Iklan

Iklan

Pertanyaan

Lempeng tektonik bumi selalu bergerak. Contoh pergerakan lempeng tektonik dan hasil bentukannya adalah....

Lempeng tektonik bumi selalu bergerak. Contoh pergerakan lempeng tektonik dan hasil bentukannya adalah....

  1. divergen menyebabkan terbentuknya palung laut

  2. transform fault menyebabkan aktivitas vulkanisme laut dalam

  3. konvergen menyebabkan terbentuknya tanggul dasar samudra

  4. konvergen menyebabkan timbunan sedimen campuran atau melange

  5. divergen menyebabkan lempeng samudra menghunjam ke bawah lempeng benua

Iklan

A. Bryando

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepatadalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Terdapat tiga macam pergerakan lempeng teknonik dalam Ilmu Geologi,yakni gerakan divergen, gerakan konvergen, dan gerakan sesar. Gerakan divergen adalah gerakan lempeng-lempeng tetonik yang saling menjauh. Karena gerakan yang menjauh, timbul retakan-retakan yang menjadi jalan keluar magma. Magma naik ke permukaan dan mendesak permukaan bumi, sehingga menyebabkan terbentuknya lapisan permukaan bumi yang baru. Gerakan konvergen adalah gerakan lempeng-lempeng tektonik yang saling mendekat sehinggga menimbulkan tumbukan. Oleh sebab itu, salah satu lempeng tertekuk dan masuk ke bawah bagian lempeng lainnya. Apabila lempeng samudra menabrak lempeng benua, maka lempeng samudera akan melengkung masuk ke bawah lempeng benua. Sebab lempeng benua mempunyai berat jenis yang lebih ringan daripada lempeng samudra. Fenomena ini disebut sebagai penunjaman ( subduction ). Penunjaman dapat membentuk palung samudra dan pegunungan. Contohnya seperti Palung Jawa dan Pegunungan Himalaya. Gerakan sesar mendatar adalah gerakan lempeng kulit bumi yang saling bergesekan dalam posisi yang sama datar dan sejajar, dengan berlawanan arah. Contohnya adalah sesar San Andreas di California, Amerika Serikat. Berdasarkan pilihan jawaban, yang pergerakan yang sesuai dengan hasil bentukannya yaitu transform fault menyebabkan aktivitas vulkanisme laut dalam. Jadi, jawaban yang tepatadalah B.

Terdapat tiga macam pergerakan lempeng teknonik dalam Ilmu Geologi, yakni gerakan divergen, gerakan konvergen, dan gerakan sesar. 

  1. Gerakan divergen adalah gerakan lempeng-lempeng tetonik yang saling menjauh. Karena gerakan yang menjauh, timbul retakan-retakan yang menjadi jalan keluar magma. Magma naik ke permukaan dan mendesak permukaan bumi, sehingga menyebabkan terbentuknya lapisan permukaan bumi yang baru.
  2. Gerakan konvergen adalah gerakan lempeng-lempeng tektonik yang saling mendekat sehinggga menimbulkan tumbukan. Oleh sebab itu, salah satu lempeng tertekuk dan masuk ke bawah bagian lempeng lainnya. Apabila lempeng samudra menabrak lempeng benua, maka lempeng samudera akan melengkung masuk ke bawah lempeng benua. Sebab lempeng benua mempunyai berat jenis yang lebih ringan daripada lempeng samudra. Fenomena ini disebut sebagai penunjaman (subduction). Penunjaman dapat membentuk palung samudra dan pegunungan. Contohnya seperti Palung Jawa dan Pegunungan Himalaya.
  3. Gerakan sesar mendatar adalah gerakan lempeng kulit bumi yang saling bergesekan dalam posisi yang sama datar dan sejajar, dengan berlawanan arah. Contohnya adalah sesar San Andreas di California, Amerika Serikat.

Berdasarkan pilihan jawaban, yang pergerakan yang sesuai dengan hasil bentukannya yaitu transform fault menyebabkan aktivitas vulkanisme laut dalam.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Latihan Bab

Jagat Raya

Tata Surya

Gerakan Planet Bumi

Lapisan Interior Bumi

115

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pergerakan lempeng yang menyebabkan gempa di Pulau Sumatra bagian barat adalah . ..

210

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia