Roboguru

Make sentences in simple past tense or past continuous tense. Then, combine the sentences suing  "when" or while". ____.

Pertanyaan

Make sentences in simple past tense or past continuous tense. Then, combine the sentences suing  "when" or while".


____.

Pembahasan Soal:

Soal meminta untuk membuat kalimat dalam bentuk Simple Past Tense atau Past Continuous Tense, lalu menggabungkan kalimat tersebut menggunakan when atau while.

While digunakan untuk aksi dengan durasi yang panjang atau sedang berlangsung.

When digunakan untuk aksi yang durasinya lebih pendek.

Pola kalimat positif Past Continuous Tense adalah S + was/were + verb(-ing)
Pola kalimat positif Simple Past Tense adalah S + Verb 2

Gambar menunjukan seorang wanita sedang duduk di bangku dan kereta tiba.

Gambar pertama yaitu wanita sedang duduk di bangku menggunakan pola kalimat Past Continuous Tense karena durasi lebih panjang, dan terjeda oleh aksi lain yaitu kereta tiba. Sehingga kalimatnya menjadi She was sitting on a bench.

Gambar kedua yaitu kereta tiba menggunakan pola kalimat Simple Past Tense karena durasinya lebih pendek. Sehinggga kalimatnya menjadi the train came.

Apabila menggunakan kata hubung while kalimatnya akan menjadi She was sitting on a bench when the train came.

Oleh karena itu, jawabannya adalah She was sitting on a bench when the train came.

Note: penulisan kata "suing" pada instruction seharusnya "using"

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Observe the pictures and guess what the people doing when the father came in. You may use the verbs: study, read, play, sweep, sleep, etc. Albert  ____.

Pembahasan Soal:

Instruksi soal ini berarti "Amati gambar tersebut dan tebak apa yang dilakukan orang-orang ketika sang ayah masuk. Kamu dapat menggunakan kata kerja: study, read, play, sweep, sleep, etc. Dalam soal ini rumus yang digunakan adalah S + was/were + Verb ing when S + Verb 2. Jadi digunakan dua tenses yaitu Past Continuous Tense untuk menunjukkan sesuatu sedang berlangsung di masa lampau dan Past Tense yang menunjukkkan kegiatan di masa lampau. Sehingga menjadi, Albert was sleeping when father came in. (Albert sedang tidur ketika ayah masuk.)

Oleh karena itu, jawabannya adalah Albert was sleeping game when father came in.

0

Roboguru

I was reading a detective story ____ I heard a noise.

Pembahasan Soal:

Soal tersebut berisi perintah untuk melengkapi kalimat rumpang yang tertera dengan kata hubung (conjunction) paling tepat diantara opsi A sampai D.

Kalimat I was reading a detective story ____ I heard a noise artinya "aku sedang membaca cerita detektif ____ aku dengar suara". Bagian awal kalimat itu memakai Past Continuous Tense yang ditandai dengan adanya to be 'was' dan V-ing 'reading'. Sementara, bagian kedua menggunakan Simple Past Tense yang ditandai dengan penggunaan kata heard yang merupakan V2.

Kemunculan Past Continuous Tense dan Simple Past Tense dalam satu kalimat menandakan bahwa kegiatan 'membaca cerita detektif' sudah terjadi lebih dulu. Kemudian, saat sedang membaca, kegiatan membaca tersebut dipotong (diganggu) dengan kejadian lain yang dituliskan dalam Simple Past Tense (tiba-tiba 'mendengar suara')

Makna secara utuh kalimat rumpang tersebut adalah "saya sedang membaca cerita detektif saat saya (tiba-tiba) mendengar suara". Kata di opsi jawaban yang memiliki arti "saat" adalah kata when dan while. Namun, keduanya digunakan dengan cara yang berbeda. Berikut perbedaan penggunaan kata hubung (conjunctionwhen dan while pada kalimat:

When digunakan untuk klausa yang kejadiannya memotong kejadian lain.

Penulisan kalimat menggunakan when mengikuti rumus berikut: S + was/were + V-ing + O/C when S + V2 + O/C.

While digunakan untuk klausa yang kejadiannya lebih dulu berlangsung.

Penulisan kalimat menggunakan while mengikuti rumus berikut: S + V2 + O/C while S + was/were + V-ing + O/C.

Pada soal ini, bagian rumpang terletak di depan atau sebelum klausa I heard a noise "aku mendengar suara" yang kejadiannya memotong proses reading a detective story "membaca cerita detektif".yang sudah lebih dulu dilakukan sebelum suara terdengar. Oleh karena itu, kalimat rumpang di soal ini mengikuti rumus penulisan when dalam kalimat, sehingga bagian hilangnya harus dituliskan kata when.

Jadi, jawaban yang benar adalah A. when.

0

Roboguru

Task 15 Complete the sentence with your own sentence. The students were doing an experiment when ____

Pembahasan Soal:

Soal memerintahkan untuk melengkapi kalimat dengan kalimat sendiri.

Kalimat soal adalah "The students were doing an experiment when ____" yang artinya "Para siswa sedang melakukan sebuah eksperimen ketika ____". Contoh kalimat yang sesuai untuk melengkapi kalimat soal adalah "Para siswa sedang melakukan sebuah eksperimen ketika guru datang."

Untuk menerjemahkan kalimat tersebut, mari lihat fungsi dan pola Past Continuous Tense karena kalimat soal ditandai dengan adanya were, verb+ing dan juga when.

Past Continuous Tense yang menggunakan when memiliki fungsi untuk menyatakan kejadian yang sedang berlangsung ketika kejadian lain terjadi dimasa lampau. Berikut pola penggunakan Past Continuous Tense yang menggunakan when:

Past continuous Tense (S+was/were+Ving) + When + Simple Past (S + V2)

Kalimat perlu dilengkapi dengan menggunakan pola setelah 'when'. Sehingga ketika kalimat soal dilengkapi dan diterjemahkan kedalam bahasa Inggris kalimat tersebut menjadi "The students were doing an experiment when the teacher came."

Jadi contoh jawaban benar adalah the teacher came.

0

Roboguru

Work in groups. Look at the pictures and fill in the blanks with past continuous tense or the simple past tense. Use the verbs in the box. 6. At 10 a.m. Laura ____  a speech to her employees at ...

Pembahasan Soal:

Soal ini meminta untuk melengkapi bagian rumpang dengan Simple Past Tense atau Past Continuous Tense. Gunakan kata kerja dalam kotak.

Penggunaan masing-masing rumus:

  • Simple past tense digunakan untuk menunjukkan kegiatan di masa lampau
  • Past continuous tense, digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu aksi sedang berlangsung selama waktu tertentu pada waktu lampau.

Soal ini menggunakan Past Continuous Tense karena kegiatannya sedang  berlangsung pada waktu tertentu yaitu jam 10 pagi. 

Kalimat dalam Bahasa Indonesia adalah "Pada pukul 10 pagi, Laura sedang memberikan pidato kepada karyawannya di kantornya."

Dalam Bahasa Inggris kalimat tersebut menjadi "At 10 a.m.  Laura was giving a speech to her employees at her office." 

Jadi, jawaban yang benar adalah "At 10 a.m.  Laura was giving a speech to her employees at her office."

0

Roboguru

Task 15 Complete the sentence with your own sentence. She was sleeping when ____

Pembahasan Soal:

Soal memerintahkan untuk melengkapi kalimat dengan kalimat sendiri.

Kalimat soal adalah "She was sleeping when ____" yang artinya "Dia sedang tidur ketika ____". Contoh kalimat yang sesuai untuk melengkapi kalimat soal adalah "Dia sedang tidur ketika aku memanggilnya."

Untuk menerjemahkan kalimat tersebut, mari lihat fungsi dan pola Past Continuous Tense karena kalimat soal ditandai dengan adanya was, verb+ing dan juga when.

Past Continuous Tense yang menggunakan when memiliki fungsi untuk menyatakan kejadian yang sedang berlangsung ketika kejadian lain terjadi dimasa lampau. Berikut pola penggunakan Past Continuous Tense yang menggunakan when:

Past continuous Tense (S+was/were+Ving) + When + Simple Past (S + V2)

Kalimat perlu dilengkapi dengan menggunakan pola setelah 'when'. Sehingga ketika kalimat soal dilengkapi dan diterjemahkan kedalam bahasa Inggris kalimat tersebut menjadi "She was sleeping when I called her."

Jadi contoh jawaban benar adalah I called her.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved