Iklan

Iklan

Pertanyaan

Manifestasi imajinasi sosiologi adalah ...

Manifestasi imajinasi sosiologi adalah ...space 

  1. Memahami masyarakat sebagai arena yang menghasilkan konflik dan perubahan sosialspace 

  2. Melihat kegagalan pribadi orang merupakan penyebab masalah sosialspace 

  3. Mengidentifikasikan perilaku individu tertentu dalam pola-pola sosial umumspace 

  4. Mengubah masalah pribadi menjadi isu-isu publikspace 

  5. Membuat perbedaan besar dalam membentuk kehidupanspace 

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah D.

Jawaban yang tepat adalah D.space 

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pernyataan tersebut adalah D. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Topik yang ditanyakan adalah maksud dari imajinasi sosiologi Masyarakat merupakan objek kajian dalam ilmu sosiologi, dalam hal ini sosiologi dapat dikatakan sebagai ilmu sosial karena menelaah kehidupan masyarakat. Terdapat pokok-pokok pembasan sosiologi seperti fakta sosial, realitas sosial, imajinasi sosiologi, dan realitas sosial. C. Wrigh Mills seorang sosiolog memperkenalkan istilah “ sociological imagination ” atau biasa dikenal imajinasi sosiologi. Imajinasi sosiologi merupakan cara memahami gejala yang dimasyarakat melalui perspektif 2 hal yaitu personal issue dan public issue . Melalui dua perspektif tersebut, dalam melihat gejala di masyarakat sosiologi mencoba melihat secara luas keterkaitan sebab-akibat antar issue yang terkait . Contohnya ialah ketika sebuah wilayah memiliki angka kemiskinan yang tinggi, Imajinasi sosiologi akan melihat kesegala arah bahwa faktor kemiskinan tidak hanya disebabkan oleh tiap individu ( personal issue ) tetapi perlu peninjauan kembali bahwa kemiskinan dapat terjadi karena sebuah struktur/sistem sehingga keadaan sosial turut menjadi penyebab terjadinya kemiskinan ( public issue ). Jadi, Jawaban yang tepat adalah D.

Jawaban yang tepat dari pernyataan tersebut adalah D.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Topik yang ditanyakan adalah maksud dari imajinasi sosiologi

Masyarakat merupakan objek kajian dalam ilmu sosiologi, dalam hal ini sosiologi dapat dikatakan sebagai ilmu sosial karena menelaah kehidupan masyarakat. Terdapat pokok-pokok pembasan sosiologi seperti fakta sosial, realitas sosial, imajinasi sosiologi, dan realitas sosial.

C. Wrigh Mills seorang sosiolog memperkenalkan istilah “sociological imagination” atau biasa dikenal imajinasi sosiologi. Imajinasi sosiologi merupakan cara memahami gejala yang dimasyarakat melalui perspektif 2 hal yaitu personal issue dan public issue. Melalui dua perspektif tersebut, dalam melihat gejala di masyarakat sosiologi mencoba melihat secara luas keterkaitan sebab-akibat antar issue yang terkait. Contohnya ialah ketika sebuah wilayah memiliki angka kemiskinan yang tinggi, Imajinasi sosiologi akan melihat kesegala arah bahwa faktor kemiskinan tidak hanya disebabkan oleh tiap individu (personal issue) tetapi perlu peninjauan kembali bahwa kemiskinan dapat terjadi karena sebuah struktur/sistem sehingga keadaan sosial turut menjadi penyebab terjadinya kemiskinan (public issue).

Jadi, Jawaban yang tepat adalah D.space 

702

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Munculnya kasus akibat pergaulan bebas yang dilakukan oleh para pesohor tanah air menjadi salah satu permasalahan sosial. Hal ini banyak dilakukan demi memenuhi tuntutan hidup glamour. Karakteristik s...

23

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia