Iklan

Iklan

Pertanyaan

lnteraksi antardua pasang gen yang mengendalikan karakter bentuk pial ayam, dilambangkan dengan RrPp untuk ayam berpial walnut, Rrpp untuk ayam berpial mawar, rrPp untuk ayam berpial ercis, dan rrpp untuk ayam berpial tunggal. Persilangan antara ayam berpial walnut dan ayam berpial ercis menghasilkan keturunan walnut dan mawar dengan rasio 3 : 1. Berdasarkan hasil persilangan tersebut, genotipe induknya adalah... .

lnteraksi antardua pasang gen yang mengendalikan karakter bentuk pial ayam, dilambangkan dengan RrPp untuk ayam berpial walnut, Rrpp untuk ayam berpial mawar, rrPp untuk ayam berpial ercis, dan rrpp untuk ayam berpial tunggal. Persilangan antara ayam berpial walnut dan ayam berpial ercis menghasilkan keturunan walnut dan mawar dengan rasio 3 : 1. Berdasarkan hasil persilangan tersebut, genotipe induknya adalah... .space

  1. RRPP x rrPPspace

  2. RRPp x rrPpspace

  3. RrPP x rrPPspace

  4. RrPP x rrPpspace

  5. RrPp x rrPpspace

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.space

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Persilangan pial/jengger ayam merupakan salah satu bentuk penyimpangan semu Hukum Mendel, yaitu atavisme. Atavisme (Interaksi alel) merupakan suatu peristiwa di mana muncul suatu karakter akibat interaksi antar gen dominan maupun antar gen resesif. Persilangan tersebut memiliki nisbah yang sama dengan Hukum Mendel, namun memiliki perbedaan dari segi sifatnya. Jenis pial/jengger ayam R_pp : pial mawar/ros R_P_ : pial walnut rrP_ : pial pea/ercis rrpp : pial single/tunggal Ayam berpial walnut disilangkan denganayam berpial ercis. Dalam persilangan tersebut dihasilkan keturunan walnut dan mawar dengan rasio 3 : 1. Untuk mendapatkan hasil persilangan tersebut, maka genotipe indukyang tepat adalah RRPp xrrPp. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Persilangan pial/jengger ayam merupakan salah satu bentuk penyimpangan semu Hukum Mendel, yaitu atavisme. Atavisme (Interaksi alel) merupakan suatu peristiwa di mana muncul suatu karakter akibat interaksi antar gen dominan maupun antar gen resesif. Persilangan tersebut memiliki nisbah yang sama dengan Hukum Mendel, namun memiliki perbedaan dari segi sifatnya.

Jenis pial/jengger ayam

R_pp : pial mawar/ros 
R_P_ : pial walnut 
rrP_   : pial pea/ercis
rrpp    : pial single/tunggal

Ayam berpial walnut disilangkan dengan ayam berpial ercis. Dalam persilangan tersebut dihasilkan keturunan walnut dan mawar dengan rasio 3 : 1. Untuk mendapatkan hasil persilangan tersebut, maka genotipe induk yang tepat adalah RRPp x rrPp. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space

Latihan Bab

Sejarah Hukum Mendel

Hukum Mendel I

Hukum Mendel II

Testcross, Backcross, Resiprok

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Seorang petemak ayam melakukan persilangan antara ayam berpial walnut (RRPP) dengan ayam berpial pea (rrPP). Hasil keturunan dari persilangan tersebut disilangkan dengan ayam berpial rose (Rrpp). Perb...

8rb+

4.8

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia