Roboguru

Manfaat dari kelas Aves adalah ....

Pertanyaan

Manfaat dari kelas Aves adalah ....

Pembahasan Soal:

Aves (burung) merupakan hewan yang seluruh tubuhnya ditutupi oleh bulu, kecuali kaki dan paruhnya. Burung merupakan hewan homoiterm, bernapas dengan paru-paru dan dibantu pundi-pundi udara ketika terbang. Contoh anggota kelas Aves antara lain, ayam kampung, merpati, dan angsa. Aves memiliki beberapa peran bagi kehidupan manusia, yaitu :

  1. Sebagai bahan industri, misalnya bulu entok sebagai bahan baku pembuatan kok dan pengisi bantal, bulu ayam sebagai kemoceng.
  2. Bahan pembuat obat, misalnya sarang burung walet dan telur itik.
  3. Predator alamiah yang memakan ulat dan serangga.
  4. Sebagai hiburan, misalnya burung merak dan burung perkutut
  5. Sebagai bahan makanan, misalnya telur ayam dan daging ayam dapat dikonsumsi oleh manusia.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pasangkanlah pernyataan di bawah dengan jawaban di dalam kotak! Kantong udara ....

Pembahasan Soal:

Kantong udara merupakan alat pernapasan yang yang dimiliki oleh (f) Burung. Kantong udara ini berfungsi sebagai alat pernapasan burung saat terbang, memperkeras suara, dan mengatur berat jenis tubuh.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pasangan yang tepat adalah (f) Burung.

Roboguru

Pernapasan dada terdapat pada hewan yang tergolong ke dalam kelas …

Pembahasan Soal:

Pernapasan dada merupakan pernapasan yang melibatkan otot antartulang rusuk. Mekanisme inspirasi pada pernapasan dada yaitu otot antartulang rusuk berkontraksi, rongga dada membesar, volume paru-paru bertambah dan tekanan paru-paru mengecil, udara masuk ke dalam paru-paru. Mekanisme ekspirasi pada pernapasan dada yaitu otot antartulang rusuk berelaksasi, rongga dada mengecil, volume paru-paru mengecil dan tekanan paru-paru membesar, udara keluar dari dalam paru-paru. Organisme yang melakukan pernapasan dada yaitu kelompok aves, reptil, dan mamalia karena memiliki otot antar tulang rusuk. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C dan D.undefined 

Roboguru

Memiliki ukuran yang lebih besar dari telur ayam dan lebih kecil dari telur angsa, warna telur kuning, warna cangkang biru, dan memiliki bau amis merupakan ciri yang dimiliki oleh jenis telur ....

Pembahasan Soal:

Salah satu ciri-ciri kelas aves adalah memiliki telur. Ukuran telur aves berbeda-beda, namun walaupun begitu telur aves memiliki struktur yang sama. Telur burung puyuh memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding telur aves lainnya dan memiliki cangkang yang bercorak. Telur ayam memiliki ukuran yang lebih besar daripada telur puyuh dan cangkang berwarna kecoklatan. Kemudian, telur bebek memiliki ukuran yang lebih besar daripada telur ayam dan memiliki cangkang berwarna biru serta memiliki bau yang lebih amis. Telur yang ukurannya paling besar adalah telur angsa dan memiliki cangkang berarna putih. 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C.  space 

Roboguru

Bagian akhir usus yang sekaligus bermuara saluran ekskresi dan saluran alat kelamin pada burung terdapat disebut . . . .

Pembahasan Soal:

Kloaka adalah lubang posterior yang menjadi satu-satunya muara untuk saluran pencernaan dan ekskresi. Pada beberapa hewan tertentu, kloaka juga berfungsi sebagai saluran genital. Hewan yang memiliki kloaka berasal dari spesies burung, reptil, dan amphibi. Pada hewan-hewan tersebut, kloaka digunakan untuk mengekskresikan urine dan feses. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Roboguru

Perhatikan kunci dikotom berikut!  Urutan identifikasi yang benar untuk kolibri adalah ....

Pembahasan Soal:

Kunci determinasi merupakan kunci yang digunakan untuk menganalisis dan mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri yang teramati. Kunci determinasi umumnya disusun dari tingkatan takson tertinggi hingga rendah. Salah satu kunci determinasi yang sering digunakan adalah kunci dikotom. Kunci dikotom merupakan kunci yang berisi dua pernyataan yang saling bertentangan. Contoh: Kolibri merupakan hewan yang memiliki ciri bertulang belakang, tubuhnya ditutupi bulu, hidup di darat, alat geraknya berupa sayap dan kaki, dan berkembang biak secara ovipar (bertelur). Dengan mengeatui ciri fisik Kolibri maka kunci identifikasi yang sesuai adalah 1b. Bertulang belakang, 2b. Penutup tubuh bukan berupa sisik, 3b. Hidup di darat saja, 4b. Berjalan tidak melata 5a. Bersifat ovipar. Berdasarkan Urutan tersebut kita dapat mengetahui Kolibri meripakan salah satu dari kelompok Aves atau suku burung-burungan.undefined 

Dengan demikian, tidak ada jawaban yang tepat.space space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved