Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mata pelajaran yang sedang diujikan adalah matematika. Semua murid terlihat kebingungan dan kewalahan melihat soalnya. Terjadilah percakapan antara lima sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita, dan Dini. Banu : Din, aku minta jawaban soal nomor 5 dan 6! Dini : A dan C. Sita : Kalau soal nornor 10, 11, dan 15 jawabannya apa Ban? Banu : 10 A, 11 D, nomor 15 aku belum. Adi : Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar! Sita : Soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan. Mereka berempat saling mencontek seperti pelajar Iainnya. Tapi tidak dengan Budi, ia terlihat rileks dan mengerjakan soal ujian sendiri tanpa mencontek. Cerpen yang sesuai dengan teks drama tersebut adalah ...

Mata pelajaran yang sedang diujikan adalah matematika. Semua murid terlihat kebingungan dan kewalahan melihat soalnya. Terjadilah percakapan antara lima sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita, dan Dini.

Banu : Din, aku minta jawaban soal nomor 5 dan 6!

Dini   : A dan C.

Sita   : Kalau soal nornor 10, 11, dan 15 jawabannya apa Ban?

Banu  : 10 A, 11 D, nomor 15 aku belum.

Adi     : Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar!

Sita    : Soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan.

Mereka berempat saling mencontek seperti pelajar Iainnya. Tapi tidak dengan Budi, ia terlihat rileks dan mengerjakan soal ujian sendiri tanpa mencontek.


Cerpen yang sesuai dengan teks drama tersebut adalah ...

  1. Kelasku sedang menghadapi ujian Matematika. Aku, Banu, Siti, Dina, dan Adi sangat kewalahan menjawab soal-soal tersebut. Kudengar panggilan Banu kepada Dina, “Din... soal nomor 5 dan 6 jawabnya apa?’ “Ngga tau” jawab Dina,” tanya Dini sana!”

  2. Ketika ujian Matematika berlangsung, Banu kelihatan gelisah. Matanya liar, lirik sana, lirik sini. “Din... soal nornor 5 dan 6 apa jawabnya?” ujar Banu penuh harap. “A dan C”, jawab Dini sedikit keras. “Ssst... jangan keras-keras dong, ntar Bu Guru dengar. Mereka asyik contek-contekan, sementara Budi serius dengan pekerjaanya sendiri.

  3. Ujian Matematika sedang berlangsung. Siswa kebingungan melihat soalnya. Lima sekawan, Budi, Banu, Dini, Siti, dan Adi pun merasa kewalahan juga. “ Din, jawaban soal nornor 5 dan 6 apa?” tanya Banu memecah keheningan ruang ujian. "A dan C”, jawab Dini. “Trus soal nomor 10, 11, 15, jawabnya apa, Ban?” tanya Sita “Nomor 10 A, 11 D, dan nomor 15 aku belum selesai”, jawab Banu. Walaupun keempat temannya saling contek, Budi terlihat rileks dan mengerjakan sendiri soalnya tanpa mencontek.

  4. Bu Guru mengadakan ulangan harian. Semua siswa kewalahan melihat soalnya. Begitu juga dengan Banu, Dini, Siti, Budi, dan Adi. Mereka saling contek, termasuk juga Budi. “Soal nomor 5 dan 6 apa jawabnya Din,” tanya Budi. “A dan C, jawab Dini. “Terus soal nornor 10, 11, dan 15 apa jawabnya Sit?” tanya Adi “Ssssst.... jangan keras-keras!” kata Dini,” ntar Bu Guru dengar.”

Iklan

I. Yassa

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Cerpen dibangun dari urutan alur yang dimulai dari orientasi atau perkenalan latar dan konflik. Setelah itu masuk ke masalah. Perkenalan dimulai dengan latar cerita di kelas sedang ujian matematika. Masalah yang dibangun dalam cerita di atas adalah saat mereka mencontek antara satu dengan yang lain. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Cerpen dibangun dari urutan alur yang dimulai dari orientasi atau perkenalan latar dan konflik. Setelah itu masuk ke masalah. Perkenalan dimulai dengan latar cerita di kelas sedang ujian matematika. Masalah yang dibangun dalam cerita di atas adalah saat mereka mencontek antara satu dengan yang lain. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

161

Aginta Ibrena

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Bantu banget Makasih ❤️

Azizah

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah teks berikut! Hari ini aku betul-betul seperti rnendapatkan durian runtuh. Waktu berangkat ke sekolah aku bertemu dengan Tante Dian. Aku diberi tambahan uang saku. Di sekolah temanku meraya...

5

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia