Roboguru

Manusia memiliki sistem organ yang terdiri atas beberapa organ penyusun, salah satu contohnya pada sistem pencernaan yang tersusun dari organ lambung. Organ lambung tersebut tersusun dari jaringan dan sel yang bekerja sama menjalankan suatu fungsi, yaitu mencerna makanan. Berdasarkan uraian tersebut, teori sel beserta ilmuwan yang mengemukakannya adalah ....

Pertanyaan

Manusia memiliki sistem organ yang terdiri atas beberapa organ penyusun, salah satu contohnya pada sistem pencernaan yang tersusun dari organ lambung. Organ lambung tersebut tersusun dari jaringan dan sel yang bekerja sama menjalankan suatu fungsi, yaitu mencerna makanan. Berdasarkan uraian tersebut, teori sel beserta ilmuwan yang mengemukakannya adalah ....space 

  1. sel merupakan unit dasar kehidupan yang menyusun suatu organisme, Rudolf Virchowspace 

  2. sel merupakan dasar terpenting bagi pertumbuhan makhluk hidup, Felix Dujardinspace 

  3. sel merupakan unit terkecil yang memiliki fungsi kompleks, Robert Brownspace 

  4. sel merupakan dasar penyusun suatu organisme, Jacob Schleidenspace 

  5. sel merupakan unsur terpenting dalam pewarisan sifat suatu organisme, Jacob Schleidenspace 

Pembahasan Soal:

Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil yang menyusun makhluk hidup. Sel pertama kali diamati oleh Robert Hooke pada tahun 1665. Sel berfungsi sebagai tempat berlangsungnya aktivitas kehidupan yang meliputi sintesis, pengangkutan zat, pernapasan, pengeluaran zat sisa, pertumbuhan, dan perkembangan. Beberapa teori tentang sel yaitu :

  1. "Sel merupakan kesatuan dan unit struktural makhluk hidup", dikemukakan oleh Jacob Schleiden dan Theodor Schwann. Secara struktural, tubuh makhluk hidup tersusun dari sel-sel sehingga sel disebut sebagai unit struktural makhluk hidup. Pada makhluk hidup multiseluler, sel - sel yang serupa berkumpul bersama dan menjalankan satu fungsi yang sama membentuk jaringan. Jaringan - jaringan yang berbeda berkumpul bersama dan menjalankan fungsi tertentu membentuk organ. Organ - organ yang berbeda bekerja bersama - sama untuk membentuk suatu sistem yang disebut sistem organ.
  2. "Sel merupakan kesatuan fungsional makhluk hidup", dikemukakan oleh Max Schultze. Sel sebagai unit fungsional berarti seluruh fungsi kehidupan/aktivitas kehidupan pada makhluk hidup berlangsung di dalam tubuh yang dilakukan oleh sel.
  3. "Sel merupakan kesatuan pertumbuhan makhluk hidup", dikemukakan oleh Rudolf Virchow yang menyatakan bahwa "setiap sel berasal dari sel yang ada sebelumnya (omnis cellulla e cellula)".
  4. "Sel sebagai kesatuan hereditas makhluk hidup", didasari oleh penemuan unit-unit penurunan sifat yang terdapat dalam nuklues yaitu kromosom.

Berdasarkan uraian di atas, pernyataan teori sel pada soal dikemukakan oleh Jacob Schleiden yaitu sel merupakan dasar penyusun suatu organisme.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan 4 pendapat Max Schultze tentang teori sel!

Pembahasan Soal:

Pendapat Max Schultze tentang teori sel antara lain:
1. Protoplasma merupakan dasar-dasar fisik kehidupan.
2. Protoplasma bukan hanya bagian struktural sel, tetapi juga merupakan bagian penting sel sebagai tempat berlangsungnya reaksi-reaksi kimia kehidupan.
3. Protoplasma juga merupakan tempat terjadinya proses hidup.
4. Sel merupakan massa protoplasma berinti dengan atau tanpa dinding sel.space 

0

Roboguru

Teori sel yang menyatakan bahwa sel merupakan kesatuan fungsional kehidupan dikemukakan oleh ....

Pembahasan Soal:

Pada perkembangannya, seorang ilmuwan bernama Max Schultze (1825–1874) menyebutkan bahwa protoplasma adalah dasar dari fisik kehidupan. Protoplasma bukan hanya bagian dari struktural sel, tetapi juga merupakan bagian penting dari suatu sel sebagai tempat berlangsungnya reaksi-reaksi kimia kehidupan. Berdasarkan pernyataan Max Schultze tersebut, muncullah teori sel baru yang menyatakan bahwa sel merupakan kesatuan fungsional kehidupan. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Pada hewan bersel satu seperti Paramaecium caudatum dan Amoeba proteus dalam tubuhnya walaupun hanya satu sel tapi sudah hidup karena dalam sel sudah menunjukkan fungsi kehidupan, sehingga sel disebut...

Pembahasan Soal:

Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil yang menyusun makhluk hidup. Sel Paramaecium caudatum dan Amoeba proteus juga disebut sebagai unti struktural karena disusun oleh sel. Sel disebut sebagai unit fungsional karena semua fungsi yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup dilakukan oleh sel. Sel dapat menjalani fungsi-fungsi kehidupan seperti pencernaan, respirasi, dan pewarisan sifat. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut. Sel berasal dari sel lain melalui pembelahan sel. Sel menyusun jaringan, organ, hingga menjadi organisme. Sel memiliki peranan dasar bagi kehidupan Bagi...

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1838, ahli botani Jerman Jacob Schleiden menyatakan bahwa semua tumbuhan terdiri atas sel dan bahwa semua bidang fungsi tubuh tumbuhan pada landasannya merupakan manifestasi aktivitas yang dipekerjakan sel. Kemudia Pada tahun 1839, Theodor Schwann menyatakan bahwa semua bidang tubuh binatang juga tersusun atas sel. Keduanya menyatakan bahwa makhluk hidup tersusun oleh beberapa organ, setiap organ tersusun dari jaringan, dan setiap jaringan tersusun atas sel. Dari pernyataan kedua tokoh tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap organisme terdiri atas sel yang merupakan kesatuan struktural yang terkecil.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Sebutkan 4 teori tentang sel!

Pembahasan Soal:

Sel merupakan bagian terkecil yang menyusun makhluk hidup. Terdapat 4 teori sel yaitu :

  1. Sel merupakan satuan struktural makhluk hidup. Teori ini muncul setelah Schleiden (1804-1881) dan Theodore Schwann (1810-1882) melakukan pengamatan berulang kali terhadap sel-sel pada jaringan hewan dan tumbuhan dengan mikroskop. Schleiden dan Schwann kemudian menyatakan bahwa semua makhluk hidup disusun oleh sel-sel.
  2. Sel merupakan satuan fungsional makhluk hidup. Teori ini muncul setelah Max Schultze (1825-1874) menegaskan bahwa protoplasma merupakan dasar-dasar fisik kehidupan. Di dalam sel-sel semua fungsi kehidupan berlangsung.
  3. Sel merupakan satuan reproduksi makhluk hidup. Teori ini muncul setelah Rudolf Virchow (1858) menyatakan bahwa semua sel berasal dari sel-sel yang telah ada ((omnis cellula e cellula). 
  4. Sel merupakan satuan hereditas makhluk hidup. Teori ini muncul setelah diketahui bahwa susunan kromosom dalam sel-sel makhluk hidup dan keturunannya selalu sama. Penurunan faktor pembawa sifat suatu individu kepada keturunannya terjadi melalui reproduksi sel.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved