Iklan

Iklan

Pertanyaan

Masalah penurunan Kualitas Udara dan Atmosfer Bumi: Terjadinya peristiwa El Nino dan dampaknya bagi kehidupan. Buatlah upaya penanggulangan dari masalah di atas!

Masalah penurunan Kualitas Udara dan Atmosfer Bumi: Terjadinya peristiwa El Nino dan dampaknya bagi kehidupan.

Buatlah upaya penanggulangan dari masalah di atas!space 

Iklan

N. Sopiah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

El Nino merupakan suatu fenomena perubahan iklim yang secara global yang diakibatkan karena memasnasnya suhu di permukaan air laut Pasifik bagian timur. terjadinya El Nino ini dapat diketahui secara kasat mata oleh orang- orang. Orang yang paling sering melihat peristiwa El Nino ini terjadi adalah para nelayan dari Peru ataupun Ekuador. Biasanya peristiwa seperti ini akan berlangsung menjelang bulan Desember. Dampak el nino dalam kehidupan adalah sebagai berikut. Angin pasat timur menjadi melemah Melemahnya sirkulasi Moonson Berkuragnya akumulasi curah hujan yang berada di wilayah Indonesia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan di bagian Utara. Sehingga cuaca di daerah ini cenderung terasa lebih dingin dan juga kering. Menyebabkan cuaca cenderung terasa hangat dan juga lembab di sepanjang daerah Pasifik Ekuatorial Tengah dan Barat. Dampak yang dirasakan di Indonesia sendiri adalah berkurangnya curah hujan yang turun di Indonesia. Hal ini akan menyebabkan adanya kekeringan panjang di Indonesia. Upaya antisipasi untuk menghadapi El Nino adalah sebagai berikut. Untuk mengantisipasi dampak negatif dari el nino, pemerintah hendaknya melakukan peringatan dini kepada masyarakat agar masyarakat bisa melakukan persiapan di segala sektor. Selain itu, hendaknya pemerintah dan juga masyarakat mempersiapkan cadangan makanan pokok (misalnya beras) untuk mengantisipasi paceklik pangan. Hal tersebut sebagai upaya penanganan sekaligus antisipasi sebab el nino memungkinkan gagal panen bagi para petani. Jika masyarakat tidak mempersiapkan pangan tentu masyarakat akan mengalami paceklik pangan karena adanya krisis pangan akibat dari gagal panen. Langkah lainnya, masyarakat Indonesia, terutama petani, harus meningkatkan produksi padi atau tanaman pokok untuk mencapai sasaran produksi yang telah ditetapkan sebelumnya. Langkah percepatan masa tanam di berbagai daerah juga harus diupayakan. Pemerintah bekerja sama dengan masyarakat juga bisa mengembangkan varietas padi yang bisa ditanam di area dengan debit air yang sedikit. Lahan basah atau daerah rawa juga bisa dimanfaatkan sebagai sawah. Daerah-daerah seperti di Lampung, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah yang memiliki lahan rawa seluas 1,8 juta hektar bisa dimanfaatkan sebagai lahan sawah. Langkah selanjutnya adalah memastikan gudang atau lumbung terjaga agar tetap surplus. Langkah terakhir adalah melakukan pengecekan saluran imigrasi, waduk, dan juga situ dan juga memastikan agar area tersebut berfungsi dengan baik untuk menghadapi ancaman kekeringan ketika bencana el nino datang.

El Nino merupakan suatu fenomena perubahan iklim yang secara global yang diakibatkan karena memasnasnya suhu di permukaan air laut Pasifik bagian timur. terjadinya El Nino ini dapat diketahui secara kasat mata oleh orang- orang. Orang yang paling sering melihat peristiwa El Nino ini terjadi adalah para nelayan dari Peru ataupun Ekuador. Biasanya peristiwa seperti ini akan berlangsung menjelang bulan Desember.

Dampak el nino dalam kehidupan adalah sebagai berikut.

  • Angin pasat timur menjadi melemah
  • Melemahnya sirkulasi Moonson
  • Berkuragnya akumulasi curah hujan yang berada di wilayah Indonesia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan di bagian Utara. Sehingga cuaca di daerah ini cenderung terasa lebih dingin dan juga kering.
  • Menyebabkan cuaca cenderung terasa hangat dan juga lembab di sepanjang daerah Pasifik Ekuatorial Tengah dan Barat.
  • Dampak yang dirasakan di Indonesia sendiri adalah berkurangnya curah hujan yang turun di Indonesia. Hal ini akan menyebabkan adanya kekeringan panjang di Indonesia.

Upaya antisipasi untuk menghadapi El Nino adalah sebagai berikut.

  • Untuk mengantisipasi dampak negatif dari el nino, pemerintah hendaknya melakukan peringatan dini kepada masyarakat agar masyarakat bisa melakukan persiapan di segala sektor.
  • Selain itu, hendaknya pemerintah dan juga masyarakat mempersiapkan cadangan makanan pokok (misalnya beras) untuk mengantisipasi paceklik pangan. Hal tersebut sebagai upaya penanganan sekaligus antisipasi sebab el nino memungkinkan gagal panen bagi para petani. Jika masyarakat tidak mempersiapkan pangan tentu masyarakat akan mengalami paceklik pangan karena adanya krisis pangan akibat dari gagal panen.
  • Langkah lainnya, masyarakat Indonesia, terutama petani, harus meningkatkan produksi padi atau tanaman pokok untuk mencapai sasaran produksi yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • Langkah percepatan masa tanam di berbagai daerah juga harus diupayakan.
  • Pemerintah bekerja sama dengan masyarakat juga bisa mengembangkan varietas padi yang bisa ditanam di area dengan debit air yang sedikit.
  • Lahan basah atau daerah rawa juga bisa dimanfaatkan sebagai sawah. Daerah-daerah seperti di Lampung, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah yang memiliki lahan rawa seluas 1,8 juta hektar bisa dimanfaatkan sebagai lahan sawah.
  • Langkah selanjutnya adalah memastikan gudang atau lumbung terjaga agar tetap surplus.
  • Langkah terakhir adalah melakukan pengecekan saluran imigrasi, waduk, dan juga situ dan juga memastikan agar area tersebut berfungsi dengan baik untuk menghadapi ancaman kekeringan ketika bencana el nino datang.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

12

Azzahra camelia

Bantu banget

Diana Rahayu Anggraeni

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

El Nino merupakan gejala cuaca yang muncul secara periodik. Bagi Indonesia, El Nino menyebabkan ....

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia