Iklan

Iklan

Pertanyaan

Lengkapilah tabel berikut.

Lengkapilah tabel berikut.

Iklan

T. TA.KakRivani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Antibiotik merupakan metabolit sekunder yang dihasilkan oleh mikroorganisme untuk menghambat pertumbuhan mikroogranisme lain. Antibiotik tidak secara langsug dikode oleh gen, tetapi dibuat di dalam sel dengan reaksi katalis enzim. Enzim disusun berdasarkan instruksi gen spesifik. Dengan teknologi fusi sel akan terjadi kombinasi gen dan sintesis enzim-enzim baru, sehingga mikroba dapat menghasilkan antibiotik baru. Saat ini telah banyak dihasilkan bermacam-macam antibiotik untuk kemoterapi kanker, antibakteri, pengawet makanan, dan antifungi. Berikut adalah contoh macam-macam antibiotik : Antibiotik penisilin dihasilkan dari mikroorganisme Penicilium notatum . Antibiotik penisilin dapat dimanfaatkan manusia untuk mengendalikan berbagai penyakit infeksi, seperti radang tenggorokan, demam rematik, aktinomikosis, dan lain-lain. Antibiotik sefalosporin dihasilkan dari mikroorganisme Cephalosporium . Antibiotik sefalosporin dapat dimanfaatkan manusia untuk mengobati penyakit akibat infeksi bakteri, seperti otitis media, pneumonia, meningitis, dan lain-lain. Antibiotik streptomisin dihasilkan dari mikroorganisme Streptomyces griseus . Antibiotik streptomisin dapat dimanfaatkan manusia untuk mengatasi sejumlah infeksi bakteri, salah satunya tuberkulosis. Antibiotik basitrasin dihasilkan oleh mikoorganisme Bacillus subtilis . Antibiotik basitrasin dapat dimanfaatkan manusia untuk mencegah infeksi bakteri, seperti mengobati infeksi kulit.

Antibiotik merupakan metabolit sekunder yang dihasilkan oleh mikroorganisme untuk menghambat pertumbuhan mikroogranisme lain. Antibiotik tidak secara langsug dikode oleh gen, tetapi dibuat di dalam sel dengan reaksi katalis enzim. Enzim disusun berdasarkan instruksi gen spesifik. Dengan teknologi fusi sel akan terjadi kombinasi gen dan sintesis enzim-enzim baru, sehingga mikroba dapat menghasilkan antibiotik baru. Saat ini telah banyak dihasilkan bermacam-macam antibiotik untuk kemoterapi kanker, antibakteri, pengawet makanan, dan antifungi. Berikut adalah contoh macam-macam antibiotik :

  • Antibiotik penisilin dihasilkan dari mikroorganisme Penicilium notatum. Antibiotik penisilin dapat dimanfaatkan manusia untuk mengendalikan berbagai penyakit infeksi, seperti radang tenggorokan, demam rematik, aktinomikosis, dan lain-lain.
  • Antibiotik sefalosporin dihasilkan dari mikroorganisme Cephalosporium. Antibiotik sefalosporin dapat dimanfaatkan manusia untuk mengobati penyakit akibat infeksi bakteri, seperti otitis media, pneumonia, meningitis, dan lain-lain.
  • Antibiotik streptomisin dihasilkan dari mikroorganisme Streptomyces griseus. Antibiotik streptomisin dapat dimanfaatkan manusia untuk mengatasi sejumlah infeksi bakteri, salah satunya tuberkulosis.
  • Antibiotik basitrasin dihasilkan oleh mikoorganisme Bacillus subtilis. Antibiotik basitrasin dapat dimanfaatkan manusia untuk mencegah infeksi bakteri, seperti mengobati infeksi kulit.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

155

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan apa yang dimaksud dengan penisilin, sefalosporin dan streptomisin!

5

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia