Iklan

Iklan

Pertanyaan

Lena sudah berkali-kali ditanya oleh orang tuanya, kapan ia akan menikah. Untuk ... tekanan dari orang tuanya itu, Lena akhirnya berterus terang bahwa sebenarnya ia ingin ... diri dengan menjadi biarawati. Akan tetapi, orang tuanya ... pengakuan Lena sebagai upaya Lena menolak lamaran Robert. Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...

Lena sudah berkali-kali ditanya oleh orang tuanya, kapan ia akan menikah. Untuk ... tekanan dari orang tuanya itu, Lena akhirnya berterus terang bahwa sebenarnya ia ingin ... diri dengan menjadi biarawati. Akan tetapi, orang tuanya ... pengakuan Lena sebagai upaya Lena menolak lamaran Robert.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...

  1. menghindari, menyucikan, menafsirkan

  2. mengindari, mensucikan, menafsirkan

  3. menghindar, menyucikan, mentafsirkan

  4. mengindar, mensucikan, menterjemahkan

  5. menghindari, mensucikan, menterjemahkan

Iklan

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Kata berimbuhan adalah kata yang dalam perjalanannya mengalami proses morfologis dan membentuk sebuah kata dengan makna baru. Kata-kata yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah (A) menghindari, menyuckan, dan menafsirkan. Dalam prosesnya, kata-kata yang berawalan K, T, S, dan P akan luluh apabila mendapatkan imbuhan me- contoh: Suci + (me-kan) >> menyucikan Pasang + (me-kan) >> memasangkan Kalah (me+kan) >> mengalahkan Berikut adalah penjelasan secara lebih rinci mengenai kata berimbuhan tersebut yang digunakan dalam kalimat (di dalam teks): Untuk menghindari tekanan dari orangtuannya itu, Lena akhirnya berterus terang bahwa ia sebenarnya ingin menyucikan diri dengan menjadi biarawati. Akan tetapi, orang tuanya menafsirkan pengakuan Lena sebagai upaya menolak lamaran Robert.

Kata berimbuhan adalah kata yang dalam perjalanannya mengalami proses morfologis dan membentuk sebuah kata dengan makna baru. Kata-kata yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah (A) menghindari, menyuckan, dan menafsirkan. Dalam prosesnya, kata-kata yang berawalan K, T, S, dan P akan luluh apabila mendapatkan imbuhan me- contoh:

  • Suci + (me-kan) >> menyucikan
  • Pasang + (me-kan) >> memasangkan
  • Kalah (me+kan) >> mengalahkan

Berikut adalah penjelasan secara lebih rinci mengenai kata berimbuhan tersebut yang digunakan dalam kalimat (di dalam teks):

  • Untuk menghindari tekanan dari orangtuannya itu, Lena akhirnya berterus terang bahwa ia sebenarnya ingin menyucikan diri dengan menjadi biarawati.
  • Akan tetapi, orang tuanya menafsirkan pengakuan Lena sebagai upaya menolak lamaran Robert.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

23

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Lena sudah berkali-kali ditanya oleh orang tuanya, kapan ia akan menikah. Untuk ... tekanan dari orang tuanya itu, Lena akhirnya berterus terang bahwa sesungguhnya sebenarnya ia ingin ... diri dengan ...

31

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia