Iklan

Iklan

Pertanyaan

Longsor sering terjadi di wilayah Jawa. Salah satu faktor penyebabnya adalah ...

Longsor sering terjadi di wilayah Jawa. Salah satu faktor penyebabnya adalah ...space 

Iklan

N. Sopiah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi bencana longsor adalah: Hujan Hujan lebat pada permulaan musim bisa memunculkan longsor, sebab lewat tanah yang merekah air akan masuk dan terakumulasi di komponen dasar lereng, sehingga memunculkan gerakan lateral. Apabila ada pohon-pohon di permukaannya, tanah longsor bisa dicegah sebab air akan diresapi oleh tumbuhan. Akar tumbuhan juga akan berfungsi mengikat tanah. Lereng Terjal Lereng atau tebing yang curam akan memperbesar gaya penunjang. Lereng yang curam terwujud sebab erosi air sungai, mata air, air laut, dan angin. Kebanyakan sudut lereng yang menyebabkan longsor yaitu 180 seandainya ujung lerengnya curam dan bidang longsorannya mendatar. Tanah yang kurang padat dan tebal Tipe tanah yang kurang padat ialah tanah lempung atau tanah liat dengan ketebalan lebih dari 2,5 m dan sudut lereng lebih dari 220. Tanah tipe ini mempunyai potensi untuk terjadinya tanah longsor terlebih jika terjadi hujan. Kecuali itu tanah ini benar-benar rentan kepada pergerakan tanah sebab menjadi lembek terkena air dan pecah dikala hawa terlalu panas. Batuan yang kurang kuat Batuan endapan gunung api dan batuan sedimen berukuran pasir dan campuran antara kerikil, pasir, dan lempung biasanya kurang kuat. Batuan hal itu akan gampang menjadi tanah jika mengalami prosesi pelapukan dan biasanya} rentan kepada tanah longsor jika terdapat pada lereng yang curam.

Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi bencana longsor adalah:

  • Hujan
    Hujan lebat pada permulaan musim bisa memunculkan longsor, sebab lewat tanah yang merekah air akan masuk dan terakumulasi di komponen dasar lereng, sehingga memunculkan gerakan lateral. Apabila ada pohon-pohon di permukaannya, tanah longsor bisa dicegah sebab air akan diresapi oleh tumbuhan. Akar tumbuhan juga akan berfungsi mengikat tanah.
  • Lereng Terjal
    Lereng atau tebing yang curam akan memperbesar gaya penunjang. Lereng yang curam terwujud sebab erosi air sungai, mata air, air laut, dan angin. Kebanyakan sudut lereng yang menyebabkan longsor yaitu 180 seandainya ujung lerengnya curam dan bidang longsorannya mendatar.
  • Tanah yang kurang padat dan tebal
    Tipe tanah yang kurang padat ialah tanah lempung atau tanah liat dengan ketebalan lebih dari 2,5 m dan sudut lereng lebih dari 220. Tanah tipe ini mempunyai potensi untuk terjadinya tanah longsor terlebih jika terjadi hujan. Kecuali itu tanah ini benar-benar rentan kepada pergerakan tanah sebab menjadi lembek terkena air dan pecah dikala hawa terlalu panas.
  • Batuan yang kurang kuat
    Batuan endapan gunung api dan batuan sedimen berukuran pasir dan campuran antara kerikil, pasir, dan lempung biasanya kurang kuat. Batuan hal itu akan gampang menjadi tanah jika mengalami prosesi pelapukan dan biasanya} rentan kepada tanah longsor jika terdapat pada lereng yang curam.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

16

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Penebangan pohon untuk industri dan perumahan mengakibatkan banyak hutan gundul. Kondisi tersebut dapat memicu terjadinya bencana longsor dan banjir. Upaya pengendalian bencana tersebut dapat dilakuka...

28

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia