Iklan

Iklan

Pertanyaan

Masyarakat merupakan pihak yang terdampak ketika terjadi bencana. Bagaimana peran masyarakat dalam tahapan mitigasi bencana?

Masyarakat merupakan pihak yang terdampak ketika terjadi bencana. Bagaimana peran masyarakat dalam tahapan mitigasi bencana?

Iklan

R. Dewi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kita dapat menyimpulkan bahwamasyarakat memegang peranan penting dalam upaya mitigasi bencana . Masyarakat perlu mengetahui tentang kebencanaan dan potensi ancaman bencana yang ada di wilayahnya . Selain itu, dalam kegiatan mitigasi dan penanggulangan bencana, masyarakatbertanggung jawab memelihara keseimbangan, keserasian, keselarasan, dan kelestarian lingkungan. Contohnya adalah dengan tidak membuang sampah ke sungai untuk mencegah bencana banjir, tidak membakar hutan, dan lain-lain.

kita dapat menyimpulkan bahwa masyarakat memegang peranan penting dalam upaya mitigasi bencana. Masyarakat perlu mengetahui tentang kebencanaan dan potensi ancaman bencana yang ada di wilayahnya. Selain itu, dalam kegiatan mitigasi dan penanggulangan bencana, masyarakat bertanggung jawab memelihara keseimbangan, keserasian, keselarasan, dan kelestarian lingkungan. Contohnya adalah dengan tidak membuang sampah ke sungai untuk mencegah bencana banjir, tidak membakar hutan, dan lain-lain.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Peran serta masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana diatur dalam Peraturan Kepala BNPB No. 11 Tahun 2014 tentang Peran Serta Masyarakat dalam Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana. Oleh sebab itu, kita dapat menyimpulkan bahwamasyarakat memegang peranan penting dalam upaya mitigasi bencana . Masyarakat perlu mengetahui tentang kebencanaan dan potensi ancaman bencana yang ada di wilayahnya . Selain itu, dalam kegiatan mitigasi dan penanggulangan bencana, masyarakatbertanggung jawab memelihara keseimbangan, keserasian, keselarasan, dan kelestarian lingkungan. Contohnya adalah dengan tidak membuang sampah ke sungai untuk mencegah bencana banjir, tidak membakar hutan, dan lain-lain.

Peran serta masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana diatur dalam Peraturan Kepala BNPB No. 11 Tahun 2014 tentang Peran Serta Masyarakat dalam Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana. Oleh sebab itu, kita dapat menyimpulkan bahwa masyarakat memegang peranan penting dalam upaya mitigasi bencana. Masyarakat perlu mengetahui tentang kebencanaan dan potensi ancaman bencana yang ada di wilayahnya. Selain itu, dalam kegiatan mitigasi dan penanggulangan bencana, masyarakat bertanggung jawab memelihara keseimbangan, keserasian, keselarasan, dan kelestarian lingkungan. Contohnya adalah dengan tidak membuang sampah ke sungai untuk mencegah bencana banjir, tidak membakar hutan, dan lain-lain.

Latihan Bab

Pengantar Bencana

Jenis-Jenis Bencana

Siklus Manajemen Bencana

Manajemen Bencana di Indonesia

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

101

Gung Ira

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Partisipasi masyarakat dalam menghadapi bencana alam dapat dilakukan dengan pelatihan membaca tanda-tanda bahaya bencana. Pelatihan tersebut bermanfaat untuk ....

562

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia