Roboguru

Manusia purba yang diperkirakan menjadi cikal bakal ras Negroid yang tersebar di Afrika adalah jenis....

Pertanyaan

Manusia purba yang diperkirakan menjadi cikal bakal ras Negroid yang tersebar di Afrika adalah jenis....

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Ras Negroid pada dasarnya merupakan ras termuda. Jenis manusia purba yang fosilnya ditemukan di Afrika adalah Homo yang terdiri dari beberapa spesies antara lain Homo habilis, Homo erectus, Homo rhodesiensis, dan Homo sapiens. Fosil Homo rhodesiensis ditemukan oleh Raymond Dart dan Robert Brom pada tahun 1924 di gua Broken Hill, Rhodesia, Zimbabwe. Makhluk ini dianggap sebagai nenek moyang penduduk Afrika ras Negroid sekarang. 

Dengan demikian, manusia purba yang diperkirakan menjadi cikal bakal ras Negroid yang tersebar di Afrika adalah jenis Homo rhodesiensis

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Susilo

Terakhir diupdate 29 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa manusia purba di Eropa lebih muda dari pada manusia purba Afrika dan Asia....

Pembahasan Soal:

Homo Cro-Magnon hidup sekitar 40.000-10.000 tahun yang lalu, manusia purba dari Eropa ini tentu jauh lebih muda dibandingkan dengan manusia purba yang berasal dari Afrika dan Asia. Fosil dari Homo Cro-Magnon ini telah ditemukan di tahun 1868. Para arkeolog memperkirakan mereka sebagai nenek moyang ras Kaukasoid di Eropa. Homo Cro-magnon kemungkinan memasuki Eropa dari Timur Tengah dan akhirnya menggantikan Homo Neanderthal. Homo Cro-magnon hidup dengan berburu dan meramu makanan, mengumpulkan buah-buahan dan akar-akaran, serta berburu hewan liar. Mereka tinggal di dalam gua dan kemah sederhana. Homo Cro-magnon diperkirakan telah mampu berkomunikasi dan memiliki lebih banyak kosakata dibanding Homo Neanderthal. Mereka juga mulai menciptakan karya seni, seperti lukisan yang ditemukan di dinding gua-gua Perancis, Spanyol, dan Gurun Sahara. Selain itu, mereka juga sudah membuat perhiasan, mainan, pakaian, tempat tinggal, perkakas, dan senjata untuk berburu.

Dengan demikian, manusia purba di benua Eropa lebih muda dibandingkan manusia purba di Asia dan Afrika karena adanya penemuan Homo Cro-Magnon yang memiliki ciri sama persis dengan manusia modern saat ini, yaitu persamaan ciri fisik, penggunaan peralatan sehari-hari, dan kebudayaan.

0

Roboguru

Perhatikan instruksi soal berikut ini instruksi ini berlaku untuk soal nomor 2-6 ! soal berupa pernyataan dan alasan (bagian atas adalah pernyataan setelah kata “SEBAB” merupakan alasan pilihan y...

Pembahasan Soal:

Pernyataan benar. Jika ditinjau dari usia fosil, ternyata Ardipithecus merupakan jenis manusia purba yang paling tua. Jenis Ardipithecus bernama Ardipithecus ramidus.Ardipithecus berarti kera yang ditemukan di tanah sedangkan ramid berarti root yang memiliki rujukan pada kedekatan spesies baru dengan yang memiliki ‘akar’ kemanusiaan.

Alasan benar. Ardipithecus hidup sekitar 5.8 hingga 4.4 juta tahun yang lalu. Ardipithecus berasal dari kata ardi yang memang merupakan sebutan dari para ilmuwan yang memiliki arti ‘tanah’ dan pithecus yang berarti ‘kera’.  Jika dilihat dari kerangkanya, Ardipithecus menunjukkan adaptasi yang menggabungkan aktivitas memanjat pohon dan bipedal atau berjalan dengan dua kaki. Selain itu, fosil Ardipithecus ditemukan di samping sisa-sisa fauna. Berdasarkan penemuan-penemuan tersebut, disimpulkan bahwa Ardipithecus hidup di lingkungan hutan.

Pernyataan benar dan alasan benar keduanya memiliki keterkaitan membahas mengenai Ardipithecus. Berdasarkan penjelasan diatas maka jawabannya adalah A

0

Roboguru

Berikan tiga alasan mengapa Mesopotamia sering disebut sebagai the cradle of civilization?

Pembahasan Soal:

Pada dasarnya Peradaban Mesopotamia menghasilkan beberapa hasil kebudayaan yang dapat kita temui sampai saat ini, diantaranya: Hasil kebudayaan Mesopotamia adalah ruang publik yang menjadi tempat orang berkumpul di kota-kota besar. Kemudian tempat pertama orang belajar menulis, dan tempat pertama manusia menciptakan sistem pemerintahan pemerintahan.

Dengan demikian, alasan Mesopotamia disebut sebagai cradle of civilization sebab Mesopotamia adalah tempat berkembangnya pertanian irigasi, sistem kenegaraan, dan juga tempat kelahiran tulisan (aksara).

0

Roboguru

Berikut adalah tempat-tempat yang disucikan umat Buddha, kecuali....

Pembahasan Soal:

Buddha Gautama dikatakan telah mengidentifikasi empat tempat yang paling layak untuk ziarah bagi para pengikutnya, dengan mengatakan bahwa mereka akan menghasilkan pengalaman spiritual. Keempat tempat ini adalah Bodh Gaya (tempat dimana sang Buddha mendapat pencerahan), Sarnath/Ishipatana (tempat Sang Buddha pertama kali menyampaikan ajarannya), Lumbini atau Taman Lumbini (tempat kelahiran Sang Buddha), dan Kunshinara (tempat Sang Buddha meninggal). Pada dasarnya Benares dan Benggala adalah bukan tempat yang yang disucikan oleh agama Budha. Namun di antara Benares dan Benggala yang paling tepat jawabannya adalah Benares karena Benares adalah tempat paling suci untuk agama Hindu di India. 

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah C.

0

Roboguru

Ras Mongoloid memiliki kulit berwarna....

Pembahasan Soal:

Pada dasarnya ras mongoloid merupakan jenis ras dengan ciri yang melekat yaitu berkulit kuning. Golongan bangsa yang termasuk dalam ras mongoloid antara lain: American Mongoloid, meliputi Bangsa Eskimo di Amerika Utara, hingga penduduk Terra del Frugo di penjuru Amerika bagian Selatan, kemudian Malayan Mongoloid, meliputi lingkup kawasan Asia Tenggara, Malaysia dan Filipina, serta Kepulauan Indonesia, dan Asiatic Mongoloid, meliputi wilayah Asia Utara, Asia Tengah, dan juga Asia Timur.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved