Iklan

Iklan

Pertanyaan

Lempeng kulit Bumi selalu bergerak. Contoh pergerakan lempeng tektonik dan dampak yang ditimbulkannya adalah....

Lempeng kulit Bumi selalu bergerak. Contoh pergerakan lempeng tektonik dan dampak yang ditimbulkannya adalah....

  1. divergen, menyebabkan terbentuknya dekstral

  2. konvergen, membentuk gerakan tanggul dasar samudera

  3. divergen, menimbulkan gerakan di palung laut

  4. transform, meningkatkan perenggangan lempeng

  5. konvergen, menimbulkan gempa Bumi

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pola pergerakan lempeng dunia terbagi menjaditiga, penjelasannya sebagai berikut : Pola pergerakan lempeng divergen , yaitu gerakan yang saling menjauh antara kedua lempeng. Gerakan ini mengakibatkan terbentuknya tanggul dasar samudra danpunggung samudra,dan patahan apabila terjadi di daratan. Contohnya adalah terbentuknya lembah retak besar ( Great Rift Valley )di Afrika. Pola pergerakan lempeng konvergen , yaitu gerakan yang saling mendekat antara kedua lempeng.Gerakan ini mengakibatkan terbentuknya palung laut (zona subduksi) apabila yang bertabrakan adalah lempeng samudra dengan lempeng benua, dan terjadinya lipatan (zona konvergen) apabila yang bertabrakan adalah lempeng benua dengan lempeng benua. Pola pergerakan lempeng transform (sesar mendatar) , yaitu gerakan lempeng yang saling berpapasan dan bergesekan. Pergerakan lempeng jenis ini mengakibatkan permukaan bumi patah yang disebut dekstral dan sinistral, seperti Patahan San Andreas di Amerika Serikat. Setiap terjadinya pergerakan lempeng tektonik, baik divergen, konvergen, dan transform seringkali diikuti dengan adanya gejala berupa gempa bumi. Berdasarkan hal tersebut, maka jawaban yang tepat untuk soal ini adalah E.

Pola pergerakan lempeng dunia terbagi menjadi tiga, penjelasannya sebagai berikut :

  1. Pola pergerakan lempeng divergen, yaitu gerakan yang saling menjauh antara kedua lempeng. Gerakan ini mengakibatkan terbentuknya tanggul dasar samudra dan punggung samudra, dan patahan apabila terjadi di daratan. Contohnya adalah terbentuknya lembah retak besar (Great Rift Valley) di Afrika.
  2. Pola pergerakan lempeng konvergen, yaitu gerakan yang saling mendekat antara kedua lempeng. Gerakan ini mengakibatkan terbentuknya palung laut (zona subduksi) apabila yang bertabrakan adalah lempeng samudra dengan lempeng benua, dan terjadinya lipatan (zona konvergen) apabila yang bertabrakan adalah lempeng benua dengan lempeng benua.
  3. Pola pergerakan lempeng transform (sesar mendatar), yaitu gerakan lempeng yang saling berpapasan dan bergesekan. Pergerakan lempeng jenis ini mengakibatkan permukaan bumi patah yang disebut dekstral dan sinistral, seperti Patahan San Andreas di Amerika Serikat.

Setiap terjadinya pergerakan lempeng tektonik, baik divergen, konvergen, dan transform seringkali diikuti dengan adanya gejala berupa gempa bumi. Berdasarkan hal tersebut, maka jawaban yang tepat untuk soal ini adalah E.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gerakan tektonik lempeng yang berpotensi menimbulkan gempa bumi di pantai barat Sumatera adalah gerakan yang bersifat ....

6

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia