Roboguru

Libur panjang bagi para siswa, umumnya, terjadi pada bulan Juli. Jika seorang siswa Indonesia saat itu berlibur ke Eropa, di Eropa ia akan mengalami musim ....

Pertanyaan

Libur panjang bagi para siswa, umumnya, terjadi pada bulan Juli. Jika seorang siswa Indonesia saat itu berlibur ke Eropa, di Eropa ia akan mengalami musim ....  

  1. semi  

  2. gugur  

  3. panas  

  4. dingin  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pergantian musim dipengaruhi oleh revolusi bumi terhadap matahari. Bumi berevolusi pada suatu bidang orbit yang disebut ekliptika. Akibat dari kemiringan sumbu bumi sebesar 23,5° terhadap matahari, terdapat daerah yang lebih condong ke matahari dan sebaliknya dalam jangka waktu tertentu. Hal ini membuat bumi mengalami beberapa musim berikut ini.

  1. 21 Maret - 21 Juni : Belahan Bumi Selatan mengalami musim gugur dan Belahan Bumu Utara mengalami musim semi.
  2. 21 Juni - 23 September : Belahan Bumi Selatan mengalami musim dingin dan Belahan Bumi Utara mengalami musim panas.
  3. 23 September - 23 Desember : Belahan Bumi Selatan mengalami musim semi dan Belahan Bumi Utara mengalami musim gugur.
  4. 23 Desember - 21 Maret : Belahan Bumi Selatan mengalami musim panas dan Belahan Bumi Utara mengalami musim dingin.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Saat matahari sedang dominan berada di belahan bumi utara tepatnya seperti pada Bulan Juni, maka di negara-negara wilayah tersebut sedang mengalami musim ….

Pembahasan Soal:

Saat matahari sedang berada di puncak dominan pada belahan bumi utara, yaitu tepatya sekitar Bulan Juni, maka seluruh negara di wilayah tersebut umumnya sedang mengalami musim panas dengan fenomena matahari dapat terbit pukul 4 pagi, dan tenggelam pukul 9 malam. Sebaliknya, negara-negara di belahan bumi selatan seperti Australia sedang mengalami musim dingin dengan eksistensi matahari yang minim. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

0

Roboguru

Pada saat matahari sedang berada pada posisi summer solstice, peristiwa yang mungkin terjadi di Indonesia adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada saat matahari berada pada posisi summer solstice, hal ini berarti bahwa bumi belahan utara sedang mengalami musim panas. Akibatnya adalah suhu udara bumi belahan utara akan lebih tinggi dibandingkan suhu pada bumi belahan selatan. Hal ini mengakibatkan tekanan udara di bumi belahan utara lebih rendah dibandingkan bumi belahan selatan karena secara horizontal, tekanan udara akan makin kecil ketika suhu udara meningkat. Akibatnya adalah terjadinya pergerakan massa udara (angin) dari bumi belahan selatan yang memiliki tekanan udara lebih tinggi ke arah utara. Pergerakan angin dari selatan (Australia) ke arah utara (Asia) yang melewati Indonesia disebut dengan angin muson timur yang bisa menyebabkan terjadinya musim kemarau di Indonesia. Kejadian musim kemarau ini bisa menyebabkan beberapa hal, yaitu padi sawah menurun produktivitasnya karena kekurangan air, produksi tanaman jagung yang meningkat, kekeringan di berbagai wilayah, dan marak terjadinya kebakaran hutan. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Kutub Selatan berada pada posisi paling dekat dengan Matahari. Hal ini terjadi pada setiap tanggal ....

Pembahasan Soal:

Kombinasi revolusi Bumi dan kemiringan sumbu Bumi terhadap bidang ekliptika menyebabkan terjadi pengulangan beberapa gejala alam setiap tahunnya. Gejala ini dapat diamati di sekitar kutub utara dan kutub selatan. Pada 21 Maret s/d 23 September, kutub utara mendekati matahari dan kutub selatan menjauhi matahari, dan kutub utara berada paling dekat ke matahari adalah pada tanggal 21 Juni. Pada 23 Septemeber s/d 23 Maret, kutub selatan mendekati matahari dan kutub utara menjauhi matahari, dan kutub  selatan berada pada posisi paling dekat dengan matahari pada tanggal 22 Desember.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  

0

Roboguru

Gerak semu matahari terjadi karena ada apanya?

Pembahasan Soal:

Gerak semu matahari bukanlah gerak matahari yang sesungguhnya, pergerakan tersebut seolah-olah matahari bergerak dari selatan ke utara dan kembali ke selatan setiap tahunnya. Terdapat 2 gerak semu matahari, yaitu gerak semu tahunan matahari disebabkan oleh revolusi bumi dengan poros yang miring atau tidak tegak. Selain itu terdapat gerak semu harian matahari yang disebabkan oleh rotasi bumi space

0

Roboguru

Peredaran semu tahunan matahari pengaruhnya terhadap Indonesia adalah ...

Pembahasan Soal:

Gerak semua matahari dibedakan menjadi dua yaitu gerak semu harian matahari akibat rotasi bumi dan gerak semu tahunan matahari akibat revolusi bumi. Peredaran semu matahari adalah gerakan semu matahari dari khatulistiwa menuju garis lintang balik utara 23½o LU, kembali ke khatulistiwa dan bergeser menuju ke garis lintang balik selatan 23½o LS dan kembali lagi ke khatulistiwa. Hal tersebut berpengaruh pada letak tempat terbit dan terbenamnya matahari. Perubahan letak terbitnya matahari berpengaruh terhadap intensitas cahaya matahari pada wilayah yang berkaitan langsung dengan tempat lintasan peredaran semu matahari tersebut. Salah satu akibat dari peredaran semu tahunan matahari adalah terjadinya perubahan gerakan angin yang dikenal dengan nama angin muson.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka peredaran semu tahunan matahari pengaruhnya terhadap Indonesia adalah terjadinya angin muson.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved