Pertanyaan

Lengkapilah diagram di bawah ini dengan jenis tumbuh-tumbuhan tersebut.

Lengkapilah diagram di bawah ini dengan jenis tumbuh-tumbuhan tersebut.

space 

  1. ....undefined 

  2. ....undefined 

J. Susanto

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Kunci identifikasi merupakan petunjuk yang dapat digunakan untuk mengidentifiksi kelompok maupun jenis organisme. Setiap ciri yang tercantum di dalam kunci identifikasi bersifat spesifik. Artinya hanya dimiliki oleh kelompok atau organisme tertentu dan tidak dimiliki oleh organisme lain. Diagram pada soal termasuk kunci determinasi. Pada diagram tersebut terdapat beberapa urutan kunci determinasi, antara lain sebagai berikut. 1a-2a-3a-4a : Pada urutan ini, tumbuhan yang memiliki ciri-ciri mempunyai akar, batang, daun, bunga, dan tulang daun menyirip/menjari adalah tumbuhan dikotil. Contoh tumbuhan dikotil, antara lain ketela pohon, pepaya, kacang tanah, tomat, mangga, jambu, dan jeruk. 1a-2a-3b-4b : Pada urutan ini, tumbuhan yang memiliki ciri-ciri mempunyai akar, batang, daun, bunga, dan tulang daun tidak menyirip/menjari adalah tumbuhan monokotil. Contoh tumbuhan monokotil, antara lain pisang, kelapa, bawang merah, bakung, padi, dan tebu. 1a-2b-4c : Pada urutan ini, tumbuhan yang memiliki mempunyai akar, batang, daun, serta tidak memiliki bunga adalah tumbuhan paku tumbuhan paku (Pteridophyta). Contoh tumbuhan paku, antara lain semanggi dan suplir. 1b-5a-6a : Pada urutan ini, tumbuhan yang memiliki ciri-ciri tidak memiliki akar, batang, dan daun, serta tubuh berupa talus adalah tumbuhan lumut hati. 1b-5b-6b : Pada urutan ini, tumbuhan yang memiliki ciri-ciri tidak memiliki akar, batang, dan daun, serta tubuh tidak berupa talus adalah tumbuhan lumut daun.

Kunci identifikasi merupakan petunjuk yang dapat digunakan untuk mengidentifiksi kelompok maupun jenis organisme. Setiap ciri yang tercantum di dalam kunci identifikasi bersifat spesifik. Artinya hanya dimiliki oleh kelompok atau organisme tertentu dan tidak dimiliki oleh organisme lain.

Diagram pada soal termasuk kunci determinasi. Pada diagram tersebut terdapat beberapa urutan kunci determinasi, antara lain sebagai berikut.

  1. 1a-2a-3a-4a: Pada urutan ini, tumbuhan yang memiliki ciri-ciri mempunyai akar, batang, daun, bunga, dan tulang daun menyirip/menjari adalah tumbuhan dikotil. Contoh tumbuhan dikotil, antara lain ketela pohon, pepaya,  kacang tanah, tomat, mangga, jambu, dan jeruk.
  2. 1a-2a-3b-4b: Pada urutan ini, tumbuhan yang memiliki ciri-ciri mempunyai akar, batang, daun, bunga, dan tulang daun tidak menyirip/menjari adalah tumbuhan monokotil. Contoh tumbuhan monokotil, antara lain pisang, kelapa, bawang merah, bakung, padi, dan tebu.
  3. 1a-2b-4c: Pada urutan ini, tumbuhan yang memiliki mempunyai akar, batang, daun, serta tidak memiliki bunga adalah tumbuhan paku tumbuhan paku (Pteridophyta). Contoh tumbuhan paku, antara lain semanggi dan suplir.
  4. 1b-5a-6a: Pada urutan ini, tumbuhan yang memiliki ciri-ciri tidak memiliki akar, batang, dan daun, serta tubuh berupa talus adalah tumbuhan lumut hati.
  5. 1b-5b-6b: Pada urutan ini, tumbuhan yang memiliki ciri-ciri tidak memiliki akar, batang, dan daun, serta tubuh tidak berupa talus adalah tumbuhan lumut daun.space space 

4rb+

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Tumbuhan yang perkembangbiakkanya dengan pergiliran yang menghasilkan spora dan sel kelamin (gamet)dan dikenal dengan istilah metagenesisialah ....

11

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia