Roboguru

Make a complete sentence! I (be/have) lunch when she (come).

Make a complete sentence!


 I (be/have) lunch when she (come).

Jawaban:

Instruksi soal di atas meminta kita membentuk kalimat yang sempurna. 

Adverb "when" (ketika) pada kalimat menunjukkan bahwa terdapat kedua kegiatan yang terjadi bersamaan. Oleh karena itu, kalimat yang perlu dibentuk adalah sebuah Complex Sentence (kalimat majemuk bertingkat) dengan salah satunya adalah Continuous Tense. Complex Sentence di atas tidak dipisahkan oleh koma, sehingga strukturnya adalah Independent Clause + Dependent Clause. Sementara itu, konteks kalimat ini adalah menceritakan kembali kejadian yang sudah berlalu, maka kita dapat menggunakan tenses pada waktu lampau (Past Tense). 

Karena klausa pertama memiliki dua kata kerja (be/have), kita dapat menuliskannya dalam Past Continuous Tense "I was having lunch". Apabila Independent Clause dalam Complex Sentence berbentuk Past Continuous Tense, Dependent Clause lebih tepat ditulis dalam Simple Past Tense sehingga kalimatnya menjadi "when she came".

Dengan demikian, Complex Sentence yang dapat dibentuk dari soal di atas adalah "I was having lunch when she came" yang berarti "Aku sedang makan siang ketika dia datang".

Jadi,  jawaban yang tepat adalah "I was having lunch when she came".

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved