Roboguru

Makam raja-raja Mataram Islam terdapat di.....

Pertanyaan

Makam raja-raja Mataram Islam terdapat di.....

  1. imogiri

  2. Girilaya

  3. Giribangun

  4. Wonogiri

  5. Matesih

Pembahasan Soal:


Makam Imogiri Yogyakarta merupakan makam raja-raja Mataram terletak di perbukitan Imogri Bantul. Makam Raja ini merupakan bukit yang dapat dilalui dengan menaiki anak tangga berjumlah sekitar 409. Makam ini memang diperuntukkan untuk makam raja dan kerabat kerajaan Mataram Islam beserta keturunannya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Makam muslim yang ada di Kerajaan Majapahit terdapat di....

Pembahasan Soal:

Di kompleks Makam Troloyo Desa Sentonorejo ditemukan beberapa batu nisan bercorak Islam. Kebanyakan batu nisan tersebut berangka tahun 1350 dan 1478. Temuan ini membuktikan bahwa komunitas muslim bukan hanya telah hadir di Jawa pada pertengahan abad ke-14, tetapi juga sebagai bukti bahwa agama Islam telah diakui dan dianut oleh sebagian kecil penduduk ibu kota Majapahit. Penduduk setempat percaya bahwa di makam Troloyo terdapat makam Raden Wijaya. Setiap hari Jumat Legi diadakan ziarah di makam ini.

Keberadaan makam Islam di tengah-tengah situs warisan kebudayaan Majapahit yang bercorak Hindu-Budha menunjukkan keunikan tersendiri. Makam Islam yang diperuntukkan bagi trah Majapahit ini berada di Trowulan, daerah yang menurut tinjauan sejarah merupakan pusat Kerajaan Majapahit di masa silam.Dihimpun dari berbagai sumber, pada zamannya,  kompleks pemakaman di Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto ini merupakan pemakaman paling luas di Pulau Jawa.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Contoh seni bangunan (arsitektur) dalam Islam adalah berupa bentuk bangunan …

Pembahasan Soal:

Agama Islam mulai masuk dan berkembang di Nusantara sekitar abad ke-12 dan 13 Masehi. Masuknya agama Islam membawa berbagai pengaruh, salah satunya adalah di bidang arsitektur atau bentuk bangunan, yaitu masjid. Masjid adalah tempat ibadah bagi umat Islam. Masjid-masjid kuno di Indonesia memiliki beberapa ciri-ciri tersendiri, yaitu:

  1. atap berupa tumpang atau bersusun dengan semakin ke atas semakin kecil,
  2. tidak memiliki menara untuk tempat mengumandangkan adzan, namun menggunakan beduk atau kentongan sebagai penanda datangnya waktu shalat,
  3. biasanya memiliki kolam yang terletak di bagian depan atau sekitar bangunan masjid yang digunakan untuk berwudhu.

Selain masjid, makam juga merupakan seni bangunan lainnya yang mendapat pengaruh dari kebudayaan Islam. Makam-makam Islam biasanya berlokasi di dekat masjid, pusat kota atau kesultanan. Terdapat pula makam-makam yang ditempatkan di tempat-tempat keramat atau bukit. Bangunan makam biasanya terbuat dari batu dengan dilengkapi cungkup di bagian atasnya dan pada bagian nisannya ditemukan berbagai seni kaligrafi yang indah dan halus.

Jadi, contoh seni bangunan atau arsitektur dalam Islam adalah bentuk bangunan masjid dan makam. space

0

Roboguru

Pengaruh Islam juga terdapat dalam seni bangunan makam. Pada makam Islam kuno terdapat bangunan kijing atau jirat. Yang dimaksud dengan kijing tersebut adalah…

Pembahasan Soal:

Akulturasi kebudayaan Indonesia dan Islam itu juga mencakup unsur kebudayaan Hindu-Budha. Perpaduan kebudayaan Indonesia dan Islam, antara lain dapat dilihat dalam seni bangunan, misalnya bangunan makam. Pada makam Islam kuno terdapat bangunan kijing atau jirat (bangunan makam yang terbuat dari tembok batu bata) yang kadang-kadang disertai bangunan rumah (cungkup) di atasnya. Tetapi sebenarnya dalam ajaran Islam tidak ada aturan tentang adanya kijing atau cungkup. Islam hanya mempersyaratkan tata letak hadap sebuah makam, yakni kepala menghadap ke bagian utara sedangkan kaki di bagian selatannya. Sementara itu, makam dapat ditempatkan dimana saja di atas bukit, dataran rendah, ataupun di area khusus seperti komplek lingkungan istana.

0

Roboguru

Makam-makam peninggalan kebudayaan Islam terpengaruhi oleh kebudayaan Hindu terutama pada keberadaan gapura tidak beratap dan tidak berpintu yang disebut ...

Pembahasan Soal:

Sebelum kedatangan Islam, masyarakat di Nusantara telah memiliki corak kebudayaan yang dipengaruhi oleh agama Hindu Buddha. Dengan masuknya Islam dan terjadi akulturasi (pembauran dua kebudayaan), maka tidak serta merta membuat hilangnya corak kebudayaan Hindu Buddha.
Adapun wujud akulturasi antara Hindu Buddha dan Islam, dapat dilihat misalnya dalam seni arsitektur makam. Percampuran dalam seni arsitektur makam antara Hindu Buddha dengan Islam, terlihat dari makam Sunan Sendang Duwur di Lamongan: 

  1. makam dibangun di atas bukit,
  2. nisanya terbuat dari batu,
  3. adanya perlengkapan bangunan seperti cungkup atau kubba yang merupakan rumah tersendiri di atas makam,
  4. adanya tembok atau gapura yang tidak beratap dan tidak berpintu, sehingga keduanya terpisah dan terhubung hanya di bagian bawah oleh anak tangga, biasanya dalam tradisi Hindu Buddha disebut sebaga Candi Bentar.

Jadi, opsi jawaban benar adalah B.

0

Roboguru

Apa saja pengaruhnya bagi Indonesia setelah masuknya agama Islam ke Indonesia?

Pembahasan Soal:

Berikut dibawah ini pengaruh masuknya kebudayaan Islam di Indonesia ke berbagai bidang kehidupan antaralain:

  1. Bidang Sosial, Setelah masuknya agama dan kebudayaan Islam, lambat laun sistem kasta mulai hilang. Hal ini disebabkan dalam ajaran Islam semua manusia memiliki kedudukan yang sama di hadapan Tuhannya. Meskipun dalam struktur pemerintahan kerajaan-kerajaan Islam masih terdapat sistem penggolongan status, antara lain golongan raja dan bangsawan, golongan elit, dan golongan nonelit, serta golongan budak.
  2. Bidang Pemerintahan/Politik, pada zaman Hindu pusat kekuasaan adalah raja sehingga raja dianggap sebagai titisan dewa. Oleh karena itu, muncul kultus “dewa raja”. Apa yang dikatakan raja adalah benar. Demikian juga pada zaman Islam, pola tersebut masih berlaku hanya dengan corak baru. Raja tetap sebagai penguasa tunggal karena dianggap sebagai khalifah, segala perintahnya harus diturut, namun tidak menganggap dirinya sebagai tuhan/dewa atau penjelmaannya
  3. Bidang Pendidikan, Perkembangan pendidikan pada masa Islam berjalan cukup pesat dibandingkan dengan masa Hindu. Hal itu disebabkan untuk penyebaran Islam salah satunya digunakan saluran pendidikan. Pada masa Islam, pengembangan pendidikan dilakukan dengan mendirikan pesantren. Murid pesantren disebut santri. Di pesantren para santri mendalami agama Islam dan beberapa pengetahuan tambahan untuk bekal hidup. Setelah menamatkan pelajaran para santri kembali ke tempat asal. Di tempat asal mereka diwajibkan untuk mengembangkan Islam
  4. Bidang Seni, masuknya agama dan budaya Islam di Indonesia sangat berpengaruh terhadap perkembangan seni aksara, seni sastra, seni bangunan, tari dan musik di Nusantara undefined

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah Indonesia telah dipengaruhi oleh Islam melalui 4 bidang antara lain sosial, pendidikan, pemerintahan dan seni. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved