined the most comfortable

0

Roboguru

Change the adjective into the correct form to make a correct comparison sentence! Hani's house is the ____ one in her neighborhood. (big)

Pembahasan Soal:

Kalimat di atas menggunakan superlative degree dengan formula Subject + to be + the adjective + -est + object yang berfungsi untuk menunjukkan sifat ‘paling’ di antara yang lainnya. Situasinya, "Hani's house" adalah rumah yang paling besar di lingkungannya. 

Pada umumnya, superlative degree memiliki pola dengan cukup menambahkan imbuhan -est di akhiran kata sifat. Namun, karena kata pada soal, yaitu big memiliki pola akhiran vokal dan konsonan, maka sebelum menambahkan imbuhan -est kita menggandakan huruf akhir. Jadi, kalimatnya menjadi:


Hani's house is the biggest one in her neighborhood.
(Rumah Hani adalah yang terbesar di lingkungannya).

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah: biggest

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved