Lengkapilah tabel paragraf pokok pikiran di bawah ini

Pertanyaan

Perhatikan!


Tandon Air Kejujuran

    Setiap musim kemarau penduduk Desa Sidodadi kekurangan air bersih. Air dan sumur tidak bisa digunakan untuk keperluan minum dan memasak. Air dari sumur terasa asin karena letak Desa Sidodadi dekat dengan laut Dahulu Desa Sidodadi merupakan rawa-rawa yang menjadi bagian dari Selat Sunda,

    Ketika kemarau tiba, penduduk Desa Sidodadi harus membeli air. Penjual hanya melayani pembelian air bersih dalam satu truk berkapasitas ribuan liter. Penjual tidak menjual air bersih per liter. Padahal yang diperlukan keluarga tidak sebanyak itu. Kemudian mereka membangun tandon air permanen bersama- sama.

    Tandon air yang dibuat penduduk Desa Sidodadi berkapasitas 5.000 liter air. Untuk mengambil air dalam tandon, peduduk Desa Sidodadi harus mengganti biaya pembelian air bersih. Setiap orang harus mengeluarkan uang Rp1.000,00 untuk satu jerigen atau 3 ember air. Uniknya orang yang membeli harus uang ke dalam kotak. Tidak ada orang yang menjaga tendon air. Tandon air ini mereka beri nama tendon air kejujuran.space 

Lengkapilah tabel paragraf pokok pikiran di bawah ini


space 

N. Fatimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pokok pikiran adalah suatu gagasan atau ide yang mendasari dari sebuah terbentuknya satuan kebahasaan seperti kalimat dan paragraf.

Pokok pikiran paragraf 1: Setiap musim kemarau penduduk Desa Sidodadi kekurangan air bersih

Pokok pikiran paragraf 2:  Penduduk Desa Sidodadi harus membeli air dalam satu truk berkapasitas ribuan liter. Hal tersebut membuat warga membangun tandon air permanen bersama-sama.

Pokok pikiran paragraf 3: Untuk mengambil air dalam tandon, peduduk Desa Sidodadi harus mengganti biaya pembelian air bersih. Tidak ada orang yang menjaga tendon air, sehingga mereka beri nama tendon air kejujuran.



Dengan demikian:

Pokok pikiran paragraf 1: Setiap musim kemarau penduduk Desa Sidodadi kekurangan air bersih.

Pokok pikiran paragraf 2:  Ketika kemarau tiba, penduduk Desa Sidodadi harus membeli air dalam satu truk berkapasitas ribuan liter. Hal tersebut membuat warga membangun tandon air permanen bersama- sama.

Pokok pikiran paragraf 3: Untuk mengambil air dalam tandon, peduduk Desa Sidodadi harus mengganti biaya pembelian air bersih. Tidak ada orang yang menjaga tendon air, sehingga mereka beri nama tendon air kejujuran.space 

27

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Ide pokok paragraf pertama adalah ....

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia