Roboguru

Masa kejayaan magadha pada masa pemerintahan?

Pertanyaan

Masa kejayaan magadha pada masa pemerintahan?

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Dibangun oleh Dinasti Sisunaga dan runtuh pada Dinasti Kanva, dan terkenal, berkuasa serta menjadi kejayaan bagi kerajaan Magadha yaitu pada Dinasti Maurya. Pada dinasti Sisunaga (pendiri awalnya ) paling terkenal yaitu Raja Bimbisara anak dari Raja Sisunaga. Pada Dinasti Nanda terdapat sembilan raja, namun dalam dinasti ini tidak begitu banyak nama raja yang diketahui bahkan hampir tidak ada yang mengetahui. Salah seorang keturunan raja Nanda dan pernah menjabat sebagai menteri di kerajaan Magadha, Mahapadma Nanda berhasil membunuh salah seorang keturunan Bimbisara dan menggantikan tahta kekuasaannya. Berkuasa sekitar hampir selama satu abad, pada waktu itu juga terdapat penyerbuan Iskandar Agung ke lembah Indus, Magadha berada dibawah pemerintahannya Raja Nanda yang amat besar kekuasaannya. Yang ketiga yaitu Dinasti Maurya yang mana paling terkenal adalah raja pertama dinasti ini yaitu Candragupta dan Raja Asoka. Ibukota kerajaan ini juga berpindah-pindah karena pemimpinnya yang berpindah-pindah. Ibukota kerajaan Magadha di masa Candragupta ada di Pathiputra atau seperti orang Yunani menyebutkanya adalah Polibotra. Dinasti Sungha dinasti keempat, dan dinasti terakhir yaitu dinasti Kanva. Dinasti yang membawa kerajaan Magadha mengalami keruntuhan dan digantikan kerajaan lain yaitu kerajaan Andhra.

Dengan demikian, Kerajaan Maurya mengalami puncak kejayaannya ketika berada di bawah pimpinan Raja Ashoka. Sebagai cucu dari Chandragupta Maurya, Ashoka berhasil membawa kemakmuran bagi kerajaan sejak tahun 273 SM sampai 232 SM.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan sistem pemerintahan pada masyarakat mohenjodaro dan harappa!

Pembahasan Soal:

Pada awal peradaban Mohejodaro-Harrapa diduduki oleh bangsa Dravida sistem politik disana cair karena tidak memberlakukan sistem kasta. Setelah Bangsa Arya menaklukan bangsa Dravida muncul sistem kasta yang lahir dari ajaran Hindu. Sistem Kasta tersebut diberlakukan untuk menjaga kemurnian bangsa Arya dari pembauran bangsa Dravida. Bangsa Arya memiliki ciri fisik berkulit putih sedangkan bangsa Dravida memiliki kulit hitam.

Dengan demikian sistem pemeritnahan Hohejodaro-Harrapa menjadi sistem kasta setelah penaklukan bangsa Arya yang menjadi awal dari ajaran Hindu.

0

Roboguru

Sistem pemerintahan Peradaban Sungai Indus adalah raja merangkap sebagai pemimpin agama, hal tersebut dibuktikan dengan....

Pembahasan Soal:

Salah satu peradaban tertua di dunia adalah Peradaban Lembah Sungai Indus. Peradaban lembah Sungai Indus merupakan peradaban yang terletak di dua daerah, yaitu Punjab yang berada sepanjang daerah hulu dan Mohenjo Daro di daerah hilir Sungai Indus. Menurut para ahli, manusia pendukung peradaban lembah Sungai Indus berasal dari suku bangsa Dravida. Hal ini berdasarkan penemuan fosil-fosil manusia di wilayah daratan tinggi Dekan di India Selatan. Daerah Dekan ini dikenal sebagai daerah yang subur. Bangsa Dravida meninggalkan wilayah Dekan akibat terdesak oleh kedatangan bangsa Arya sekitar tahun 1500 SM. Peradaban lembah Sungai Indus adalah peradaban yang sudah maju dilihat dari hasil peninggalan kebudayaannya.

Dalam sistem pemerintahan Peradaban Sungai Indus, secara epigrafi tidak ada yang menyebutkan bahwa  raja merangkap sebagai pemimpin agama atau pendeta. Hal tersebut terjadi karena tulisan-tulisan mengenai Peradaban Sungai Indus belum ada yang bisa membacanya. Namun jika melihat dari bukti arkeologis terdapat patung  The Priest-King atau Raja Pendeta yang merupakan  merupakan   patung   yang   ditemukan   pada   1927   yang merupakan patung lelaki duduk dengan tinggi 17,5 cm. Patung ini memiliki janggut dengan hiasan pita pada rambutnya, lilitan lengan, dan mantel berhias. Dari Peninggalan patung tersebut muncul interpretasi bahwa hiasa yang digunakan pada patung tersebut adalah hiasan yang menunjukkan bahwa raja tersebut adalah seorang bangsawan sekaligus seorang pendeta.

Dengan demikian sistem pemerintahan Peradaban Sungai Indus adalah raja merangkap sebagai pemimpin agama, hal tersebut dibuktikan dengan adanya bukti arkeologis berupa patung The Priest-King atau Raja Pendeta.

0

Roboguru

Tuliskan bagaimana kondisi sosial politik India Kuno!

Pembahasan Soal:

Peradaban India Kuno merupakan peradaban yang terletak di sepanjang Sungai Indus. Di mana berpusat di Kota Mohenjodaro dan Harappa. Peradaban India Kuno diperkirakan sudah ada sekitar 2500 sebelum masehi. Pada masa itu Kota Mohenjodaro dan Harappa sudah tertata rapi. Penduduk yang dari peradaban tersebut adalah bangsa Dravida. Berdasarkan peninggalan reruntuhan bangunan Kota Mohenjodaro dan Harappa mencerminkan tata kota yang modern dan memiliki pemerintah yang teratur, maju, dan makmur. Di sana juga ditemukan benteng tembok yang di dalamnya terdapat bangunan gudang, bangsal pertemuan dan pemandian umum. Besar kemungkinan tempat tersebut merupakan pusat pemerintahan.  Pada bangunan gudang berfungsi sebagai penyimpanan hasil panen. Pemandian umum penggunaannya dimungkinkan untuk mandi pejabat-pejabat. Sementara bangsal pertemuan fungsinya jelas untuk pertemuan para penguasa dan aparat pemerintahan.

0

Roboguru

Perhatikan informasi di bawah ini! Bencana alam gunung meletus. Serangan bangsa Arya. Wabah penyakit. Rusaknya lahan pertanian. Berdasarkan informasi di atas, faktor runtuhnya peradaban sungai...

Pembahasan Soal:

Runtuhnya peradaban sungai Indus hancur dilatarbelakangi karena dua faktor. Faktor pertama, akibat adanya pergeseran aliran sungai yang kemudian merusak lahan pertanian. Rusaknya lahan pertanian ini kemudian mulai ditinggalkan oleh penduduknya. Faktor kedua, adanya serangan bangsa Arya yang masuk dari wilayah Asia tengah. Akibatnya sebagian penduduk lembah sungai Indus menyingkir ke daratan tinggi Dekkan dan sebagian kemudian berbaur dengan bangsa Arya.

0

Roboguru

Bagaimana sistem kepercayaan Lembah Sungai Gangga ...

Pembahasan Soal:

Lembah Sungai Gangga dengan anak sungainya Yamuna, terletak di antara Pegunungan Himalaya dan Pegunungan Vindhya. Lembah Sungai Gangga, mengaliri beberapa kota seperti Delhi, Agra, Allahabad, Patna dan Benares. Sungai Gangga bertemu dengan Sungai Brahmaputra yang bermata air di Pegunungan Kwen Lun. Selain itu, 
Dalam perjalanan sejarahnya, Lembah Sungai Gangga dianggap suci oleh Umat Hindu, sebab sungai ini dianggap mampu menyucikan diri dari dosa. Pendukung kebudayaan di lembah sungai ini berasal dari campuran kebudayaan antara Arya dan Dravida, di mana campuran tersebut menghasilkan kebudayaan Hindu dan Agama Hindu. Kepercayaan Hindu memiliki corak henoteisme, yakni meyakini satu kekuatan besar namun termanifestasikan dalam tiga wujud dewa, yakni Dewa Brahma (pencipta), Dewa Siwa (perusak) dan Dewa Wisnu (pemelihara). 

Jadi, kepercayaan Lembah Sungai Gangga adalah campuran dari dua kebudayaan Arya dan Dravida, kemudian dikenal Kepercayaan Hindu.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved