Roboguru

Manusia, ruang, dan waktu adalah ... sejarah.

Pertanyaan

Manusia, ruang, dan waktu adalah ... sejarah.

  1. Guna

  2. Unsur

  3. Hakikat

  4. Fungsi

  5. Syarat

Pembahasan Soal:

Sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa pada masa lampau. Tetapi, tidak semua peristiwa dapat digolongkan sebagai  peristiwa sejarah. Suatu peristiwa dapat dikatakan sebagai peristiwa sejarah apabila telah memenuhi tiga unsur, meliputi manusia, ruang, dan waktu. Ketiga unsur ini saling berkaitan karena pada dasarnya aktivitas manusia selalu dibatasi oleh ruang dan waktu.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Seorang sejarawan dituntut untuk memiliki kemampuan analisis kritis yang baik. Tak hanya itu, sejarawan juga harus memiliki daya imajinasi serta gaya bahasa yang menarik ketika membuat karya sejarah. ...

Pembahasan Soal:

Seorang sejarawan dituntut untuk memiliki kemampuan yang baik dalam menyampaikan kisah sejarah. Kemampuan ini meliputi daya imajinasi, intuisi, emosi serta penguasaan gaya bahasa. Ketika seorang sejarawan menulis kisah sejarah menggunakan 4 pendekatan tadi, dapat dipastikan bahwa tulisan yang dihasilkan akan menarik minat para pembaca. Penulisan kisah sejarah yang mengandung nilai-nilai seni akan menarik orang yang membacanya ke dalam cerita. Ketika membaca, para pembaca akan merasa bahwa mereka dihidup di latar cerita sejarah tersebut.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Langkah-langkah penelitian sejarah yang paling tepat adalah ….

Pembahasan Soal:

Metode sejarah mempunyai empat tahapan, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Langkah pertama yaitu heuristik yang merupakan tahap pengumpulan sumber-sumber sejarah. Lalu langkah kedua yaitu kritik. Kritik sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu kritik intern untuk memeriksa kebenaran dokumen dan kritik ekstern untuk memeriksa keaslian dokumen. Kemudian langkah ketiga adalah interpretasi. Pada tahap ini sejarawan diminta menafsirkan fakta yang sudah diverifikasi dan menyusun fakta-fakta menjadi suatu rangkaian peristiwa. Langkah terakhir atau langkah keempat adalah historiografi. Sejarawan dapat menulis rangkaian tersebut kedalam sebuah tulisan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut : Menyangkut kejadian alam Terjadi pada masa lampau Terjadi berulang-ulang Hanya sekali terjadi Berpengaruh besar pada masa-masa berikutnya. Pernyataan yang meru...

Pembahasan Soal:

Sejarah sebagai peristiwa adalah sebuah fakta yang hadir dari masa lalu, dengan kata lain merupakan sebuah kejadian yang nyata dan benar-benar terjadi pada masanya. Adapun beberapa ciri sejarah sebagai peristiwa adalah : 

  1. Unik, peristiwa sejarah adalah hal yang unik dalam artian peristiwa sejarah terjadi satu kali dan tidak mungkin berulang persis sama. Setiap peristiwa sejarah pasti akan berbeda peristiwa sejarah sebelumnya. Sebagai contoh, Peristiwa PKI Madiun 1948 tidak akan pernah terulang kembali, meski jika ada perayaan peristiwa, pasti ada hal yang berbeda baik tempat maupun orang-orangnya.
  2. Penting, suatu peristiwa sejarah merupakan hal yang penting sebab memiliki kedudukan dalam suatu masyarakat yang memiliki sejarah tersebut. Sebagai contoh, Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah hal yang penting bagi bangsa Indonesia sebab itu merupakan puncak perjuangan bangsa dan menandai berakhirnya masa penjajahan di Indonesia. Selain itu, karena sifatnya yang penting, maka peristiwa sejarah harus memiliki pengaruh besar terhadap suatu masyarakat atau bangsa di masa-masa berikutnya.
  3. Abadi, peristiwa sejarah memiliki sifat abadi karena tidak pernah berubah-ubah dan tetap akan dikenang sepanjang masa. Sebagai contoh, Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 1945 tetap akan selalu dikenang sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Istilah sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu syajaratun yang artinya ….

Pembahasan Soal:

Kata” sejarah “ diserap dari bahasa Arab”Syajaratun” yang berarti ‘pohon”. Penggunaan kata’pohon” untuk menggambarkan ilmu tentang peristiwa yang terjadi pada masa lalu mengandung arti bahwa menceritakan kehidupan manusia yang turun temurun dan menciptakan sejarah.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Metode berasal dari bahasa Yunani, yaitu Methodos yang artinya ….

Pembahasan Soal:

Metode berasal dari bahasa Yunani, yaitu Methodos yang artinya cara. Jadi.. metode adalah cara untuk melakukan sesuatu sesuai dengan aturannya. Dengan menggunakan metode, kita dapat melakukan suatu penelitian secara lebih terstruktur. Sehingga  sejarah akan menjadi sebuah ilmu yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah B
 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved