Iklan

Iklan

Pertanyaan

Masyarakat melakukan kontrol dan pengawasan atas terjadinya kenakalan remaja dengan cara menggalakkan olahraga dan kegiatan keagamaan. Pengawasan dan kontrol seperti ini dalam masyarakat tersebut bertujuan..

Masyarakat melakukan kontrol dan pengawasan atas terjadinya kenakalan remaja dengan cara menggalakkan olahraga dan kegiatan keagamaan. Pengawasan dan kontrol seperti ini dalam masyarakat tersebut bertujuan..

  1. menolong masyarakat agar waspada

  2. mengembangkan tindakan sesuai pola

  3. membatasi perilaku anggota masyarakat

  4. menciptakan keteraturan di masyarakat

  5. mendorong masyarakat agar taat aturan

Iklan

M. Aulia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Konsep pengendalian sosial yaitu suatu mekansime untuk mencegah penyimpanagn dan mengarahkan anggota masyarakat untuk bertindak menurut norma dan nilai yang telah melembaga. Fenomena yang sering meresahkan masyarakat adalah kenakalan remaja, oleh karena itu masyarakat melakukan kontrol dan pengawasan atas terjadinya kenakalan remaja dengan menggalakkan olahraga dan kegiatan kegamaan hal ini bertujuan untuk menciptakan keteraturan di masyarakat. keteraturan merupakan keadaan dimana masyarakat bertindak sesuai dengan nilai dan norma dan bertindak sesuai dengan status dan perannya. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Menolong masyarakat agar waspada tidak tepat karena konsep pengawasan dan kontrol bukan untuk menolong masyarakat tetapi mengarahkan masyarakat. Mengembangkan tindakan sesuai pola kurang tepat karena setiap masyarakat mempunyai pola yang berbeda. Membatasi perilaku individu merupakan fungsi dari nilai dan norma Mendorong masyarakat agar taat aturan merupakan fungsi dari adanya sanksi.

Konsep pengendalian sosial yaitu suatu mekansime untuk mencegah penyimpanagn dan mengarahkan anggota masyarakat untuk bertindak menurut norma dan nilai yang telah melembaga. Fenomena yang sering meresahkan masyarakat adalah kenakalan remaja, oleh karena itu masyarakat melakukan kontrol dan pengawasan atas terjadinya kenakalan remaja dengan menggalakkan olahraga dan kegiatan kegamaan hal ini bertujuan untuk menciptakan keteraturan di masyarakat. keteraturan merupakan keadaan dimana masyarakat bertindak sesuai dengan nilai dan norma dan bertindak sesuai dengan status dan perannya.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Menolong masyarakat agar waspada tidak tepat karena konsep pengawasan dan kontrol bukan untuk menolong masyarakat tetapi mengarahkan masyarakat.
  • Mengembangkan tindakan sesuai pola kurang tepat karena setiap masyarakat mempunyai pola yang berbeda.
  • Membatasi perilaku individu merupakan fungsi dari nilai dan norma
  • Mendorong masyarakat agar taat aturan merupakan fungsi dari adanya sanksi.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

35

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada akhir tahun pelajaran, sekolah menyerahkan penghargaan kepada para siswa yang berprestasi secara akademik maupun secara non akademik. Bentuk pengendalian sosial tersebut berupa....

5

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia