Pertanyaan

Lengkapilah tiga daerah pertumbuhan primer pada gambar akar di bawah, dan berikan penjelasan.

Lengkapilah tiga daerah pertumbuhan primer pada gambar akar di bawah, dan berikan penjelasan.

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Terdapat dua tipe pertumbuhan pada tanaman yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan primer merupakan pertumbuhan memanjang pada ujung akar dan batang akibat adanya aktivitas sel meristem apikal pada ujung akar dan batang, sedangkan pertumbuhan sekunder merupakan pertumbuhan tanaman ke arah samping (pelebaran) akibat adanya aktivitas kambium. Pada gambar yang ditampilkan disoal merupakan gambar ujung akar dengan bagian-bagian pertumbuhan primer yaitu : Daerah diferensiasi . Pada area ini, sel-sel dari daerah pemanjangan mulai mengalami spesialialisasi struktur dan fungsi. Terdapat 3 lapisan pada daerah diferensiasi yaitu lapisan protoderma (lapisan terluar yang akan terspesialisasi menjadi epidermis), meristem dasar (lapisan kedua yang akan terspesialisasi menjadi jaringan dasar)dan prokambium (lapisan dalam yang akan membentuk berkas pembuluh). Daerah pemanjangan . Ujung atas daerah ini bercampur dengan daerah diferensiasi. Selain berperan untuk menekan ujung akar agar terjadi pemanjangan akar untuk meluaskan area penyerapan air dan unsur hara, daerah tersebut juga berperan dalam menyimpan cadangan makanan misalnya pada tanaman umbi-umbian. Daerah pembelahan . Daerah meristem terdiri atas sel-selmeristem yang aktif melakukan pembelahan seluntuk menggantikan sel-sel di tudung akar yang tanggal.Tudung akar merupakan daerah akar yang paling ujung yang berfungsi mensekresikan cairan polisakarida untuk melumasi tanah agar tanah menjadi lunak dan mudah ditembus oleh akar.

Terdapat dua tipe pertumbuhan pada tanaman yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan primer merupakan pertumbuhan memanjang pada ujung akar dan batang akibat adanya aktivitas sel meristem apikal pada ujung akar dan batang, sedangkan pertumbuhan sekunder merupakan pertumbuhan tanaman ke arah samping (pelebaran) akibat adanya aktivitas kambium.

Pada gambar yang ditampilkan disoal merupakan gambar ujung akar dengan bagian-bagian pertumbuhan primer yaitu :

  1. Daerah diferensiasi. Pada area ini, sel-sel dari daerah pemanjangan mulai mengalami spesialialisasi struktur dan fungsi. Terdapat 3 lapisan pada daerah diferensiasi yaitu lapisan protoderma (lapisan terluar yang akan terspesialisasi menjadi epidermis), meristem dasar (lapisan kedua yang akan terspesialisasi menjadi jaringan dasar) dan prokambium (lapisan dalam yang akan membentuk berkas pembuluh).
  2. Daerah pemanjangan. Ujung atas daerah ini bercampur dengan daerah diferensiasi. Selain berperan untuk menekan ujung akar agar terjadi pemanjangan akar untuk meluaskan area penyerapan air dan unsur hara, daerah tersebut juga berperan dalam menyimpan cadangan makanan misalnya pada tanaman umbi-umbian.
  3. Daerah pembelahan. Daerah meristem terdiri atas sel-sel meristem yang aktif melakukan pembelahan sel untuk menggantikan sel-sel di tudung akar yang tanggal. Tudung akar merupakan daerah akar yang paling ujung yang berfungsi mensekresikan cairan polisakarida untuk melumasi tanah agar tanah menjadi lunak dan mudah ditembus oleh akar.

8rb+

5.0 (6 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar jaringan pada ujung akar tanaman. Daerah pembelahan sel ditunjukkan oleh nomor. . . .

518

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia