Iklan

Iklan

Pertanyaan

Teks esai berikut untuk soal nomor 18 dan 19.


Puisi-puisi para penyair Indonesia dan Korea seperti Chairil Anwar, Park In Hwan, dan Shim Hun yang ditulis pada masa penjajahan memiliki kecenderungan yang sama, mereka cenderung mempresentasikan akibat penjajahan dan mengobarkan semangat perlawanannya. Situasi global penjajahan yang terjadi di negara seorang penyair dan persamaan pengalaman telah mendorong penciptaan karya. Penciptaan karya-karya tersebut menunjukkan empati, solidaritas, dan persepsi serta pengetahuan sang penyair. Seruan dan ajakan untuk melawan penjajah yang dilakukan penyair Indonesia dan Korea secara substansi memiliki kesamaan. Hal ini tidak terlepas dari rasa nasionalisme yang sama-sama dimiliki oleh penyair. Selain itu, hal ini tidak terlepas dari kesadaran akan pentingnya menyuarakan perlawanan untuk meraih kemerdekaan.

(Disadur dari: Yusri Fajar, Sastra yang Melintasi Batas dan Identitas Sehimpunan Esai Sastra, Yogyakarta, Basabasi, 2017)space 

 

Makna istilah solidaritas dalam teks tersebut adalah ....

Makna istilah solidaritas dalam teks tersebut adalah ....space 

  1. keinginan bersatuspace 

  2. kekuasaan yang sahspace 

  3. perasaan setia kawanspace 

  4. bersifat kukuhspace 

  5. keadaan memperkuatspace 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C. space 

Iklan

Pembahasan

Kritik sastra merupakan pertimbangan baik dan buruknya suatu karya sastra yang dinilai secara objektif. Kritik sastra dapat menilai isi, bentuk, atau peristiwa yang terdapat dalam karya sastra. Karya sastra yang dapat dikritik, seperti puisi, cerpen, novel, atau drama. Teks esai di atas menggunakan kata solidaritas pada kalimat ketiga.Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia , kata solidaritas diartikan sebagai sifat (perasaan) solider; sifat satu rasa (senasib dan sebagainya); perasaan setia kawan. Berdasarkan penjelasan tersebut, makna istilah solidaritas dalam teks tersebut adalah perasaan setia kawan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Kritik sastra merupakan pertimbangan baik dan buruknya suatu karya sastra yang dinilai secara objektif. Kritik sastra dapat menilai isi, bentuk, atau peristiwa yang terdapat dalam karya sastra. Karya sastra yang dapat dikritik, seperti puisi, cerpen, novel, atau drama.

Teks esai di atas menggunakan kata solidaritas pada kalimat ketiga. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata solidaritas diartikan sebagai sifat (perasaan) solider; sifat satu rasa (senasib dan sebagainya); perasaan setia kawan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, makna istilah solidaritas dalam teks tersebut adalah perasaan setia kawan.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. space 

Latihan Bab

Mengenal Kritik Sastra dan Esai

Kebahasaan Kritik Sastra dan Esai

Menganalisis Kritik Sastra dan Esai

Menyusun Kritik Sastra dan Esai

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan berikut! Cerpen ”Air Mata Anakku” ini memberikan gambaran yang sangat positif bagi kita. Kita diharapkan sadar betul bahwa kualitas dunia pendidikan yang ada di negara ini begi...

80

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia