Iklan

Iklan

Pertanyaan

Lokasi yang menjadi tempat menyusun naskah proklamasi adalah rumah .... Tokoh yang berperan dalam penyusunan naskah proklamasi adalah ....

Lokasi yang menjadi tempat menyusun naskah proklamasi adalah rumah .... Tokoh yang berperan dalam penyusunan naskah proklamasi adalah .... 

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

lokasi yang menjadi tempat menyusun naskah proklamasi adalah rumah Laksamana Maeda.Sedangkan tokoh yang berperan dalam penyusunan naskah proklamasi adalah Sukarno, Moh. Hatta, Ahmad Subardjo, dan Sukarni.

lokasi yang menjadi tempat menyusun naskah proklamasi adalah rumah Laksamana Maeda. Sedangkan tokoh yang berperan dalam penyusunan naskah proklamasi adalah Sukarno, Moh. Hatta, Ahmad Subardjo, dan Sukarni.

Iklan

Pembahasan

Pasca Peristiwa Rengasdengklok, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 dini hari, Sukarno, Moh. Hatta, Ahmad Subardjo, dan Sukarni menyusun teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Penyusunan teks proklamasi tersebut dilakukan di kediaman Laksamana Maeda di Jalan Imam Bonjol No. 1. Dalam penyusunan teks proklamasi, Sukarno memiliki peran memberikan nama "Proklamasi" itu sendiri. Ahmad Subardjo memberikan sumbangsih kalimat "Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia". Moh. Hatta menambahkan kalimat "Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya". Kemudian Sukarni mengusulkan agar teks proklamasi ditandatangani oleh Sukarno dan Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Dengan demikian, lokasi yang menjadi tempat menyusun naskah proklamasi adalah rumah Laksamana Maeda.Sedangkan tokoh yang berperan dalam penyusunan naskah proklamasi adalah Sukarno, Moh. Hatta, Ahmad Subardjo, dan Sukarni.

Pasca Peristiwa Rengasdengklok, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 dini hari, Sukarno, Moh. Hatta, Ahmad Subardjo, dan Sukarni menyusun teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Penyusunan teks proklamasi tersebut dilakukan di kediaman Laksamana Maeda di Jalan Imam Bonjol No. 1.

Dalam penyusunan teks proklamasi, Sukarno memiliki peran memberikan nama "Proklamasi" itu sendiri. Ahmad Subardjo memberikan sumbangsih kalimat "Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia". Moh. Hatta menambahkan kalimat "Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya". Kemudian Sukarni mengusulkan agar teks proklamasi ditandatangani oleh Sukarno dan Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia.

Dengan demikian, lokasi yang menjadi tempat menyusun naskah proklamasi adalah rumah Laksamana Maeda. Sedangkan tokoh yang berperan dalam penyusunan naskah proklamasi adalah Sukarno, Moh. Hatta, Ahmad Subardjo, dan Sukarni.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

39

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada tanggal 16 Agustus, sekelompok pemuda membawa Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta ke Rengasdengklok, bertujuan untuk …

20

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia