Iklan

Iklan

Pertanyaan

Masyarakat Indonesia yang majemuk ditandai dengan aneka ragam suku bangsa dan agama yang dianut. Masing masing mempunyai kebudayaan dan ritual keagamaan yang berbeda, kurang komunikasi dan rawan konflik. Komposisi tersebut menunjukkan konfigurasi masyarakat majemuk yaitu ....

Masyarakat Indonesia yang majemuk ditandai dengan aneka ragam suku bangsa dan agama yang dianut. Masing masing mempunyai kebudayaan dan ritual keagamaan yang berbeda, kurang komunikasi dan rawan konflik. Komposisi tersebut menunjukkan konfigurasi masyarakat majemuk yaitu ....space space 

  1. minoritas dominanspace space 

  2. mayoritas dominanspace space 

  3. mayoritas seimbangspace space 

  4. kompetisi seimbangspace space 

  5. fragmentasi kelompokspace space 

Iklan

Y. Fernanda

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Konfigurasi masyarakat majemuk dimana setiap kelompok dengan budaya yang berbeda kurang berkomunikasi satu sama lain sehingga rawan konflik adalah ciri dari konfigurasi fragmentasi kelompok . Lebih jelasnya fragmentasi kelompok merupakan masyarakat yang terdiri atas sejumlah kelompok tetapi semuanya dalam jumlah yang relative sama sehingga tidak ada satu kelompok pun yang mempunyai posisi politik atau ekonomi yang dominan. Masyarakat demikian ini biasanya sangat stabil, tapi masih mempunyai potensi konflik karena rendahnya kemampuan coalition building. Adapun konfigurasi etnik masyarakat majemuk lainnya, yaitu: Komposisi seimbang atau kondisi dimana masyarakat terdiri atas sejumlah komunitas atau etnik yang mempunyai kekuatan (jumlah individu dalam kelompok) kompetitif yang kurang lebih seimbang. Mayoritas dominan merupakan masyarakat majemuk yang terdiri atas sejumlah komunitas etnik dengan kekuatan kompetitif tidak seimbang. Dimana salah satu kekuatan kompetitif lebih besar daripada kelompok lainnya, atau suatu kelompok etnik mayoritas mendominasi kompetisi sehingga posisi kelompok-kelompok yang lain menjadi kecil. Minoritas dominan merupakan suatu masyarakat dimana satu kelompok etnik minoritas mempunyai keunggulan kompetitif yang luas sehingga mendominasi kehidupan politik atau ekonomi masyarakat. Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah E.

Konfigurasi masyarakat majemuk dimana setiap kelompok dengan budaya yang berbeda kurang berkomunikasi satu sama lain sehingga rawan konflik adalah ciri dari konfigurasi fragmentasi kelompok. Lebih jelasnya fragmentasi kelompok merupakan masyarakat yang terdiri atas sejumlah kelompok tetapi semuanya dalam jumlah yang relative sama sehingga tidak ada satu kelompok pun yang mempunyai posisi politik atau ekonomi yang dominan. Masyarakat demikian ini biasanya sangat stabil, tapi masih mempunyai potensi konflik karena rendahnya kemampuan coalition building.

Adapun konfigurasi etnik masyarakat majemuk lainnya, yaitu: 

  • Komposisi seimbang atau kondisi dimana masyarakat terdiri atas sejumlah komunitas atau etnik yang mempunyai kekuatan (jumlah individu dalam kelompok) kompetitif yang kurang lebih seimbang.
  • Mayoritas dominan merupakan masyarakat majemuk yang terdiri atas sejumlah komunitas etnik dengan kekuatan kompetitif tidak seimbang. Dimana salah satu kekuatan kompetitif lebih besar daripada kelompok lainnya, atau suatu kelompok etnik mayoritas mendominasi kompetisi sehingga posisi kelompok-kelompok yang lain menjadi kecil.
  • Minoritas dominan merupakan suatu masyarakat dimana satu kelompok etnik minoritas mempunyai keunggulan kompetitif yang luas sehingga mendominasi kehidupan politik atau ekonomi masyarakat.

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah E.space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada masyarakat plural seperti di Indonesia konflik sangat mudah terjadi.Penyebab konflik pada umumnya adalah....

5

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia