Roboguru

Logam aluminium banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena sifatnya yang ringan dan antikarat. Bagaimana kelimpahan unsur aluminium di alam?

Pertanyaan

Logam aluminium banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena sifatnya yang ringan dan antikarat. Bagaimana kelimpahan unsur aluminium di alam?space 

Pembahasan Soal:

Kelimpahan unsur-unsur golongan III A di alam beraneka ragam. Unsur aluminium tidak ditemukan dalam keadaan bebas di alam melainkan dalam bentuk senyawanya yang disebut dengan mineral. Beberapa sumber mineral aluminium adalah bauksit (Al subscript 2 O subscript 3 point 3 H subscript 2 O), batu manikam (Al subscript 2 O subscript 3), tanah liat (Al subscript 2 open parentheses Si O subscript 3 close parentheses subscript 3, kriolit (Na F point Al F subscript 3), ortoklas (K Al Si subscript 3 O subscript 8). dan korumdum (Al subscript 2 O subscript 3).

Jadi, unsur aluminium di alam ditemukan dalam bentuk senyawanya atau mineralnya.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Rohmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Logam yang paling melimpah di bumi adalah ...

Pembahasan Soal:

Berikut diberikan tabel persentase kelimpahan unsur di kulit bumi.

  

Untuk unsur logam, kelimpahan terbanyak di bumi secara berurutan dari yang terbesar adalah aluminium, besi, kalsium, natrium, kalium, magnesium.

Kelimpahan aluminium sebesar 7,6%, besi sebesar 4,7%, kalsium 3,4%, dan unsur logam lainnya yang kelimpahannya di bawah 3%.


Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space space

0

Roboguru

Tuliskan keberadaan silikon di alam!

Pembahasan Soal:

Silikon merupakan unsur terbanyak kedua setelah oksigen yang terdapat di kerak bumi. Silikon tersebar di kerak bumi sebagai mineral silikat dan silikon dioksida atau kuarsa open parentheses Si O subscript 2 close parentheses.

Jadi, silikon ditemukan di kerak bumi sebagai mineral silikat dan silikon dioksida atau kuarsa open parentheses Si O subscript 2 close parentheses.space 

0

Roboguru

Berikut ini beberapa nama pengolahan unsur: (1) Wohler; (2) Deacon; (3) Frasch; (4) Hall-Heroult; dan (5) Down. Nama proses pengolahan unsur aluminium adalah nomor..

Pembahasan Soal:

Proses pemurnian logam alumunium dapat dilakukan dengan Hall – Heroult, dimana bauksit A l subscript 2 O subscript 3 space end subscript di berikan matriks kemudian di aliri listrik tegangan tinggi atau dikenal dengan tekhnik busur bredik. Nah dengan proses ini, alumunium akan terendapkan di katoda.

0

Roboguru

Jika digunakan arus listrik yang sama, manakah yang menghasilkan logam lebih banyak, perak atau aluminium? (Ar AI = 27 dan Ag = 108)

Pembahasan Soal:

Jika digunakan arus yang sama, massa logam yang dihasilkan pada proses elektrolisis akan sebanding dengan massa ekivalennya. 
 

begin mathsize 14px style Al yields Al to the power of 3 plus sign and 3 italic e Ag yields Ag to the power of plus sign and italic e end style
 

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell fraction numerator Massa space Al over denominator Massa space Ag end fraction end cell equals cell fraction numerator begin display style fraction numerator italic A italic r space italic A italic l over denominator italic e end fraction end style over denominator begin display style fraction numerator italic A italic r space italic A italic g over denominator italic e end fraction end style end fraction end cell row cell fraction numerator Massa space Al over denominator Massa space Ag end fraction end cell equals cell fraction numerator begin display style italic 27 over italic 3 end style over denominator begin display style italic 108 over italic 1 end style end fraction end cell row cell fraction numerator Massa space Al over denominator Massa space Ag end fraction end cell equals cell fraction numerator begin display style 9 end style over denominator begin display style italic 108 end style end fraction end cell row cell fraction numerator Massa space Al over denominator Massa space Ag end fraction end cell equals cell fraction numerator begin display style italic 1 end style over denominator begin display style italic 12 end style end fraction end cell row blank blank blank end table end style
 

Perbandingan massa Al : Ag = 1 : 12. Maka dengan arus listrik yang sama, logam yang lebih banyak dihasilkan adalah perak. 

0

Roboguru

Unsur A dan B adalah merupakan unsur periode ketiga. Unsur A mempunyai salah satu oksida dengan rumus A2​O3​ dan juga hidroksidanya bersifat amfoter, sedangkan unsur B memiliki jari-jari atom paling b...

Pembahasan Soal:

Unsur periode ketiga: Na Mg Al Si P S Cl Ar.

Aluminium (Al) terletak di golongan IIIA sehingga memiliki bilangan oksidasi +3. Jika bereaksi dengan oksigen, akan membentuk oksida A subscript 2 O subscript 3. Dalam bentuk hidroksidanya, yaitu Al open parentheses O H close parentheses subscript 3, senyawa ini akan bersifat amfoter. Amfoter adalah spesi zat yang dapat bertindak sebagai basa dan juga asam.

Unsur periode ketiga mempunyai jumlah kulit yang sama, yaitu 3. Dalam satu periode, makin ke kanan jumlah elektron valensi makin banyak. Akibatnya, tarikan inti atom dengan elektron terluar makin kuat sehingga jari-jari atom makin kecil. Unsur dengan jari-jari atom terbesar adalah natrium (Na) dan yang terkecil adalah argon (Ar).

Dengan demikian, unsur A dan B tersebut adalah Al dan Na.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved