Iklan

Iklan

Pertanyaan

Manakah satu di antara senyawa berikut yang dapat berpolimerisasi kondensasi dengan suatu dialkohol, seperti 1,2-etanadiol (etilen glikol)?

Manakah satu di antara senyawa berikut yang dapat berpolimerisasi kondensasi dengan suatu dialkohol, seperti 1,2-etanadiol (etilen glikol)?

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Pada polimerisasi kondensasi, monomer-monomer saling berkaitan dengan melepas molekul kecil, seperti H 2 ​ O dan CH 3 ​ OH . Polimerisasi kondensasi terjadi pada monomer yang mempunyai setidaknya dua gugus aktif. Pada soal di atas salah satu monomer yang digunakan adalah bergugus -diol (alkohol) . Pada reaksi polimerisasi kondensasi alkohol dapat bereaksi dengan asam karboksilat membentuk polimerdan melepaskan H 2 ​ O . Struktur pilihan jawaban Amerupakan senyawa asam karboksilat yang memiliki dua gugus aktif sehingga dapat berpolimerisasi dengan alkohol. Reaksi dari: n HOOC − C 6 ​ H 4 ​ − COOH + n HO − CH 2 ​ CH 2 ​ − OH akan menghasilkan: [ − C − C 6 ​ H 4 ​ − C − O − CH 2 ​ − CH 2 ​ − O − ] n ​ + n H 2 ​ O ∥ ∥ O O Oleh karena itu,senyawa yang benar adalah HOOCC 6 ​ H 4 ​ COOH yang merupakan senyawa asam tereftalat. Reaksi polimerisasi kondensasi asam tereftalat dan etilena glikol akan menghasilkan polimer yaitu polietilena tereftalat. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pada polimerisasi kondensasi, monomer-monomer saling berkaitan dengan melepas molekul kecil, seperti . Polimerisasi kondensasi terjadi pada monomer yang mempunyai setidaknya dua gugus aktif.

Pada soal di atas salah satu monomer yang digunakan adalah bergugus -diol (alkohol). Pada reaksi polimerisasi kondensasi alkohol dapat bereaksi dengan asam karboksilat membentuk polimer dan melepaskan . Struktur pilihan jawaban A merupakan senyawa asam karboksilat yang memiliki dua gugus aktif sehingga dapat berpolimerisasi dengan alkohol. 

Reaksi dari:

akan menghasilkan:

Oleh karena itu, senyawa yang benar adalah  yang merupakan senyawa asam tereftalat. Reaksi polimerisasi kondensasi asam tereftalat dan etilena glikol akan menghasilkan polimer yaitu polietilena tereftalat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

20

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Monomer dari dakron adalah .....

9

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia