Iklan

Iklan

Pertanyaan

Masalah penurunan Kualitas Udara dan Atmosfer Bumi: Efek Rumah Kaca dan dampaknya bagi kehidupan. Buatlah upaya penanggulangan dari masalah di atas!

Masalah penurunan Kualitas Udara dan Atmosfer Bumi: Efek Rumah Kaca dan dampaknya bagi kehidupan.

Buatlah upaya penanggulangan dari masalah di atas!space 

Iklan

N. Sopiah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Efek rumah kaca adalah kejadian di mana panas di Bumi terperangkap karena terhalang oles gas emisi seperti karbon dioksida pada atmosfer. Gas emisi tersebut kebanyakan berasal dari asap kendaraan dan pabrik serta kebakaran hutan. Gas-gas yang berkontribusi pada efek rumah kaca antara lain, uap air (H2O), karbondioksida ( ), metana ( ), ozon ( ), nitrous oksida ( ), CFC ( Chloro Fluoro Carbon ), dan HFC ( Hidro Fluoro Carbon ). Dampak efek rumah kaca bagi kehidupan adalah sebagai berikut. Pemanasan global yang mengancam seluruh ekosistem akibat kenaikan suhu bumi. Mencairnya es di kutub yang juga mengancam ekosistem. Mencairnya es ini menyebabkan kenaikan air laut sehingga menenggelamkan daerah-daerah rendah. Laut akan makin asam karena konsentrasi gas-gas rumah kaca yang meningkat. Asamnya air laut akan mematikan terumbu karang dan ekosistem lainnya. Menipisnya lapisan ozon membuat sinar ultraviolet yang berbahaya sampai ke permukaan bumi. Upaya menanggulangi efek rumah kaca adalah sebagai berikut. Hemat energi listrik Gunakan pemakaian listrik seperlunya saja. Dengan begitu kamu berkontribusi dalam upaya mengurangi pemakaian batu bara yang bisa menimbulkan emisi gas karbondioksida di udara. Beralih dari pupuk nonorganik ke pupuk organik Untuk meningkatkan hasil pertanian tidak harus menggunakan pupuk kimia atau non organik. Cukup menggunakan pupuk organik dengan kadar yang optimal, juga bisa membuat hasil pertanian melimpah. Apabila penggunaan pupuk non organik bisa dikurangi, maka emisi gas N2O juga akan berkurang. Menggunakan bahan bakar ramah lingkungan Adapun bahan bakar yang ramah lingkungan antara lain panel surya dan bahan bakar listrik. Bahan bakar tersebut dikatakan ramah karena tidak menghasilkan polutan yang berbahaya bagi lingkungan. Mengolah limbah peternakan Limbah merupakan satu di antara penyumpang gas rumah kaca, terlebih limbah peternakan. Untuk mengurangi emisi karbondioksida maupun metana, limbah bisa diolah menjadi biogas. Biogas ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif pengganti bahan bakar fosil. Menggalakkan reboisasi Penanaman kembali hutan yang telah ditebang merupakan satu di antara solusi untuk mengatasi emisi gas rumah kaca di udara. Seperti kamu tahu, tumbuhan akan menyerap karbondioksida dan uap air sebagai bahan baku fotosintesis. Batasi penggunaan plastik Plastik merupakan senyawa polimer yang sulit terdegradasi di dalam tanah. Untuk mengurangi limbah plastik di dalam tanah, satu di antara cara termudah adalah dengan membakarnya. Pembakaran itu akan menghasilkan gas karbondioksida dalam jumlah besar. Untuk itu, batasi penggunaan plastik dengan cara membawa botol air minum sendiri atau membawa tas kain saat berbelanja.

Efek rumah kaca adalah kejadian di mana panas di Bumi terperangkap karena terhalang oles gas emisi seperti karbon dioksida pada atmosfer. Gas emisi tersebut kebanyakan berasal dari asap kendaraan dan pabrik serta kebakaran hutan. Gas-gas yang berkontribusi pada efek rumah kaca antara lain, uap air (H2O), karbondioksida (CO subscript 2), metana (CH subscript 4), ozon (straight O subscript 3), nitrous oksida (straight N subscript 2 straight O), CFC (Chloro Fluoro Carbon), dan HFC (Hidro Fluoro Carbon).

Dampak efek rumah kaca bagi kehidupan adalah sebagai berikut.

  • Pemanasan global yang mengancam seluruh ekosistem akibat kenaikan suhu bumi.
  • Mencairnya es di kutub yang juga mengancam ekosistem. Mencairnya es ini menyebabkan kenaikan air laut sehingga menenggelamkan daerah-daerah rendah.
  • Laut akan makin asam karena konsentrasi gas-gas rumah kaca yang meningkat. Asamnya air laut akan mematikan terumbu karang dan ekosistem lainnya.
  • Menipisnya lapisan ozon membuat sinar ultraviolet yang berbahaya sampai ke permukaan bumi.

Upaya menanggulangi efek rumah kaca adalah sebagai berikut.

  • Hemat energi listrik
    Gunakan pemakaian listrik seperlunya saja. Dengan begitu kamu berkontribusi dalam upaya mengurangi pemakaian batu bara yang bisa menimbulkan emisi gas karbondioksida di udara.
  • Beralih dari pupuk nonorganik ke pupuk organik
    Untuk meningkatkan hasil pertanian tidak harus menggunakan pupuk kimia atau non organik. Cukup menggunakan pupuk organik dengan kadar yang optimal, juga bisa membuat hasil pertanian melimpah. Apabila penggunaan pupuk non organik bisa dikurangi, maka emisi gas N2O juga akan berkurang.
  • Menggunakan bahan bakar ramah lingkungan
    Adapun bahan bakar yang ramah lingkungan antara lain panel surya dan bahan bakar listrik. Bahan bakar tersebut dikatakan ramah karena tidak menghasilkan polutan yang berbahaya bagi lingkungan.
  • Mengolah limbah peternakan
    Limbah merupakan satu di antara penyumpang gas rumah kaca, terlebih limbah peternakan. Untuk mengurangi emisi karbondioksida maupun metana, limbah bisa diolah menjadi biogas. Biogas ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif pengganti bahan bakar fosil.
  • Menggalakkan reboisasi
    Penanaman kembali hutan yang telah ditebang merupakan satu di antara solusi untuk mengatasi emisi gas rumah kaca di udara. Seperti kamu tahu, tumbuhan akan menyerap karbondioksida dan uap air sebagai bahan baku fotosintesis.
  • Batasi penggunaan plastik
    Plastik merupakan senyawa polimer yang sulit terdegradasi di dalam tanah. Untuk mengurangi limbah plastik di dalam tanah, satu di antara cara termudah adalah dengan membakarnya. Pembakaran itu akan menghasilkan gas karbondioksida dalam jumlah besar. Untuk itu, batasi penggunaan plastik dengan cara membawa botol air minum sendiri atau membawa tas kain saat berbelanja.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

175

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan mekanisme-mekanisme berikut ini! Cahaya matahari yang masuk akan dipantulkan dalam bentuk gelombang inframerah. Gelombang pendek dari cahaya matahari menembus gas-gas rumah kaca. ...

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia