Roboguru

Makna kalimat bernomor (4) dalam teks tersebut adalah ...

Pertanyaan

Makna kalimat bernomor (4) dalam teks tersebut adalah ...space 

  1. Kita tidak boleh mengonsumsi gula pasir, gula batu, dan gula merah agar sehatspace 

  2. Tubuh manusia memerlukan gula sebagal sumber energi asal tidak berlebihanspace 

  3. Gula merah lebih sehat dikonsumsi tubuh daripada gula pasir dan gula batuspace 

  4. Sebaiknya kita mengurangi konsumsi berbagai jenis gula agar pankreas tetap sehatspace 

Pembahasan Soal:

Teks eksposisi adalah tulisan yang menguraikan pendapat penulis akan suatu permasalahan disertai argumen yang logis. Dalam teks eksposisi, biasanya terdapat istilah kalimat ajakan, baik berupa perintah, larangan, maupun saran. Kalimat ajakan berupa saran pada teks di atas terdapat pada kalimat keempat, yaitu Agar pankreas tetap sehat sebaiknya kita mengurangi konsumsi gula, baik gula merah, gula batu, maupun gula pasir. Kalimat tersebut menyarankan agar pembaca sebaiknya mengurangi konsumsi berbagai jenis gula agar pankreas tetap sehat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan kutipan teks eksposisi berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!  Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan merupakan faktor yang sangat...

Pembahasan Soal:

Kata persuasi adalah kata-kata yang mengandung ajakan atau bujukan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan kemungkinan baik yang menjanjikan. Kata persuasi dalam kutipan teks di atas terdapat kalimat terakhir atau keempat, yaitu Dengan demikian, seluruh pihak sekolah harus terlibat dalam upaya menjaga kebersihan di sekolah. Kata persuasi dalam kalimat tersebut adalah harus. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Tentukan amanat dari teks paragraf di atas!

Pembahasan Soal:

Secara umum, pengertian amanat adalah suatu pesan moral atau nasihat yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain, baik secara langsung maupun melalui suatu karya. Amanat merupakan sebuah kata yang memiliki arti pesan, nasihat atau keterangan.

Ciri-ciri amanat:

  1. Pesan moral dalam suatu karya biasanya disampaikan pada bagian akhir cerita.
  2. Amanat dapat diketahui secara jelas (eksplisit) dalam bentuk seruan, nasehat, peringatan, saran, anjuran, maupun larangan yang berhubungan dengan tema utama suatu cerita.
  3. Amanat dapat disampaikan secara langsung maupun secara tersirat melalui karakter tokoh atau penokohan dalam suatu cerita.
  4. Pesan moral yang disampaikan oleh pengarang bertujuan agar audiens mau melakukan sesuai dengan amanat di dalam cerita.

Berdasarkan ciri-ciri amanat di atas, maka amanat yang sesuai dengan bacaan adalah berolahraga sepeda secara rutin dapat membawa dampak yang baik untuk kesehatan. 

Jadi, amanat baca di atas adalah berolahraga sepeda secara rutin dapat membawa dampak yang baik untuk kesehatan.space 

 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan teks eksposisi berikut!       Slogan “Mari Biasakan Sarapan” hendaknya benar-benar diterapkan. Belakangan, sarapan sering disepelekan oleh banyak orang. Berbagai hal, seperti belum...

Pembahasan Soal:

Terdapat beberapa unsur kebahasaan dalam teks eksposisi, seperti konjungsi kausalitas, makna konotasi, kata rujukan, dan kata persuasif. Berikut adalah penjelasan mengenai unsur kebahasaan tersebut beserta analisisnya dalam kutipan di atas.
 

  • Konjungsi kausalitas: kata penghubung yang menyatakan sebab atau alasan dan akibat atau hasil dari suatu hal. Kutipan di atas mengandung satu konjungsi kausalitas, yaitu kata oleh karena itu pada kalimat keenam. 
  • Makna konotasi: makna yang bukan sebenarnya. Kutipan di atas tidak mengandung kata bermakna konotasi. Seluruh kata yang digunakan dalam kutipan di atas memiliki makna yang sebenarnya.
  • Kata persuasif: ajakan atau bujukan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan kemungkinan baik yang menjanjikan. Dalam kutipan di atas, terdapat tiga kata persuasi, yakni mari dan hendaknya yang terdapat pada kalimat pertama dan sebaiknya pada kalimat keenam. Kata tersebut menunjukkan adanya bujukan halus penulis untuk pembaca.
  • Kata perujukan: kata-kata yang digunakan sebagai pendahuluan sebelum menyajikan data yang menjadi sumber dalam teks eksposisi. Kutipan di atas tidak mengandung kata perujukan.


Berdasarkan penjelasan di atas, kaidah kebahasaan yang paling banyak muncul dalam kutipan teks eksposisi di atas adalah kata persuasif (muncul sebanyak dua kali). Jadi, unsur kebahasaan yang dominan digunakan dalam kutipan di atas adalah kata persuasif. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Teks 1 Pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Dengan mengetahui beragam manfaat serta cara pengolahan pisang, masyarakat bisa memanfaatkan buah ini dengan baik. Pemanfaatan buah pisa...

Pembahasan Soal:

Teks 1 dan Teks 2 merupakan teks eksposisi. Perbedaan dan persamaan keduanya adalah sebagai berikut.

 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan teks berikut!       Berdasarkan contoh-contoh tersebut, pengolahan sampah memang tidak lepas dari keterlibatan warga masyarakat. Masyarakat harus diajari memilah sampah organik dan...

Pembahasan Soal:

Kata persuasif merupakan salah satu kebahasaan pada teks eksposisi. Kata persuasif merupakan sebuah kata yang mengandung ajakan atau bujukan seseorang dengan cara memberikan alasan dan kemungkinan baik yang menjanjikan. Kata persuasif terbagi menjadi dua kategori, yaitu kata persuasif tersirat dan kata persuasif tersurat.

  • Kata persuasif tersirat merupakan kata yang ajakan atau bujukannya tidak secara langsung. Contoh katanya, yaitu perlu, harus, hendaklah, sebaiknya, dan diharapkan.
  • Kata persuasif tersurat merupakan kata yang ajakan atau bujukannya secara langsung. Contoh katanya, yaitu ayo dan mari.


Berdasarkan penjelasan tersebut, kata persuasif pada kutipan teks di atas terdapat pada paragraf pertama kalimat kedua. Dalam kalimat tersebut ditemukan kata harus yang termasuk dalam kata persuasif kategori tersirat. Sementara itu, pilihan B, C, dan D tidak mengandung kata persuasif pada kalimat tersebut.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved