Roboguru

Masa ketika orang orang Eropa melakukan perjalanan ke wilayah Timur tahun 1450-1650 di kenal dengan istilah era....

Pertanyaan

Masa ketika orang orang Eropa melakukan perjalanan ke wilayah Timur tahun 1450-1650 di kenal dengan istilah era....

Pembahasan Soal:

Masa ketika orang-orang Eropa melakukan perjalanan ke wilayah Timur tahun 1450 sampai 1650 dikenal dengan istilah era Zaman Penjelajahan yang dimana pada era ini Kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa di Asia pun dimulai. Pada awalnya, kolonialisme dan imperialisme Eropa bukanlah dilatarbelakangi oleh ambisi untuk menguasai dan menjajah bangsa-bangsa di Asia dan Afrika. Tujuan utama kedatangan bangsa Eropa adalah berdagang. Mereka membeli barang-barang yang langka di pasar Eropa, terutama rempah-rempah, dan sesekali menjual hasil-hasil produksi mereka, seperti pakaian kepada bangsa Asia dan Afrika. Artinya motivasi utamanya adalah berdagang.

Masa penjelajahan bangsa Eropa ke Asia dan Afrika berlangsung sekitar Abad XV hingga abad XVII yang sering dinamakan Zaman Penjelajahan (The Age of Discovery) dalam sejarah Eropa. Masa penjelajahan ini penuh dengan heroisme dan pengorbanan karena mereka akan mendatangi wilayah yang belum pernah mereka kenal sebelumnya. Penjelajahan bangsa Eropa mengarungi samudra dipelopori oleh bangsa Portugis yang melakukan pelayaran samudra dengan semangat 3G (Gold, Glory, Gospel).

Dengan demikian, masa ketika orang Eropa melakukan perjalanan ke wilayah Timur dikenal dengan istilah Zaman Penjelajahan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 08 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan dan jelaskan kegiatan yang terjadi di dalam proses masuknya bangsa Barat ke Indonesia!

Pembahasan Soal:

Sejarah umat manusia sudah sejak lama mengglobal. Peristiwa sejarah di suatu tempat sangat mungkin terpengaruh atau menjadi dampak dari peristiwa lain yang terjadi di tempat yang cukup jauh. Begitu juga peristiwa kedatangan bangsa Barat ke Indonesia dilatarbelakangi oleh peristiwayang jauh dari Indonesia, misalnya peristiwa jatuhnya Konstantinopel di kawasan Laut Tengah pada tahun 1453. Serangkaian penemuan di bidang teknologi juga merupakan faktor penting untuk melakukan pelayaran bagi bangsa-bangsa Barat menuju Tanah Hindia/Kepulauan Nusantara. Sementara itu semangat dan dorongan untuk melanjutkan Perang Salib disebut-sebut juga ikut mendorong kedatangan bangsabangsa Barat ke Indonesia. Lebih jelasnya, Bertahun-tahun lamanya Laut Tengah menjadi pusat perdagangan internasional antara para pedagang dari Barat dan Timur. Salah satu komoditinya adalah rempah-rempah. Para pedagang dari Barat atau orang-orang Eropa itu mendapatkan rempah-rempah dengan harga lebih terjangkau. Setelah jatuhnya Konstantinopel tahun 1453 ke tangan Turki Usmani, akses bangsa-bangsa Eropa untuk mendapatkan rempah-rempah yang lebih murah di kawasan Laut Tengah menjadi tertutup. Harga rempah-rempah melambung sangat tinggi di pasar Eropa. Oleh karena itu, mereka berusaha mencari dan menemukan daerah-daerah penghasil rempah-rempah ke timur. Mulailah periode petualangan, penjelajahan samudra, dan penemuan dunia baru. Upaya tersebut mendapat dukungan dan partisipasi dari pemerintah dan para ilmuwan. Portugis dan Spanyol dapat dikatakan sebagai pelopor petualangan, pelayaran dan penjelajahan samudra untuk menemukan dunia baru di timur. Portugis juga telah menjadi pembuka jalan menemukan Kepulauan Nusantara sebagai daerah penghasil rempah-rempah. Diambil dari buku A History of Modern Indonesia since c. 1200 (2008) karya M C Ricklefs, Eropa langsung datang ke Maluku dan membuat Indonesia menjadi incaran para pedagang Bangsa Eropa. Kedatangan mereka tidak hanya berdagang, melainkan juga mengambil alih perdagangan dan menguasai wilayah di Indonesia penghasil rempah-rempah. Setelah keberhasilan Portugis sampai ke Nusantara kemudian menyusul Belanda dan Inggris. Tujuannya tidak semata-mata mencari keuntungan melalui perdagangan rempah-rempah tetapi ada tujuan yang lebih luas. Tujuan mereka terkait dengan:   

  1. gold: memburu kekayaan dan keuntungan dengan mencari dan mengumpulkan emas, perak dan bahan tambang serta bahan-bahan lain yang sangat berharga. Waktu itu yang dituju terutama Guinea dan rempah-rempah dari Timur,
  2. glory: memburu kejayaan, superioritas, dan kekuasaan. Dalam kaitan ini mereka saling bersaing dan ingin berkuasa di dunia baru yang ditemukannya,   
  3. gospel: menjalankan tugas suci untuk menyebarkan agama. Pada mulanya orang-orang Eropa ingin mencari dan bertemu Prester John yang mereka yakini sebagai Raja Kristen yang berkuasa di Timur.  

Dengan demikian, adanya penjelajahan samudra yang di lakukan oleh bangsa Eropa untuk menemukan daerah penghasil rempah-rempah. Setelah menemukan Nusantara yang kaya akan rempah-rempah, mereka pun berdagang dan berusaha mengambil alih perdagangan dan menguasai wilayah di Indonesia selain itu tujuan atau kegiatan lainnya yang yang lebih luas adalah terkait dengan semangat 3G (Gold, Glory, Gospel).
 

0

Roboguru

Apakah yang dimaksud dengan zaman penjelajahan samudra?

Pembahasan Soal:

Zaman penjelajahan samudra merupakan masa (abad XV-XVII) ketika bangsa-bangsa Eropa banyak melakukan penjelajahan samudra mengelilingi dunia untuk menemukan komoditas dagang dari dunia Timur. Adapun bangsa-bangsa Eropa yang dianggap sebagai pelopor penjelajahan samudra adalah bangsa Portugis, Spanyol, Belanda, dan lnggris.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa zaman penjelajahan samudra adalah zaman bangsa-bangsa eropa mengelilingi dunia

0

Roboguru

lsilah dengan jawaban yang tepat!   Pada 10 Agustus 1519 Ferdinand Magellan memimpin ekspedisi bangsa Spanyol untuk melakukan penjelajahan samudra. Dalam ekspedisi tersebut, Ferdinand Magelan dibantu...

Pembahasan Soal:

Kapten Juan Sebastian del Cano.

Kisah perjalanan mengelilingi bumi pertama kali dijalani oleh Ferdinand Magelhaens (Magellan), Magellan didampingi oleh Juan Sebastian del Cano dalam mengirim ekspedisi bangsa Spanyol. Akan tetapi, Magellan tewas terbunuh di Filipina di mana Magellan dan pasukannya berhenti. Hal tersebut menjadi ekspedisi terakhir dari Magellan, Juan Sebastian pun segera melanjutkan perjalanan dan menulis buku tentang perjalanan Magellan. Ekspedisi yang dilakukan oleh Magellan membuktikan bahwa bumi itu bulat.

Dengan demikian, perjalanan mengelilingi dunia Magellan didampingi oleh Kapten Juan Sebastian del Cano. 

 

0

Roboguru

Jenis kapal layar yang dikembangkan bangsa Portugis sehingga memungkinkan untuk menjelajahi samudra pada abad XV-XVI adalah...

Pembahasan Soal:

Bangsa Portugis mencapai kemajuan yang sangat pesat dalam teknologi, terutama teknologi pelayaran. Mereka adalah bangsa Eropa pertama yang menggunakan rasi bintang Salib Selatan (Gubug Penceng-bahasa Jawa) untuk berlayar di sebelah selatan khatulistiwa. Sebelumnya, bangsa Eropa hanya menggunakan rasi bintang Polaris atau Bintang Utara sebagai panduan untuk berlayar di sebelah utara khatulistiwa. Mereka juga dapat melukiskan peta-peta Asia dan bahkan peta dunia yang sebelumnya belum pernah mereka jelajahi. Kemajuan tersebut didapat karena Henry "Sang Navigator" mendirikan sekolah kartografi. Hasilnya, berbagai peta digunakan para pelaut Portugis untuk menjelajahi lautan luas.

Pada abad XV, bangsa Portugis di bawah Henry "Sang Navigator" juga mengembangkan kapal penjelajah samudra yang dikenal dengan karavel. Kapal jenis ini mampu bergerak cepat dan menjelajah jauh hingga menyeberangi Samudra Atlantik, namun memiliki daya angkut yang kecil. Kapal karavel menjadi andalan bangsa Portugis untuk menjelajahi dunia pada masa Abad Penjelajahan bangsa Eropa.

Jadi jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Jelaskan latar belakang munculnya zaman penjelajahan samudra oleh bangsa-bangsa Barat.

Pembahasan Soal:

Latar belakang munculnya penjelajahan samudra oleh bangsa Eropa adalah sebagai berikut:

  1. Jatuhnya Konstantinopel (ibu kota Kekaisaran Bizantium/Romawi Timur) pada 1453 ke tangan Turki Ottoman. Konstantinopel. Ketika itu merupakan pusat perdagangan antara dunia Timur dan Barat. Pemerintah Turki Ottoman, di bawah Sultan Mehmed II, mempersulit aktivitas dagang para pedagang Eropa. Akibatnya, harga komoditas barang dari dunia Timur yang dibutuhkan dunia Barat, misalnya rempah-rempah, melonjak. Hal ini kemudian mendorong bangsa Eropa memperoleh secara langsung sumber-sumber komoditas dagang asal dunia Timur ke tempat asalnya, tidak lagi melalui pedagang perantara, seperti saudagar Arab dan Asia Tengah.
  2. Adanya penemuan dan perkembangan baru di bidang teknologi maritim, seperti penyempurnaan kompas, teleskop, peta dunia, dan karavel (perahu cepat berukuran kecil yang mudah untuk dikendalikan ketika menjelajahi samudra).
  3. Munculnya teori Copernicus yang menyatakan bahwa bumi itu bulat, yang selalu bergerak mengelilingi matahari sebagai pusat peredarannya. Hal ini menimbulkan keinginan untuk membuktikan bahwa jika kita berlayar terus mengelilingi bumi maka akan kembali ke tempat awal.
  4. Buku catatan perjalanan Marco Polo, The Travels of Marco Polo (terbit kira-kira tahun 1300), yang menginspirasi banyak pelaut Eropa untuk berlayar, termasuk Christopher Columbus.
  5. Adanya dorongan gold, glory, dan gospel yang dianut beberapa negara Eropa, seperti Portugis dan Spanyol. Gold berkaitan dengan keinginan untuk mendapatkan kekayaan sebanyak mungkin dari komoditas perdagangan, salah satunya rempah-rempah. Glory merupakan dorongan untuk meraih kejayaan sebagai sebuah bangsa yang mampu memenangkan persaingan antarbangsa (Eropa) dalam menemukan jalur perdagangan dan komoditas perdagangan. Gospel merupakan misi suci untuk menyebarkan agama Kristen dan Katolik.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa latar belakang terjadinya penjelajahan samudra adalah karena jatuhnya konstantinopel hingga adanya dorongan Gold, Glory, Gospel

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved