Roboguru

Lembaga pendidikan agama sangat penting membangun kepribadian individu yang berakhlak mulia. Fungsi lembaga tersebut bagi kelangsungan hidup masyarakat adalah....

Pertanyaan

Lembaga pendidikan agama sangat penting membangun kepribadian individu yang berakhlak mulia. Fungsi lembaga tersebut bagi kelangsungan hidup masyarakat adalah.... space

  1. mendorong individu untuk bekerja space

  2. memberikan dasar moral bagi individu space

  3. mengajarkan batas-batas perilaku masyarakat space

  4. merupakan pedoman bermasyarakat space

  5. mengatur kehidupan bersama space

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan Lembaga Sosial dan point penting yang ditanyakan yaitu Fungsi Lembaga Pendidikan.

Lembaga pendidikan di masyarakat meliputi lembaga pendidikan formal (sekolah), informal (keluarga, teman sebaya), dan non formal (kursus, bimbingan belajar). Fungsi lembaga pendidikan pada hakikatnya menjadi wadah untuk mensosialisasikan nilai dan norma kepada individu agar dapat membentuk kepribadian ideal dan nantinya ketika terjun di masyarakat individu dapat berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat yang bersangkutan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B.

Pilihan jawaban A kurang tepat karena meskipun merupakan fungsi laten lembaga pendidikan, namun dapat digunakan untuk dirinya sendiri.

Pilihan jawaban C kurang tepat karena tidak dijelaskan secara spesifik mengenai batas-batas perilaku yang bagaimana (misal boleh/tidak boleh).

Pilihan jawaban D kurang tepat merupakan fungsi dari lembaga hukum.

Pilihan jawaban E kurang tepat karena merupakan fungsi dari norma sosial. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Rahmi

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Di sekola, siswa dididik menjadi individu yang berkarakter seperti disiplin, sopan santun, jujur, sportif, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan. Fungsi utama lembaga pendidikan tersebut adalah...

Pembahasan Soal:

Secara umum menurut Horton dan Hunt (1984) lembaga pendidikan mempunyai fungsi antaralain mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah, mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan kepentingan masyarakat, melestarikan kebudayaan, menanamkan keterampilan yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam demokrasi. Berdasarkan soal  di sekolah siswa di didik menjadi individu yang berkarakter seperti disiplin, sopan santun, jujur, sportif, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan, fungsi utama lembaga pendidikan tersebut yaitu mencetak generasi beradab dan berkepribadian.
Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:
  • Mengajari nilai-nilai budaya tradisional kurang tepat karena ilustarsi menjelaskan tentang karakter dan nilai kebangsaan.
  • Mengatur cara berinteraksi antarsesama tidak tepat karena tidak dicontohkan dalam ilustrasi.
  • Mempelajari tatacara perilaku berdemokrasi tidak tepat karena tidak ada unsur demokrasi yang dijelaskan
  • Mencarikan lapangan pekerjaan sesuai minat tidak tepat karena hal itu berhubungan dengan pemberian soft skill dan keterampilan.
Roboguru

Lembaga pendidikan termasuk lembaga sosial yang dianggap penting untuk keberlangsungan hidup manusia yang lebih baik. Tujuan dibentuknya lembaga tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Lembaga pendidikan merupakan lembaga yang berperan dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat berkaitan dengan penanaman ilmu pengetahuan, etika, moral, budi pekerti, dan memberikan keterampilan-keterampilan kepada masyarakat. Oleh karena itu, lembaga pendidikan merupakan lembaga sosial yang dianggap penting untuk keberlangsungan hidup manusia yang lebih baik. Tujuan dibentuknya lembaga tersebut adalah menyiapkan generasi bangsa yang berkualitas, cerdas, dan berbudi luhur.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Membentuk karakter generasi sesuai dengan harapan orangtuanya merupakan fungsi lembaga keluarga
  • Memotivasi generasi untuk berpikir kreatif dalam berwirausaha kurang tepat karena orientasi lembaga pendidikan tidak semata hanya untuk berwirausaha.
  • Sebagai lembaga yang sifatnya membantu fungsi lembaga lain tidak tepat karena bertolak belakang dengan lembaga yang dianggap penting.
  • Ilmu pengetahuan menjamin masa depan seseorang lebih baik tidak tepat karena hal itu bukan tujuan lembaga pendidikan.
Roboguru

Di bawah ini fungsi dari lembaga politik terhadap masyarakat adalah....

Pembahasan Soal:

Lembaga politik adalah sebuah seperangkat aturan dalam sebuah komunitas yang mengkhususkan dirinya pada pelayanan kekuasaaan dan wewenang bagi wilayah tersebut. Lembaga politik terbagi menjadi tiga bagian yaitu yudikatif, legislative, dan eksekutif. Salah satu fungsi lembaga politik terhadap masyarakat adalah memberi edukasi pentingnya politik. Seperti misalnya sosialisasi pentingnya memilih wakil rakyat pada pemilih pemula.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B. space 

Roboguru

Di sekolah, siswa dididik menjadi individu yang berkarakter seperti disiplin, sopan santun, jujur, sportif dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan. Fungsi utama lembaga pendidikan tersebut adalah...

Pembahasan Soal:

Di sekolah siswa dididik untuk menjadi individu yang berkarakter disiiplin, sopan santun, jujur, sportif, dan menunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan. Hal ini menunjukkan fungsi utama pendidikan yaitu untuk mencetak generasi beradab dan berkepribadian. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Selain menyelenggarakan kegitan formal secara akademik, sekolah juga melibatkan siswa berperan aktif dalam organisasi kesiswaan seperti OSIS, PMR, dan KIR. Dalam hal ini fungsi utama sekolah memberika...

Pembahasan Soal:

Selain memberikan pelajaran, sekolah juga menyediakan program ekstrakurikuler untuk para siswa seperti OSIS, PMR, dan KIR. Organisasi ekstrakurikuler seperti ini dimaksudkan untuk memberikan siswa kemampuan bekerja sama dengan orang lain (opsi D).

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved