Iklan

Iklan

Pertanyaan

Lengkapi persamaan reaksi berikut Senyawa X + PCl 5 ​ → senyawa Y Senyawa Y + Mg → senyawa Z Senyawa Z + etanal → 2-butanol Tentukan senyawa X, Y, dan Z tersebut.

Lengkapi persamaan reaksi berikut

Senyawa X +  senyawa Y
Senyawa Y + Mg  senyawa Z
Senyawa Z + etanal  2-butanol

Tentukan senyawa X, Y, dan Z tersebut.

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

senyawa X adalah C 2 ​ H 5 ​ OH , senyawa Y adalah C 2 ​ H 5 ​ Cl , dan senyawa Z adalah C 2 ​ H 5 ​ MgCl .

senyawa X adalah , senyawa Y adalah , dan senyawa Z adalah 

Iklan

Pembahasan

Untuk menjawab soal ini, perhatikan reaksi yang ketiga terlebih dahulu, karenakita dapat memprediksi senyawa Z, yaitu zat yang bereaksi dengan aldehid (etanal) membentuk alkohol (2-butanol). Senyawa Z adalah pereaksi Grignard (R–MgX), karena pereaksi tersebut dapat membentuk alkohol dengan cara bereaksi dengan aldehid, maka persamaan reaksi ketiga adalah sebagai berikut: C 2 ​ H 5 ​ MgCl + CH 3 ​ COH → CH 3 ​ CH ( OH ) CH 2 ​ CH 3 ​ Dengan demikian, kita bisa memprediksi senyawa Y pada reaksi kedua. Reaksi senyawa Y dengan Mg akan menghasilkan senyawa Z yang merupakan pereaksi Grignard (R–MgX), maka dapat dipastikan senyawa Y adalah haloalkana berupa kloroetana, sehingga persamaanreaksinya sebagai berikut: C 2 ​ H 5 ​ Cl + Mg → C 2 ​ H 5 ​ MgCl Berikutnya, senyawa Y dihasilkan dari reaksi senyawa X dengan fosfor pentaklorida. Senyawa turunan alkana yang dapat bereaksi dengan PCl 5 ​ menghasilkan haloalkana (kloroetana) adalah senyawa alkohol. Sehingga, senyawa X adalah alkohol berupa etanol. Pada reaksi pertama ini, terjadi reaksi substitusi atom Cl dari PCl 5 ​ dengan gugus -OH pada etanol sehingga membentuk kloroetana dengan reaksi: C 2 ​ H 5 ​ OH + PCl 5 ​ → C 2 ​ H 5 ​ Cl Oleh karena itu, senyawa X adalah C 2 ​ H 5 ​ OH , senyawa Y adalah C 2 ​ H 5 ​ Cl , dan senyawa Z adalah C 2 ​ H 5 ​ MgCl .

Untuk menjawab soal ini, perhatikan reaksi yang ketiga terlebih dahulu, karena kita dapat memprediksi senyawa Z, yaitu zat yang bereaksi dengan aldehid (etanal) membentuk alkohol (2-butanol). Senyawa Z adalah pereaksi Grignard (R–MgX), karena pereaksi tersebut dapat membentuk alkohol dengan cara bereaksi dengan aldehid, maka persamaan reaksi ketiga adalah sebagai berikut:

Dengan demikian, kita bisa memprediksi senyawa Y pada reaksi kedua. Reaksi senyawa Y dengan Mg akan menghasilkan senyawa Z yang merupakan pereaksi Grignard (R–MgX), maka dapat dipastikan senyawa Y adalah haloalkana berupa kloroetana, sehingga persamaan reaksinya sebagai berikut:

 

Berikutnya, senyawa Y dihasilkan dari reaksi senyawa X dengan fosfor pentaklorida. Senyawa turunan alkana yang dapat bereaksi dengan  menghasilkan haloalkana (kloroetana) adalah senyawa alkohol. Sehingga, senyawa X adalah alkohol berupa etanol. Pada reaksi pertama ini, terjadi reaksi substitusi atom Cl dari  dengan gugus -OH pada etanol sehingga membentuk kloroetana dengan reaksi:

 

Oleh karena itu, senyawa X adalah , senyawa Y adalah , dan senyawa Z adalah . 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

RISKY NUR AULIA

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan reaksinya: b. etanal + H 2 ​ → X X + PCl 5 ​ → Y

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia