Iklan

Iklan

Pertanyaan

Logam tembaga sebanyak 4 gram dapat bereaksi dengan 2 gram belerang membentuk tembaga sulfida. Berapa massa tembaga sulfida dapat terbentuk jika direaksikan 10 gram tembaga dengan 10 gram belerang?

Logam tembaga sebanyak 4 gram dapat bereaksi dengan 2 gram belerang membentuk tembaga sulfida. Berapa massa tembaga sulfida dapat terbentuk jika direaksikan 10 gram tembaga dengan 10 gram belerang?space 

Iklan

N. Shafira

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

massa tembaga sulfida yang terbentuk adalah sebesar 15 gram.

massa tembaga sulfida yang terbentuk adalah sebesar 15 gram.

Iklan

Pembahasan

Massa tembaga sulfida yang terbentuk adalah 15gram. Hukum perbandingan tetap (hukum Proust) menyatakan bahwa perbandingan massa unsur-unsur penyusun senyawa adalah tetap. Perbandingan massa tembaga danbelerang dapat diperoleh dari informasi yang tersedia pada soal. m S m Cu ​ = 2 gram 4 gram ​ m S m Cu ​ = 1 2 ​ Pertama-tama, perlu diketahui berapa banyak Cu dan S yang bereaksi. Jika Cu yang bereaksi adalah 10 gram (asumsi 1), maka massa S yang bereaksi dapat diperoleh melalui perhitungan berikut. m S m Cu ​ m S m S m S ​ = = = = ​ 1 2 ​ 2 1 ​ × m Cu 2 1 ​ × 10 gram 5 gram ​ Hal ini mungkin terjadi, karena S yang tersedia adalah sebanyak 10 gram. Jika Syang bereaksi adalah 10gram (asumsi 2), maka massa Cuyang bereaksi dapat diperoleh melalui perhitungan berikut. m S m Cu ​ m Cu m Cu m Cu ​ = = = = ​ 1 2 ​ 2 × m S 2 × 10 gram 20 gram ​ Hal ini tidak mungkin terjadi, karena Cu yang tersedia hanyalah 10 gram. Selanjutnya, menggunakan asumsi 1, massa CuS (tembaga sulfida) yang terbentuk dapat diperoleh dengan menjumlahkan massa Cu dan massa S yang bereaksi. m CuS = m Cu + m S m CuS = 10 gram + 5 gram m CuS = 15 gram Jadi, massa tembaga sulfida yang terbentuk adalah sebesar 15 gram.

Massa tembaga sulfida yang terbentuk adalah 15 gram.space 

Hukum perbandingan tetap (hukum Proust) menyatakan bahwa perbandingan massa unsur-unsur penyusun senyawa adalah tetap. Perbandingan massa tembaga dan belerang dapat diperoleh dari informasi yang tersedia pada soal.



Pertama-tama, perlu diketahui berapa banyak Cu dan S yang bereaksi. Jika Cu yang bereaksi adalah 10 gram (asumsi 1), maka massa S yang bereaksi dapat diperoleh melalui perhitungan berikut.



Hal ini mungkin terjadi, karena S yang tersedia adalah sebanyak 10 gram.

Jika S yang bereaksi adalah 10 gram (asumsi 2), maka massa Cu yang bereaksi dapat diperoleh melalui perhitungan berikut.



Hal ini tidak mungkin terjadi, karena Cu yang tersedia hanyalah 10 gram.

Selanjutnya, menggunakan asumsi 1, massa CuS (tembaga sulfida) yang terbentuk dapat diperoleh dengan menjumlahkan massa Cu dan massa S yang bereaksi.



Jadi, massa tembaga sulfida yang terbentuk adalah sebesar 15 gram.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

95

Zidni Aghniya Ilman

Pembahasan tidak lengkap Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jika perbandingan massa hidrogen dan oksigen dalam air adalah 1:8, maka untuk menghasilkan 45 gram air dibutuhkan ....

238

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia