Iklan

Iklan

Pertanyaan

Logam natrium jika direaksikan dengan gas oksigen akan dihasilkan natrium oksida. Data beberapa percobaannya adalah sebagai berikut. Tentukan perbandingan massa natrium dengan massa oksigen pembentuk senyawa pada setiap percobaan. Apakah data tersebut sesuai dengan hukum perbandingan tetap? Jelaskan! Tulis reaksi pada percobaan tersebut!

Logam natrium jika direaksikan dengan gas oksigen akan dihasilkan natrium oksida. Data beberapa percobaannya adalah sebagai berikut.

  1. Tentukan perbandingan massa natrium dengan massa oksigen pembentuk senyawa pada setiap percobaan.
  2. Apakah data tersebut sesuai dengan hukum perbandingan tetap? Jelaskan!
  3. Tulis reaksi pada percobaan tersebut!space

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Perbandingan massa Na dengan O pada ketiga sampeladalah 3 : 1, sesuai dengan hukum perbandingan tetap, dan persamaan reaksi yang terjadi adalah 4 Na + O 2 ​ → 2 Na 2 ​ O . Berdasarkan data pada tabel, massa senyawa pada setiap sampel menunjukkan jumlah massa Natrium dan massa Oksigen (tidak bersisa), artinya pada ketiga sampel semua pereaksi habis bereaksi (sesuai hukum kekekalan massa). a.Perbandingan massa natrium : oksigen adalah sebagai berikut. b.Hukum perbandingan tetap yang dikemukakan oleh Proust menyatakan bahwa perbandingan massa unsur-unsur yang menyusun senyawa selalu tetap. Berdasarkan data pada poin a, tampak bahwa perbandingan massa Na : O pada ketiga sampel setelah disederhanakan ternyata tetap, yaitu 3 : 1 (data tersebut sesuai dengan hukum perbandingan tetap). c.Reaksi pada percobaan tersebut adalah antara logam natrium dengan gas oksigen yang menghasilkan natrium oksida. Persamaan reaksinya adalah sebagai berikut: 2 Na + 2 1 ​ O 2 ​ → Na 2 ​ O menjadi 4 Na + O 2 ​ → 2 Na 2 ​ O ​

Perbandingan massa Na dengan O pada ketiga sampel adalah 3 : 1, sesuai dengan hukum perbandingan tetap, dan persamaan reaksi yang terjadi adalah .

Berdasarkan data pada tabel, massa senyawa pada setiap sampel menunjukkan jumlah massa Natrium dan massa Oksigen (tidak bersisa), artinya pada ketiga sampel semua pereaksi habis bereaksi (sesuai hukum kekekalan massa).

a. Perbandingan massa natrium : oksigen adalah sebagai berikut.

b. Hukum perbandingan tetap yang dikemukakan oleh Proust menyatakan bahwa perbandingan massa unsur-unsur yang menyusun senyawa selalu tetap. Berdasarkan data pada poin a, tampak bahwa perbandingan massa Na : O pada ketiga sampel setelah disederhanakan ternyata tetap, yaitu 3 : 1 (data tersebut sesuai dengan hukum perbandingan tetap).

c. Reaksi pada percobaan tersebut adalah antara logam natrium dengan gas oksigen yang menghasilkan natrium oksida. Persamaan reaksinya adalah sebagai berikut:

Latihan Bab

Hukum Kekekalan Massa

Hukum Perbandingan Massa

Hukum Perbandingan Volume

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

221

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Diketahui data percobaan pembentukan senyawa pirit sebagai berikut. Perbandingan Fe : S adalah . . . .

868

4.8

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia