Roboguru

Manakah yang termasuk penalaran induktif dalam debat ....

Pertanyaan

Manakah yang termasuk penalaran induktif dalam debat .... undefined 

Pembahasan Soal:

Dalam kegiatan debat memerlukan proses penalaran untuk menyatakan argumen. Ada penalaran induktif dan penalaran secara deduktif. Penalaran induktif merupakan suatu proses berpikir dari fakta-fakta yang khusus untuk membuat suatu simpulan yang umum. Penalaran induktif mencakup tiga bentuk yaitu generalisasi, analogi, dan hubungan sebab-akibat.

Dengan demikian, kata (1) analogi, kata (3) generalisasi, dan kata (4) sebab-akibat adalah bentuk penalaran induktif dalam debat. undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Yang dimaksud dengan argumentasi pada struktur debat ialah ...

Pembahasan Soal:

Debat merupakan kegiatan argumentasi yang dilakukan dengan adanya pertukaran pendapat dan saling memberikan alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Struktur pada teks debat terdiri dari (1) pengenalan seluruh peserta atau pihak yang terlibat dalam pelaksanaan debat, menunjukkan siapa yang bertindak sebagai moderator, tim afirmatif, tim oposisi, dan notulis; (2) penyampaian argumentasi, di mana masing-masing pihak dipersilahkan untuk mengemukakan argumentasinya mengenai mosi yang diperdebatkan dengan menjelaskan alasan mengapa setuju atau tidak setuju terhadap suatu hal untuk mendukung apa yang diperdebatkan dengan disertai dengan ide, analisis, dan bukti yang mendukung; (3) inti debat, masing-masing pihak menjabarkan berbagai fakta pendukung untuk mempertahankan argumentasinya; (4) simpulan mengenai keseluruhan isi debat; dan (5) penutup menandakan bahwa debat telah ditutup dengan simpulan yang jelas.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa argumentasi dalam debat merupakan bagian yang menjelaskan alasan mengapa setuju atau tidak setuju terhadap suatu hal untuk mendukung apa yang diperdebatkan dan dalam memberikan argumentasi harus disertai dengan ide, analisis, dan bukti yang mendukung.

Dengan demikian, itulah yang dimaksud argumentasi dalam struktur debat.undefined 

0

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan struktur debat!

Pembahasan Soal:

Struktur debat terdiri atas tiga bagian yakni (1) pengantar yang menjelaskan posisi peserta debat terhadap mosi yang akan dibahas, apakah ia berada di posisi afirmasi atau oposisi. Pada bagian ini juga diberi penjelasan umum mengenai topik yang akan didebatkan; (2) argumen yaitu penjelasan alasan mengapa tim afirmasi ataupun oposisi menyetujui pun tidak setuju terhadap suatu hal yang dibahas disertakan bukti dan fakta yang mendukung; dan (3) simpulan yaitu penegasan kembali posisi penyampai debat dan menyimpulkan keseluruhan isi debat.

Dengan demikian, struktur debat ialah pengantar, argumen, dan simpulan.space 

0

Roboguru

Jelaskan ciri-ciri argumen yang baik!

Pembahasan Soal:

Argumen dalam debat adalah bagian yang menjelaskan alasan mengapa setuju atau tidak setuju akan suatu hal. Argumen biasanya disertai dengan ide, analisis, dan bukti yang mendukung. Fakta atau bukti tersebut harus sejalan agar argumen menjadi logis.

Ciri-ciri argumen yang baik adalah sebagai berikut:

  • Berisi ide, gagasan, sudut pandang, atau tanggapan seseorang mengenai suatu permasalahan.
  • Argumentasi disertai dengan bukti dan analisis.
  • Permasalahan yang dibahas, dianalisis secara kritis dan logis.
  • Disertai dengan kesimpulan. Dapat berupa solusi atau pandangan menyeluruh dari permasalahan yang diperdebatkan.undefined 

0

Roboguru

Berikan contoh argumen tim afirmatif mengenai mosi pembuatan lahan parkir sepeda di sekolah!

Pembahasan Soal:

Tim afirmatif adalah kelompok yang setuju dengan gagasan yang terdapat dalam mosi sebuah debat.

Mosi : pembuatan lahan parkir sepeda di sekolah.

Argumen tim afirmatif :

Saya setuju dengan pembuatan lahan parkir sepeda di sekolah. Hal ini karena proyek ini akan membantu memberikan ruang parkir bagi para siswa yang membawa kendaraan ke sekolah, khususnya siswa yang membawa sepeda. Dengan adanya lahan parkir sepeda di sekolah, siswa yang membawa sepeda juga akan lebih tertib untuk memarkirkan sepedanya, sehingga dapat menghindari siswa yang memarkirkan sepedanya di sembarang tempat. Selain itu, hal ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan karyawan karena dapat direkrut sebagai petugas parkir.undefined 

0

Roboguru

Susunan struktur teks debat yang benar adalah ….

Pembahasan Soal:

Teks debat haruslah terstruktur dimulai dengan (1) pengenalan seluruh peserta atau pihak yang terlibat dalam pelaksanaan debat, menunjukkan siapa yang bertindak sebagai moderator, tim afirmatif, tim oposisi, dan notulis; (2) penyampaian argumentasi yang mempersilakan masing-masing pihak untuk mengemukakan argumentasinya mengenai mosi yang diperdebatkan; (3) inti debat, masing-masing pihak menjabarkan berbagai fakta pendukung untuk mempertahankan argumentasinya; (4) simpulan mengenai keseluruhan isi debat; dan (5) penutup menandakan bahwa debat telah ditutup dengan simpulan yang jelas.

Dengan demikian, itulah beberapa struktur teks debat yang benar.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved