Roboguru

Maklumat pemerintah tanggal 16 Oktober 1945 berisi tentang…

Pertanyaan

Maklumat pemerintah tanggal 16 Oktober 1945 berisi tentang…

  1. Penghapusan jabatan Perdana Menteri

  2. Pengalihan kekuasaan presiden kepada wakil presiden

  3. Perubahan bentuk negara

  4. Perluasan wewenang KNIP

  5. Pemberlakuan sistem presidensil

Pembahasan Soal:

Pada 16 dan 17 Oktober 1945, lembaga pembantu dan penasihat presiden, yaitu Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP), mengadakan sidang pertamanya. Sidang dipimpin oleh Kasman SIngodimejo, sedangkan Soekarno diwakili oleh Moh. Hatta. Pelaksanaan sidang ini dilatarbelakangi adanya petisi yang diajukan Sutan Syahrir,dkk., yang berisi desakan perubahan sistem pemerintahan dari presidensial menjadi parlementer. Menurutnya kekuasaan presiden terlalu besar melalui sistem presidensial yang tampak pada keputusan Presiden Soekarno memdeklarasikan partai tunggal, yaitu Partai Nasional Indonesia. Sutan Syahrir menganggap sistem partai tunggal hanya akan menjadi alat kontrol penguasa. Lebih dari itu, sistem ini juga dianggap mengkhianati nilai-nilai demokrasi.

Sidang ini berjalan sangat gaduh. Meskipun demikian, sebagaimana sudah direncanakan, pokok utama perdebatan adalah menyangkut wewenang KNIP. Dalam suasana gaduh itu, KNIP akhirnya berhasil merekomendasikan perluasan tugas dan wewenang yang tercermin dalam Maklumat Wakil Presiden Nomor X Tertanggal 16 Oktober 1945. Isi maklumat tersebut menyatakan bahwa KNIP, sebelum terbentuknya Majelis Permusyawaratan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat, diserahi kekuasaan legislatif dan ikut menetapkan garis-garis besar haluan negara, serta pekerjaan KNIP sehari-hari berhubung dengan gentingnya keadaan, dijalankan oelh sebuah Badan Pekerja yang dipilih di antara mereka dan bertanggung jawab kepada KNIP. Sejak diterbitkannya Maklumat tersebut, terjadi perubahan mendasar menyangkut kedudukan, tugas, serta wewenang KNIP.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang benar adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penggantian kabinet presidensial menjadi kabinet parlementer pada awal kemerdekaan pada hakikatnya merupakan....

Pembahasan Soal:

Setelah kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, pada 12 September 1945 dibentuklah pemerintah pertama di Indonesia, dengan dibentuknya Kabinet Presidensial, yang dipimpin oleh Presiden Sukarno dan Wakil Presiden Muhammad Hatta. Situasi ini ditentang oleh kalangan Sosialis di KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat), yang dipimpin oleh Sutan Syahrir. Mereka menganggap bahwa sistem ini mengarah ke autokrasi dan diktatorisme oleh Presiden. Akhirnya pada bulan Oktober 1945, kelompok Sosialis ini berhasil menyusun kekuatan dan mendorong dibentuknya Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia (BP-KNIP) untuk merubah sistem pemerintahan menjadi Sistem Parlementer, dengan Perdana Menteri sebagai pemegang kekuasaan kepala pemerintahan, dan menteri dalam kabinet yang ditunjuk oleh parlemen. Hal tersebut merupakan salah satu tindakan yang menyimpang dari UUD 1945.undefined


Berdasarkan keterangan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah E.undefined

0

Roboguru

Maklumat Pemerintah tanggal 5 Oktober 1945 berisikan pembentukan organisasi ketentaraan yang bernama...

Pembahasan Soal:

Setelah Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945, pasukan Sekutu yang diboncengi NICA datang ke Indonesia dan menekan pihak Jepang agar tidak memberikan kekuasaan kepada Indonesia. Kedatangan pasukan Sekutu dan NICA membuat para pemuda Indonesia tergerak untuk mendirikan berbagai laskar kepemudaan, seperti Hizbullah, Angkatan Pemuda Indonesia, Pemuda Indonesia Maluku, dan Pemuda Republik di Aceh. Akan tetapi keadaan semakin buruk dan semakin menyadarkan pemerintah Indonesia bahwa mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara tanpa memilki angkatan perang adalah hal yang sulit. Sehingga, pada 5 Oktober 1945 dibentuklah Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Tujuan pembentukan Badan Keamanan Rakyat adalah ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan hasil sidang PPPKI pada tanggal 22 Agustus 1945, pemerintah membentuk BKR dan diumumkan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 23 Agustus 1945. BKR merupakan badan yang dibentuk untuk memelihara keamanan dan keselamatan rakyat serta merawat korban perang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

1

Roboguru

Maklumat Pemerintah tanggal 5 Oktober 1945 berisikan pembentukan organisasi ketentaraan yang bernama....

Pembahasan Soal:

Tentara Keamanan Rakyat (atau biasa disingkat dengan TKR) adalah sebuah nama angkatan perang pertama yang dibentuk oleh Pemerintah Indonesia, setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. TKR dibentuk pada tanggal 5 Oktober 1945 berdasarkan maklumat yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. TKR dibentuk dari hasil peningkatan fungsi Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang sudah ada sebelumnya dan tentara intinya diambil dari bekas PETA.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

1

Roboguru

Maklumat Wakil Presiden No. X menyatakan bahwa KNIP diserahkan kekuasaan legislatif, maka KNIP memiliki peran sebagai badan legislatif sebelum terbentuknya MPR dan DPR, selain itu KNIP juga membentuk ...

Pembahasan Soal:

Maklumat 3 November 1945 adalah maklumat yang mendorong pembentukan partai-partai politik sebagai bagian dari demokrasi. Maklumat ini dikeluarkan untuk persiapan rencana penyelenggaraan pemilu 1946. Maklumat 3 November 1945 dapat disebut sebagai tonggak awal demokrasi Indonesia. Dengan maklumat ini, pemerintah berharap supaya partai politik dapat terbentuk sebelum penyelenggaraan pemilu anggota badan perwakilan rakyat pada Januari 1946. Maklumat ini juga melegitimasi partai politik yang telah terbentuk sebelumnya sejak zaman Belanda dan Jepang serta terus mendorong lahirnya partai politik baru. Akan tetapi, proses pemantapan demokrasi Indonesia yang baru lahir melalui rencana penyelenggaraan Pemilu 1946 itu tidak bisa diwujudkan. Hal ini disebabkan bangsa Indonesia fokus pada perjuangan mempertahankan kemerdekaan akibat kedatangan pasukan militer Sekutu. Saat itu, pemilu bukan lagi prioritas. Pemerintah RI memberikan pengumuman yang memuat anjuran untuk membentuk partai politik dengan ketentuan bahwa partai tersebut harus turut serta memperhebat perjuangan RI. Maklumat dikeluarkan sebagai tanggapan atas usul Badan Pekerja KNIP kepada pemerintah. Maklumat ini diumumkan di Jakarta oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta. Maklumat 3 November menjadi peraturan utama yang mengatur partai politk di Indonesia selama empat belas tahun sebelum dicabut oleh Penetapan Presiden Nomor 7 Tahun 1959 tentang Syarat-syarat dan Penyederhanaan Kepartaian yang dikeluarkan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 31 Desember 1959.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved