Roboguru

Lima partai pemenang dalam Pemilu 1999 adalah berikut ini, kecuali ...

Pertanyaan

Lima partai pemenang dalam Pemilu 1999 adalah berikut ini, kecuali ... space

  1. Golkar space

  2. PDI Perjuangan space

  3. Partai Persatuan Pembangunan space

  4. Partai Amanat Nasional space

  5. Partai Bulan Bintang space

Pembahasan Soal:

Pemilu 1999 merupakan Pemilu pertama yang diselenggarakan pada masa Orde Baru. Pemilu ini bertujuan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) periode 1999-2004. Pemilu 1999 diikuti oleh 48 partai politik dan dimenangkan oleh lima partai, yaitu:

  1. Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan,
  2. Partai Golongan Karya (Golkar),
  3. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB),
  4. Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan
  5. Partai Bulan Bintang (PBB).

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan pernyataan berikut!   Pemerintah membuka kesempatan kepada berbagai lembaga independen untuk memantau jalannya pemilu. Merupakan wujud nyata demokrasi pada masa Presiden B.J. Habibie. ...

Pembahasan Soal:

Pemilu 1999 merupakan pemilu pertama di era reformasi, setelah era Orde Baru berakhir. Pemilu tersebut dilaksanakan untuk memilih anggota legislatif (DPR DAN DPD). Pemilu tahun 1999 juga merupakan wujud nyata demokrasi pada masa Presiden B.J. Habibie. Hal ini terbukti dengan adanya 141 partai politik yang langsung mendaftarkan diri ke Kementerian Hukum dan HAM. Namun, hanya 48 yang lolos dan bisa ikut Pemilu. Dari 48 partai yang berkontestasi, hanya 21 partai yang mendapatkan kursi di DPR.  Selain itu, juga terdapat lembaga independen dari negara asing, seperti Jerman, Inggris, Perancis, Italia, dan Belanda yang tergabung dalam lembaga Observation Unit European Union hadir dalam Pemilu 1999.  Pemilu tersebut dimenangkan oleh PDI-P yang meraih 35.689.073 suara atau 33,74 persen dengan perolehan 153 kursi, disusul Golkar, PKB, PPP, dan PAN.  
Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

 

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan nama partai yang meraih suara tertinggi pada pemilu 1999!

Pembahasan Soal:

Pemilihan Umum Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah 1999 diselenggarakan secara serentak pada tanggal 7 Juni 1999 untuk memilih 462 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota) se-Indonesia periode 1999-2004.

Pemilu 1999 dimenangkan parpol baru: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Partai ini merupakan pecahan dari Partai Demokrasi Indonesia pimpinan Soerjadi. Sebagai imbas dari Konflik 27 Juli 1999, mereka berhasil menarik simpati masyarakat dengan mendominasi perolehan suara di 11 provinsi pada 7 Juni 1999. Perolehan suara terbesar PDIP diperoleh di Bali sebesar 79 persen dan angka yang terkecil di Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 6,6 persen. Meski hanya 11 provinsi, PDIP menguasai 33,7 persen suara secara nasional.

Dengan demikian partai yang meraih suara tertinggi pada pemilu 1999 dalah PDIP.

Roboguru

Pelaksanaan demokrasi pada masa Reformasi diawali dengan penyerahan kekuasaan dari Presiden Suharto kepada BJ Habibie. Pada masa Reformasi, diberlakukan perbaikan dan penyempurnaan peraturan-peraturan...

Pembahasan Soal:

Masa Reformasi dimulai sejak BJ Habibie menjadi Presiden ketiga RI. Beliau diangkat menjadi Presiden pada tahun 1998 menggantikan Presiden Suharto yang lengser setelah terjadi gelombang aksi demonstrasi mahasiswa dan krisis ekonomi. Sejak tahun itulah hingga sekarang masa Reformasi masih bergulir. Pada masa ini, diberlakukan perbaikan dan penyempurnaan peraturan-peraturan yang dinilai tidak demokratis sebagai dampak banyaknya masalah politik yang ada di masa Orde Baru. Salah satu dampak positif dari penyempurnaan peraturan ini adalah keberhasilan untuk menyelenggarakan pemilihan umum (Pemilu).

Penyelenggaraan Pemilu yang bebas dan demokratis diawali dengan Presiden B.J. Habibie yang menerbitkan Undang-Undang Nomor 2 tahun 1999 tentang Partai Politik. Undang-undang ini memberikan kebebasan bagi warga Negara Indonesia mendirikan Partai, setelah sebelumnya di zaman Orde Baru hanya ada 3 partai yang diakui yaitu PPP, Golkar dan PDI. Setelah terbitnya undang-undang ini kemudian lahir 48 partai baru yang kemudian menjadi peserta Pemilu Legislatif tahun 1999. B.J. Habibie juga menerbitkan Undang-Undang Nomor 3 tahun 1999 tentang Pemilu. Undang-undang ini menjadi dasar diselenggarakannya Pemilu legislatif tahun 1999 yang dianggap sebagai pemilu legislatif ter-bebas dan ter-demokratis setelah Pemilu 1955. 

Setelah Pemilu 1999 berlangsung, maka diadakanlah Pemilu selanjutnya secara berkala. Untuk pertama kalinya, masyarakat dapat memilih Presiden dan wakilnya secara langsung melalui Pemilu 2004 dan memenangkan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla. Pemilu selanjutnya pun dilakukan di tahun 2009 dan kembali memenangkan Susilo Bambang Yudhoyhono sebagai Presiden dengan wakilnya Boediono. Lima tahun berselang, Pemilu kembali diadakan, yaitu pada tahun 2014 dan berhasil melantik pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan wakilnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Mengapa pemilu 1999 dapat dikatakan berhasil?

Pembahasan Soal:

Pelaksanaan pemilu 1999 diikuti oleh 48 partai politik. Pemilu 1999 dapat diikuti oleh banyak partai politik karena hasil dari gerakan reformasi 1998 yang menuntut adanya demokratisasi di segala bidang. Banyak pengamat yang mengatakan pemilu 1999 merupakan pemilu paling demokratis dibanding 6 pemilu sebelumnya. Selain itu pelaksanaa pemillu 1999 juga berlangsung secara lancar tanpa adanya kekacauan meski diikuti oleh banyak partai politik.  Dalam pemilu 1999, PDI-P muncul sebagai partai pemenang pemilu dan disusul oleh Golkar, PKB, PPP, dan PAN.

Dengan demikian alasan pemilu 1999 dikatakan berhasil karena dalam pelaksanaanya berlangsung secara damai, tertib, dan lancar sekaligus pemilu 1999 merupakan pemilu paling demokratis dibanding 6 pemilu sebelumnya.

Roboguru

Usaha Presiden B. J. Habibie mereformasi perekonomian Indonesia dengan membentuk...

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1997, Indonesia mengalami krisis ekonomi akibat dari krisis moneter yang melanda Thailand. Hal tersebut mengakibatkan gejalak di dalam masyarakat yang pada akhrinya meruntuhkan kekuasaan orde baru. Pasca pemerintahan orde baru, tepatnya masa pemerintahan B.J. Habibie, pemerintah berupaya memperbaiki kondisi perekonomian nasional. Hal tersebut ditandai dengan merestrukturisasi dan memperkuat sektor keuangan dan perbankan, memperkuat basis ekonomi riil, dan menyediakan jaringan pengaman sosial. Dampak dari upaya perbaikan ekonomi pasca reformasi tersebut adalah nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat menguat menjadi Rp. 6.700,00/Dolar AS.

Dengan demikian upaya perbaikan ekonomi masa B. J. Habibie dilakukan dengan merestrukturisasi dan memperkuat sektor keuangan dan perbankan, memperkuat basis ekonomi riil, dan menyediakan jaringan pengaman sosial.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved