Roboguru

Masuknya budaya Buddha ke Indonesia lebih awal dibandingkan dengan budaya Hindu. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan bukti Arkeologi yaitu pada ...

Pertanyaan

Masuknya budaya Buddha ke Indonesia lebih awal dibandingkan dengan budaya Hindu. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan bukti Arkeologi yaitu pada ...

  1. Candi Budha di Muara Takus

  2. Prasasti Batu Tulis di Bogor

  3. Arca Budha di Bukit Siguntang

  4. Prasasti yang tertera pada Yupa di Kutei

  5. Arca Budha di Candi Borobudur

Pembahasan Soal:

Penyebaran agama Hindu dan Budha dari India ke Indonesia berkaitan erat dengan perdagangan. Melalui hubungan dagang antara Indonesia dan India,lambat laun agama Hindu-Budha masuk dan tersebar di Indonesia,serta dianut oleh raja-raja dan para bangsawan. Bermula dari lingkungan istana itulah agama dan kebudayaan Hindu-Budha tersebar ke kalangan rakyat biasa. Berdasarkan bukti arkeologis yang ditemukan, agama Budha masuk ke Indonesia lebih dahulu dibandingkan agama Hindu, yakni diperkirakan sejak abad ke-2. Bukti tersebut antara lain ditemukannya arca Budha yang terbuat dari perunggu di Sempaga, Sulawesi Selatan. Lalu ditemukannya Arca Buddha di Bukit Siguntang, Palembang dan juga ditemukannya arca Buddha bergaya seni di Jember, Jawa Timur.

Dari ciri-ciri ikonografinya, arca-arca Buddha ini menunjukkan langgam (gaya seni) arca Amarawati yang berkembang di daerah India Selatan sejak abad 1-5 M. Para ahli memperkirakan, arca-arca Buddha tersebut merupakan barang dagangan atau barang persembahan untuk bangunan suci agama Buddha. Sementara itu, masuknya agama Hindu ke Indonesia terjadi pada awal tahun Masehi, ini dapat diketahui dengan adanya bukti tertulis pada abad ke 4 Masehi dengan diketemukannya tujuh buah Yupa peninggalan kerajaan Kutai di Kalimantan Timur yang merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Dengan demikian bukti arkeologi agama Buddha masuk lebih dulu dibanding agama Hindu adalah ditemukannya arca Amarawati  di Sempaga, Bukit Siguntang dan Jember.

Jadi jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikanlah pernyataan dibawah ini! Agama Hindu dan Budha dibawa oleh bangsa India. Agama Islam dibawa oleh pedagang Gujarat. Agama Hindu dan Budha di bawa oleh bangsa Eropa. Agama Islam dibaw...

Pembahasan Soal:

Keberagaman agama yang ada di Indnesia tidak dapat dilepaskan dari adanya peranan bangsa asing yang datang ke nusantara. Masuknya beberapa agama ke Indonesia dilakukan leh :

  • Agama Hindu dan Budha dibawa oleh bangsa India.
  • Agama Islam dibawa oleh pedagang Gujarat.
  • Agama Kong Hu Chu di bawa oleh pedagang dari Cina.

opsi tersebut berada pada poin 1,2 dan 5.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Bukti arkeologi yang menunjukkan masuknya budaya Buddha ke Indonesia lebih awal daripada budaya Hindu adalah...

Pembahasan Soal:

Penyebaran agama Hindu dan Budha dari India ke Indonesia berkaitan erat dengan perdagangan. Melalui hubungan dagang antara Indonesia dan India, lambat laun agama Hindu-Budha masuk dan tersebar di Indonesia serta dianut oleh raja-raja dan para bangsawan. Bermula dari lingkungan istana itulah agama dan kebudayaan Hindu-Budha tersebar ke kalangan rakyat biasa.

Berdasarkan bukti arkeologis yang ditemukan, agama Budha masuk ke Indonesia diperkirakan sejak abad ke-2. Bukti tersebut antara lain ditemukannya arca Budha yang terbuat dari perunggu di Sempaga, Sulawesi Selatan. Dari ciri-ciri ikonografinya, arca Budha dari Sempaga ini menunjukkan langgam (gaya seni) arca Amarawati yang berkembang di daerah India Selatan sejak abad 1 M.

Arca Budha bergaya seni Amarawati lain ditemukan di Jember (Jawa Timur), sejenis dengan yang ditemukan di Sempaga. Temuan ini merupakan bukti awal tentang adanya pengaruh India di Jawa. Para ahli memperkirakan, arca Buddha tersebut merupakan barang dagangan atau barang persembahan untuk bangunan suci agama Buddha. Masuknya agama Hindu ke Indonesia terjadi pada awal tahun Masehi, ini dapat diketahui dengan adanya bukti tertulis pada abad ke 4 Masehi dengan diketemukannya tujuh buah Yupa peninggalan kerajaan Kutai di Kalimantan Timur. Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia.

Dengan demikian bukti arkeologi agama Buddha masuk lebih dulu dibanding agama Hindu adalah ditemukannya arca Amarawati.

0

Roboguru

Zaman pengembangan dan penyusunan falsafah agama, yaitu zaman orang berfilsafat atas dasar Weda adalah….

Pembahasan Soal:

Zaman Upanisahd diperkirakan muncul dan berkembang pada tahun 750-500 SM. Pada zaman ini yang dipentingkan tidak hanya upacara dan sesaji saja, tetapi lebih daripada itu, yaitu pengetahuan batin yang lebih tinggi. Zaman ini adalah zaman pengembangan dan penyusunan falsafah agama, yaitu zaman orang berfilsafat atas dasar Weda. Adapun latar belakang munculnya zaman Upanishad karena manusia pada saat itu mulai merasa terbebani dengan aturan-aturan upacara yang ketat dan memakan biaya tinggi. Pada zaman ini soal lahir material tidak terlalu diutamakan, akan tetapi soal batin lah yang dianggap lebih penting. Karena orang lebih menekankan pada hati nurani terdalam, contoh seperti tapa, yoga, dan upawasa (puasa).

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Dewa terpenting dalam zaman Weda adalah ...

Pembahasan Soal:

   Zaman Weda dimulai ketika bangsa Arya datang ke hulu sungai Sindhu atau Panjab sekitar tahun1.500 SM. Keagamaan pada zaman Weda ini mengenal banyak sekali dewa-dewa yang dihubungkan dengan tenaga alam yang menguasai dan mempengaruhi kehidupan manusia. Bahkan tenaga alam itu sendiri yang dipuja sebagai dewa. Tenaga alam ini dipuja disertai dengan sifat-sifat kemanusiaan (personifikasi dari tenaga-tenaga alam). Dewa-dewa tersebut antara lain seperti Dewa Agni (Api), Dewa Wayu (Angin), Dewa Surya (matahari) dan masih banyak lagi dewa-dewa lainnya. Diantara banyak dewa tersebut, pada zaman Weda ini yang banyak dipuja sekaligus menjadi dewa terpenting adalah Indra dan Agni.

   Dewa Indra (Perang) banyak dipuja karena dipercaya sebagai dewa yang terus menerus menggempur dewa jahat (Wrta) yang selalu menahan air angkasa dalam gunung-gunung awan. Sehingga ketika dewa jahat (Wrta) diserang dewa Indra, hujan akan turun ke bumi. Sedangkan Dewa Agni, dianggap sebagai sahabat manusia karena api selalu dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Selain itu, dalam setiap upacara keagamaan api merupakan salah satu elemen penting.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Agama Hindu muncul di Indonesia pada tahun …. SM.

Pembahasan Soal:

Agama Hindu-Budha masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang yang berasal dari India. Berdasarkan catatan sejarah, masuknya agama Hindu ke Indonesia diperkirakan terjadi sekitar awal abad ke-4 dan diketahui berasal dari India. Hal itu ditandai dengan berdirinya kerajaraan Kutai dan Tarumanegara yang bercorak Hindu. Masuknya agama HIndu dibuktikan dari beberapa prasasti yang ditemukan yang berasal dari Kerajaan Kutai, yaitu Prasasti Yupa yang menggunakan tulisan Pallawa, tulisan asli India. Dengan adanya bukti tersebut menandakan bahwa agama Hindu sudah mulai berkembang di Indonesia sekitar abad ke-4 atau kurang lebih tahun 1500 SM.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved