Iklan

Iklan

Pertanyaan

Manakah pernyataan berikut yang terkait dengan kaidah biologi? Orang yang berpuasa banyak menghasilkan ADH Kerusakan reseptor insulin menyebabkan produk ATP berkurang Hormon kortisol berfungsi menjaga tekanan darah Protein tidak terdapat pada urin

Manakah pernyataan berikut yang terkait dengan kaidah biologi?

  1. Orang yang berpuasa banyak menghasilkan ADH
  2. Kerusakan reseptor insulin menyebabkan produk ATP berkurang
  3. Hormon kortisol berfungsi menjaga tekanan darah
  4. Protein tidak terdapat pada urin
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar.

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar.

  4. HANYA 4 yang benar.

  5. SEMUA pilihan benar.

Iklan

R. Rahayu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihanjawaban yang tepat adalah E.

pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Iklan

Pembahasan

Saat berpuasa, tubuh akan menghasilkan ADH ( Antidiuretic hormone ) untuk membantu mencegah keluarnya cairan tubuh melalui urin dan menjaga agar tekanan darah stabil. Saat kita berpuasa, tubuhtidak mendapat asupan air dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, agar tidak dehidrasi ADH banyak dihasilkan untuk mempertahankan kadar air di dalam tubuh. Reseptor insulin adalah tempat menempelnya insulin pada suatu sel agar bisa mengaktifkan GLUT ( Glucose transporters ). GLUT berfungsi untukmemasukkan glukosa ke dalam sel pada proses metabolisme. Metabolisme glukosa akan menghasilkan ATP. Jika reseptor insulin tidak ada, maka semua proses tersebut tidak dapat terjadi maka produksi ATP berkurang. Hormon kortisol berfungsi mengendalikan stres yang dapat dipengaruhi oleh kondisi infeksi, cedera, aktivitas berat, stres fisik dan emosional. Tidak hanya itu, hormon kortisol akan membantu mempertahankan tekanan darah tetap normal. Kadar kortisol yang rendah dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Dalam kondisi normal, urin tidak mengandung protein , karena protein tidak dapat melewati proses filtrasi di glomerulus. Tetapi, jika dalam urin terdapat protein maka terdapat kelainan pada ginjal yaitu albuminuria. Albuminuria merupakan suatu kondisi dimana terlalu banyak protein dalam urin yang dihasilkan dari adanya kerusakan ginjal. Jadi, semua pernyataan pada soal benar. Dengan demikian, pilihanjawaban yang tepat adalah E .

Saat berpuasa, tubuh akan menghasilkan ADH (Antidiuretic hormone) untuk membantu mencegah keluarnya cairan tubuh melalui urin dan menjaga agar tekanan darah stabil. Saat kita berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan air dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, agar tidak dehidrasi ADH banyak dihasilkan untuk mempertahankan kadar air di dalam tubuh. Reseptor insulin adalah tempat menempelnya insulin pada suatu sel agar bisa mengaktifkan GLUT (Glucose transporters). GLUT berfungsi untuk memasukkan glukosa ke dalam sel pada proses metabolisme. Metabolisme glukosa akan menghasilkan ATP. Jika reseptor insulin tidak ada, maka semua proses tersebut tidak dapat terjadi maka produksi ATP berkurang. Hormon kortisol berfungsi mengendalikan stres yang dapat dipengaruhi oleh kondisi infeksi, cedera, aktivitas berat, stres fisik dan emosional. Tidak hanya itu, hormon kortisol akan membantu mempertahankan tekanan darah tetap normal. Kadar kortisol yang rendah dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Dalam kondisi normal, urin tidak mengandung protein, karena protein tidak dapat melewati proses filtrasi di glomerulus. Tetapi, jika dalam urin terdapat protein maka terdapat kelainan pada ginjal yaitu albuminuria. Albuminuria merupakan suatu kondisi dimana terlalu banyak protein dalam urin yang dihasilkan dari adanya kerusakan ginjal. Jadi, semua pernyataan pada soal benar.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Latihan Bab Sistem Organ Tubuh Manusia

Sistem Gerak

Sistem Peredaran Darah

Sistem Pencernaan

Sistem Pernapasan

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Grafik berikut menunjukkan kinerja insulin sintetis. Berdasarkan grafik di atas, insulin yang paling cepat membantu menyerap gula adalah ….

184

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia