Roboguru

Manakah asam yang lebih kuat di antara pasangan asam berikut dan jelaskan alasannya. HClO dengan HClO3​

Pertanyaan

Manakah asam yang lebih kuat di antara pasangan asam berikut dan jelaskan alasannya.

HClO dengan HClO3

Pembahasan Soal:

Selain membentuk oksida dan halida, unsur-unsur halogen dapat membentuk senyawa-senyawa oksihalogen. Garam oksihalogen lebih stabil daripada asamnya. Asam oksihalogen sedikit larut dalam air. Kekuatan asam oksi halogen ditentukan oleh kekuatan ikatan HO dan ikatan OX. Jika ikatan OX lemah, ikatan HO kuat dan sebaliknya jika ikatan OX kuat, ikatan HO lemah. Semakin lemah ikatan HO, semakin mudah asam tersebut terionisasi, dan berarti semakin kuat asamnya. Kekuatan ikatan OX dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu keelektronegatifan dari X, banyak sedikitnya atom oksigen yang mengelilingi X, dan bilangan oksidasi X. Semakin elektronegatif, semakin banyak atom O, dan semakin tinggi nilai bilangan oksidasi X maka ikatan OX semakin kuat,  sehingga ikatan HO lebih lemah, semakin mudah asam tersebut terionisasi, dan berarti semakin kuat asamnya. Semua halogen dapat membentuk senyawa oksihalogen, kecuali fluorin.

Adapun nilai bilangan oksidasi Cl dalam masing-masing senyawa adalah:

  • HClO
    (biloksH×1)+(biloksCl×1)+(biloksO×2)(1×1)+(Cl×1)+(2×2)1+Cl+43+ClCl=====0000+3  
  •  HClO3 
    (biloksH×1)+(biloksCl×1)+(biloksO×3)(1×1)+(Cl×1)+(2×3)1+Cl+65+ClCl=====0000+5 

Jadi, berdasarkan penjelasan tersebut:

HClO dengan HClO3
HClO3 lebih asam karena ikatan OX lebih kuat. Hal ini dikarenakan jumlah atom oksigen yang mengelilingi Cl  pada HClO3 lebih banyak dan nilai bilangan oksidasi Cl pada HClO3 lebih besar.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Santika

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Di antara asam: , asam manakah yang paling kuat? Jelaskan.

Pembahasan Soal:

Kekuatan asam oksihalogen ditentukan oleh kekuatan ikatan H bond O dan ikatan O bond X. Jika ikatan O bond X lemah, ikatan H bond O kuat dan sebaliknya jika ikatan O bond X kuat, ikatan H bond O lemah. Semakin lemah ikatan H bond O, semakin mudah asam tersebut terionisasi, dan berarti semakin kuat asamnya. Kekuatan ikatan O bond X dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu keelektronegatifan dari X dan banyak sedikitnya atom oksigen yang mengelilingi X. Semakin elektronegatif atom halogennya, maka ikatan H-O makin besar kepolarannya. Semakin polar ikatan, semakin mudah atom H terlepas, sehingga semakin kuat sifat asamnya. Di antara asam H Cl O subscript 3 comma space H Br O subscript 3 comma space d an space H I O subscript 3 yang paling kuat adalah H Cl O subscript 3 karena asam Cl memiliki kelektronegatifan terbesar dibandingkan Br dan I.

Jadi asam yang paling kuat adalah H Cl O subscript bold 3.space 

0

Roboguru

Diantara asam  dan  manakah yang paling kuat?

Pembahasan Soal:

Unsur-unsur halogen (kecuali F) dapat membentuk asam-asam yang mengandung oksigen (asam oksihalogen) dengan bilangan oksidasi +1, +3, +5, dan +7. Pada asam oksihalogen HXO subscript n semakin banyak oksigen, maka semakin kuat ikatan antara X bond O sehingga ikatan O bond H akan lebih lemah dan H to the power of plus sign akan mudah lepas. Sehingga dari asam oksihalogen di atas, yang paling kuat asamnya adalah H Cl O subscript 4.

Jadi, asam oksihalogen paling kuat adalah H Cl O subscript 4.

0

Roboguru

Tuliskan urutan keasaman senyawa asam-asam okso di atas untuk·kelompok halogen yang sama dan untuk semua senyawa (dari HXO hingga HXO4, dengan X = Cl, Br, I) menurut urutan tingkat keasaman yang makin...

Pembahasan Soal:

Kekuatan asam oksihalogen semakin meingkat seiring banyaknya jumlah oksigen, maka yang paling kuat adalah HXO4 dan yang terlamha adalah HXO.

Kekuatan asam yang paling besar terjadi pada asam oksihalogen dengan jumlah oksigen yang paling banyak karena senyawa asam yang kuat adalah senyawa yang paling mudah melepeaskan ion H+.  Hal tersebut terjadi karena ikatan atom X dengan O lebih kuat daripada ikatan atom X dengan H. Sehingga atom H akan lebih mudah terlepas saat proses ionisasi dan menyebabkan sifat asamnya lebih kuat.

Oleh karena itu, urutan keasaman senyawa asam oksihalogen semakin banyak oksigen semakin besar karea ikatan atom X dengan O lebih besar dari X dengan H.

0

Roboguru

Asam-asam okso halogen mengandung gugus -OH, tetapi bersifat asam. Mengapa demikian? Coba jelaskan jawaban Anda dengan menunjukkan struktur Lewis salah satu asam okso!

Pembahasan Soal:

Salah satu contoh asam okso halogen adalah HClO jika digambarkan struktur lewsinya menjadi.

Jika diperhatikan meskipun dalam senyawa asam okso halogen terdapat -OH namun yang dapat dengan mudah lepas adalah atom H karena terletak paling luar dan gaya tarik oleh Cl sebagai unsur paling elektronegatif menjadikan H dapat dengan mudah lepas karena elektron akan cenderung dekat ke O dan Cl.

Oleh karena itu, meskipun terdapat -OH dalam asam okso halogen tetapi bersifat asam karena atom yang dapat lepas adalah H karena elektro negatifitas dari Cl dan O.

0

Roboguru

Manakah asam yang lebih kuat di antara pasangan asam berikut dan jelaskan alasannya. HClO3​ dengan HIO3​

Pembahasan Soal:

Selain membentuk oksida dan halida, unsur-unsur halogen dapat membentuk senyawa-senyawa oksihalogen. Garam oksihalogen lebih stabil daripada asamnya. Asam oksihalogen sedikit larut dalam air. Kekuatan asam oksi halogen ditentukan oleh kekuatan ikatan HO dan ikatan OX. Jika ikatan OX lemah, ikatan HO kuat dan sebaliknya jika ikatan OX kuat, ikatan HO lemah. Semakin lemah ikatan HO, semakin mudah asam tersebut terionisasi, dan berarti semakin kuat asamnya. Kekuatan ikatan OX dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu keelektronegatifan dari X dan banyak sedikitnya atom oksigen yang mengelilingi X. Semakin elektronegatif dan semakin banyak atom O maka ikatan OX semakin kuat. Semua halogen dapat membentuk senyawa oksihalogen, kecuali fluorin.

Jadi, berdasarkan penjelasan tersebut:

HClO3 dengan HIO3 
HClO3 lebih asam karena ikatan OX lebih kuat. Hal ini disebabkan Cl lebih elektronegatif dibandingkan I. Sehingga ikatan HO lebih lemah, semakin mudah asam tersebut terionisasi, dan berarti semakin kuat asamnya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved