Roboguru

Pertanyaan

Letakkan telur mentah pada telapak tangan, kemudian remaslah. Ternyata telur tidak pecah. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Jelaskan.

J. Khairina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

hal tersebut dapat terjadi dikarenakan luas penampang telapak tangan yang besar sehingga menghasilkan tekanan yang kecil pada telur maka telur tidak pecah.

Pembahasan

Tekanan pada zat padat merupakan gaya yang diberikan per satuan luas penampang, secara matematis dituliskan:  P equals F over A.

Telapak tangan memiliki luas penampang (A) yang besar ketika ingin meremas telur, sehingga memberikan hasil tekanan (P) yang kecil terhadap telur. Sebagaimana diperoleh hubungan  P tilde 1 over A, hal ini yang menyebabkan telur tidak pecah.

Dengan demikian, hal tersebut dapat terjadi dikarenakan luas penampang telapak tangan yang besar sehingga menghasilkan tekanan yang kecil pada telur maka telur tidak pecah.

27

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Nadhira bermassa 45 kg berdiri di atas lantai. Luas telapak sepatunya masing-masing 150 cm2. Percepaatan gravitasi bumi (g=10m/s2), maka besar tekanan Nadhira terhadap lantai adalah ...

20

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia