Iklan

Iklan

Pertanyaan

Masa neozoikum (sekira 65-18 juta tahun lalu) dibedakan menjadi zaman tersier dan zaman kuarter. Tunjukkanlah kehidupan pada masa itu!

Masa neozoikum (sekira 65-18 juta tahun lalu) dibedakan menjadi zaman tersier dan zaman kuarter. Tunjukkanlah kehidupan pada masa itu!

Iklan

H. Argi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Zaman neozoikum adalah zaman bumi baru (bumi sudah terbentuk seluruhnya) , zaman ini berlangsung sekitar 65 juta tahunyang lalu, pada zaman ini binatang raksasa punah dan muncuk jenis kehidupan yang baru mirip dengan kehidupan saat ini. Kehidupan pada masa neozoikum dibedakan menjadi dua, adalah sebagai berikut Zaman tersier , berlangsung + 65-1,8 juta tahun yang lalu, m uncul primata dan burung tidak bergigi berukuran besar seperti burung unta, serta jenis hewan menyusui sejenis monyet dan kera. Tumbuhan berbunga terus berevolusi menghasilkan banyak variasi seperti semak belukar, tumbuhan merambat dan rumput. Zaman ini juga ditandai dengan munculnya tenaga endogen yang dahsyat sehingga mematahkan kulit bumi. Zaman kuarter, terjadi mulai 1,8 juta tahun yang lalu. Pada zaman ini mulai muncul kehidupan manusia. Zaman kuarter ini dibedakan menjadi 2 yaitu kala pleistosen dan kala holosen, diantaranya: Kala pleistosen (diluvium), dimulai sekitar 1,8 juta tahun yang lalu dan berakhir pada 10.000 juta tahun yang lalu. Pada kala ini terjadi penurunan suhu drastis sehingga memunculkan zaman es (zaman glasial) , terjadi perubahan iklim yang drastis pada daerah kutub, sehingga laut-laut dangkal menjadi kering. Pada kala pleistosenini paling sedikit terjadi lima kali zaman es atau zaman glasial. Kala holosen (aluvium), adalah periode terakhir zaman neozoikum. Pada zaman ini sebagaian es dikutub mulai hilang dan menyebabkan naiknya permukaan air laut. Manusia modern (Homo sapiens) muncul pada kala holosen ini.

Zaman neozoikum adalah zaman bumi baru (bumi sudah terbentuk seluruhnya), zaman ini berlangsung sekitar 65 juta tahun yang lalu, pada zaman ini binatang raksasa punah dan muncuk jenis kehidupan yang baru mirip dengan kehidupan saat ini. Kehidupan pada masa neozoikum dibedakan menjadi dua, adalah sebagai berikut

  1. Zaman tersier, berlangsung + 65-1,8 juta tahun yang lalu, muncul primata dan burung tidak bergigi berukuran besar seperti burung unta, serta jenis hewan menyusui sejenis monyet dan kera. Tumbuhan berbunga terus berevolusi menghasilkan banyak variasi seperti semak belukar, tumbuhan merambat dan rumput. Zaman ini juga ditandai dengan munculnya tenaga endogen yang dahsyat sehingga mematahkan kulit bumi.
  2. Zaman kuarter, terjadi mulai 1,8 juta tahun yang lalu. Pada zaman ini mulai muncul kehidupan manusia. Zaman kuarter ini dibedakan menjadi 2 yaitu kala pleistosen dan kala holosen, diantaranya:
    • Kala pleistosen (diluvium), dimulai sekitar 1,8 juta tahun yang lalu dan berakhir pada 10.000 juta tahun yang lalu. Pada kala ini terjadi penurunan suhu drastis sehingga memunculkan zaman es (zaman glasial), terjadi perubahan iklim yang drastis pada daerah kutub, sehingga laut-laut dangkal menjadi kering. Pada kala pleistosenini paling sedikit terjadi lima kali zaman es atau zaman glasial. 
    • Kala holosen (aluvium), adalah periode terakhir zaman neozoikum. Pada zaman ini sebagaian es dikutub mulai hilang dan menyebabkan naiknya permukaan air laut. Manusia modern (Homo sapiens) muncul pada kala holosen ini.

584

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan karakteristik waktu geologi berikut! Muncul hewan mamalia dan burung besar. Tumbuhan bunga berevolusi. Kulit bumi retak oleh tenaga endogen yang dahsyat. Zaman yang memilik...

729

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia