Roboguru

Makna kata daur ulang pada paragraf tersebut adalah ...

Pertanyaan

Makna kata daur ulang pada paragraf tersebut adalah ...space 

Pembahasan Soal:

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, daur ulang memiliki arti peredaran ulang suatu masa dan pada bidang studi Kimia bermakna pemrosesan kembali bahan yang pernah dipakai, misalnya serat, kertas, dan air untuk mendapatkan produk baru. Berdasarkan penjelasan ini, maka kata daur ulang pada teks tersebut merujuk pada cara mengelola sampah di rumah agar mengurangi jumlah sampah yang ada.

Dengan demikian, daur ulang adalah pemrosesan ulang bahan habis pakai menjadi sebuah produk atau karya kreativitas yang lebih bernilai.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kosakata baku yang tepat untuk mengganti kata yang dicetak tebal tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Jika kita mencari kata bukelet dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita akan diarahkan ke kosakata yang baku dari kata bukelet, yaitu buklet.

Jadi, kosakata baku yang tepat untuk mengganti kata bukelet adalah buklet (buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran).undefined 

0

Roboguru

Perhatikan teks berikut! (1) Helikopter adalah salah satu jenis pesawat yang bisa terbang sambil diam di tempat. (2) Pesawat ini pun sering digunakan untuk penyelamatan. (3) Ternyata, cara terbang hel...

Pembahasan Soal:

Kalimat ke (4) tidak efektif karena terdapat kata yang tidak baku, yaitu menghisap. Kata dasar dari kata menghisap adalah isap bukan hisap. Sehingga penulisan kata yang baku adalah mengisap. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.
 

0

Roboguru

Berikut ini yang bukan merupakan bahasa resmi atau baku adalah...

Pembahasan Soal:

Kata baku adalah kata yang dianggap resmi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Beberapa ciri-ciri kata baku ialah (1) tidak dipengaruhi bahasa daerah tertentu; (2) tidak dipengaruhi bahasa asing; (3) bukan bahasa percakapan tak resmi; (4) pemakaian imbuhan pada kata bersifat eksplisit; (5) pemakaian kata sesuai dengan konteks kalimat; (6) tidak rancu; dan (7) tidak hiperkorek. Kata ketemu pada kalimat "Saya ketemu dengan Pak Rudi di rumah sakit." merupakan kata tidak baku. Penggunaan imbuhan ke- pada kata temu tidaklah tepat karena imbuhan ke- hanya memiliki dua makna saja, yakni makna tingkat jika bertemu dengan kata bilangan dan makna yang menerangkan status, kemauan, dan tanda tujuan seseorang. Oleh karena itu, seharusnya ketemu diganti menjadi bertemu yang berarti ditemukan, berhadapan muka, mendapat atau menemukan, berjumpa, dan sebagainya.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.space  

0

Roboguru

Berdasarkan teks di atas, temukan tiga kosakata tidak baku. Kemudian, ubahlah menjadi kosakata baku!

Pembahasan Soal:

Kosakata tidak baku adalah kosakata yang tidak sesuai dengan kaidah yang dibakukan (berupa pedoman ejaan, tata bahasa baku, maupun kamus umum/KBBI). Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, kosakata yang tidak baku pada teks di atas adalah sebagai berikut.

"Pernahkah terbayang olehmu gimana sih manusia bikin tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti jaman sekarang dengan proses pembuatan yang lebih moderen?Jaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipake untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus."

Terdapat tujuh penulisan kosakata tidak baku pada teks itu. Jika direvisi, teksnya akan menjadi seperti di bawah ini.

"Pernahkah terbayang olehmu bagaimana manusia membuat tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti zaman sekarang dengan proses pembuatan yang lebih modern? Zaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipakai untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus."

Pada akhir kalimat ke-2 seharusnya juga dibubuhkan spasi setelah tanda tanya.

Dengan demikian, tiga kosakata tidak baku (dari tujuh) antara lain jaman (zaman), moderen (modern), dan dipake (dipakai).space 

0

Roboguru

Sebuah kata disebut kata tidak baku jika ….

Pembahasan Soal:

Kata tidak baku merupakan kata yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Kata tidak baku juga tidak terdapat pada KBBI. Kata tidak baku biasanya digunakan dalam percakapan sehari-hari. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.
 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved