Roboguru

Malaya Britania dibubarkan pada tahun...

Pertanyaan

Malaya Britania dibubarkan pada tahun...

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Malaysia adalah sebuah negara federasi yang terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah persekutuan di Asia Tenggara dengan luas 329.847 km persegi.  Ibu kotanya adalah Kuala Lumpur, sedangkan Putrajaya menjadi pusat pemerintahan persekutuan. Malaysia sebagai negara persekutuan baru dibentuk pada hari ini di 1963. Sebelumnya, sekumpulan koloni didirikan oleh Britania Raya pada akhir abad ke-18. Kumpulan wilayah jajahan itu dikenal sebagai Malaya Britania hingga pembubarannya pada 1946, ketika kumpulan itu disusun kembali sebagai Uni Malaya. Karena semakin meluasnya tentangan, kumpulan itu lagi-lagi disusun kembali sebagai Federasi Malaya pada tahun 1948 dan kemudian meraih kemerdekaan pada 31 Agustus 1957.

Dengan demikian, Malaya Britania dibubarkan pada tahun 1946.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pemuda ini adalah seorang perwira yang ditugaskan oleh pemerintah sebagai mata-mata di Malaysia sehubungan dengan terjadinya konfrontasi antara Indonesia-Malaysia. Beliau menjadi salah satu korban Ger...

Pembahasan Soal:

Lettu Pierre Tendean kerap dilibatkan dalam operasi-operasi penyusupan ke Malaysia dari Selat Panjang, Kepulauan Meranti, Riau. Saat berada di Malaysia, tak ada fasilitas mewah yang mereka dapatkan. Kadang hanya dengan bekal tenda, mereka melakukan tugas yang penuh risiko untuk ibu pertiwi. Dalam masa tugas setahun, Pierre telah tiga kali berhasil menyusup ke daratan Malaysia. Pertama kali ia jadi mata-mata dengan menyamar sebagai turis dan dapat berbelanja di toko-toko membeli raket Dunlop, jam tangan, dan rokok Commodore untuk ayahnya dan pakaian serta aksesori impor untuk saudara-saudara perempuan dan ibunya.
Pada dini hari tanggal 1 Oktober 1965, pasukan Gerakan 30 September (G30S) mendatangi rumah dinas Nasution dengan tujuan untuk menculiknya. Tendean yang sedang tidur di paviliun yang berada di samping rumah dinas Jenderal Nasution dibangunkan oleh putri sulung sang Jenderal (Yanti Nasution) setelah Yanti mendengar suara tembakan dan keributan yang luar biasa. Pierre pun segera berlari ke bagian depan rumah. Ia ditangkap oleh gerombolan G30S dipimpin oleh Pembantu Letnan Dua (Pelda) Djaharup. Gerombolan itu mengira dirinya sebagai Nasution karena kondisi rumah yang gelap. Nasution sendiri berhasil melarikan diri dengan melompati pagar. Tendean lalu dibawa ke sebuah rumah di daerah Lubang Buaya bersama enam perwira tinggi lainnya: Soeprapto, Soetojo, dan Parman yang saat itu masih hidup, serta Ahmad Yani, D.I. Pandjaitan, dan M.T. Harjono yang sudah terbunuh. Ia ditembak mati dan mayatnya dibuang ke sebuah sumur tua bersama enam jasad perwira lainnya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Alasan Indonesia melakukan politik konfrontasi dengan Malaysia adalah....

Pembahasan Soal:

Politik konfrontrasi antara Indonesia dengan Malaysia terjadi karena pembentukan Federasi Malaya di bawah kekuasaan Inggris. Federasi Malaya mencakup beberapa wilayah seperti Persekutuan Tanah Melayu (Malaysia), Singapura, Brunei, Sabah dan Serawak. Presiden Soekarno menganggap bahwa pembentukan federasi ini merupakan suatu bentuk neokolonialisme (penjajahan baru) Inggris. Hal itu berarti Inggris ingin membangun kekuasaannya kembali di wilayah Asia Tenggara. Federasi Malaya dikhawatirkan oleh Presiden Soekarno akan mengganggu revolusi Indonesia yang belum selesai.

0

Roboguru

Pada masa Demokrasi Terpimpin, Indonesia pernah melakukan konfrontasi politik dengan Malaysia. Hal yang melatarbelakangi Indonesia mengambil sikap bermusuhan dengan Malaysia adalah ....

Pembahasan Soal:

Sikap konfrontasi yang dilakukan Indonesia terhadap Malaysia pada masa Demokrasi Terpimpin disebabkan oleh faktor karena Indonesia menganggap bahwa pembentukan Federasi Malaysia sebagai bentuk kolonialisme baru Inggris di kawasan Asia Tenggara yang akan mengancam keamanan dan stabilitas Indonesia. Karena itu, harus dilawan dan digagalkan. Selain itu, ada faktor lain yaitu sikap sepihak Malaysia yang melanggar Persetujuan Manila bahwa terkait Sabah, Sarawak, dan Brunei akan diputuskan bergabung dengan Malaysia atau tidak setelah adanya pengumuman resmi hasil referendum oleh tim dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sebelum adanya pengumuman resmi, ternyata Malaysia mengklaim secara sepihak bahwa rakyat Sabah dan Sarawak bergabung dengan Malaysia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Gerakan pemberontakan  G30S/PKI dipimpin oleh ....

Pembahasan Soal:

Dalam upaya malancarkan misi pemberontakan dan mencapai tujuan politiknya, PKI melakukan gerakan fisik atau gerakan militer yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Untung Sutopo. Letkol Untung merupakan Komandan Batalyon atau Resimen Cakrabirawa, yaitu pasukan pengawal presiden. Kemudian di bawah pimpinan Letnan Kolonel Untung, PKI mulai bergerak dengan mengadakan penculikan serta pembunuhan pada tanggal 1 Oktober 1965 waktu dini hari.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah D

0

Roboguru

Salah satu tujuan dari pemberontakan PKI di Madiun adalah ….

Pembahasan Soal:

Pemberontakan PKI di Madiun terjadi pada tanggal 18 September 1948. Pemberontakan ini dipimpin oleh Muso dan Amir Syarifuddin. Tujuan dari pemberontakan PKI Madiun adalah ingin mengganti dasar negara Pancasila dengan komunis serta ingin mendirikan Soviet Republik Indonesia.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B.undefined  

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved