Iklan

Iklan

Pertanyaan

Lembaga militer yang dibentuk oleh pemerintah Orde Baru untuk menjaga stabilitas nasional adalah .... Badan Koordinasi lntelejen Negara (BAKIN) Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Kopkamtib) Komando Operasi Tertinggi (KOTI) Badan Koordinasi Bantuan Pemantapan Stabilitas Nasional ( Bakorstranas)

Lembaga militer yang dibentuk oleh pemerintah Orde Baru untuk menjaga stabilitas nasional adalah ....

  1. Badan Koordinasi lntelejen Negara (BAKIN)
  2. Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Kopkamtib)
  3. Komando Operasi Tertinggi (KOTI)
  4. Badan Koordinasi Bantuan Pemantapan Stabilitas Nasional ( Bakorstranas)
  1. 1,2, dan 3 SAJA yang benar

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar

  4. HANYA 4 yang benar

  5. SEMUA pilihan benar

Iklan

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah C Untuk lebih detailnya yuk pahami penjelasan berikut: Kopkamtib dibentuk pada tanggal 10 Oktober 1965, bermula dari kompromi yang dicapai antara Sukarno dengan Soeharto setelah kudeta Oktober. Soeharto ditunjuk sebagai Panglima Kopkamtib yang pertama. Saat Orde Baru Kopkamtibadalah lembaga yang lebih berfungsi alat pemerintah yang banyak melakukan kontrol politik untuk menangani berbagai macam pemberontakan sipil seperti demonstrasi dan pergerakan mahasiswa maupun kaum muslim. Kopkamtib juga menentukan nasib surat kabar. Jika ingin terbit, sebuah surat kabar harus mendapatkan suratizin usaha penerbitan dari Kopkamtib. Di bawah seorang Pangkopkamtib, terdapat Kepala Staf Kopkamtib—disingkat Kaskopkamtib. Di tingkat daerah, ada Pelaksana Khusus Daerah (Laksusda) dan di atasnya terdapat jabatan Pelaksana Khusus Wilayah (Laksuswil). Pada tanggal 5 September 1988 Kopkamtib dibubarkan dan digantikan dengan Badan Koordinasi Bantuan Pemantapan Stabilitas Nasional (Bakorstanas). Jenderal- Jenderal yang pernah menjadi Pangkopkamtibyaitu Soeharto (Soemitro (1971-1974), Soeharto (1974-1978), Soedomo (1978-1983), Moerdani (1983 -1988). Saat Komkamtib dibubarkan, Bakorstranas didirikanTry Sutrisno diangkat oleh Soeharto menjadi panglimanya. Setelah Bakorstranas berjalan 12 tahun Gusdur membubarkan Bakorstranas karena baginya Bakorstanas hanya merupakan perangkat yang menimbulkan keruwetan baik di pusat maupun di daerah.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah C

Untuk lebih detailnya yuk pahami penjelasan berikut:

Kopkamtib dibentuk pada tanggal 10 Oktober 1965, bermula dari kompromi yang dicapai antara Sukarno dengan Soeharto setelah kudeta Oktober. Soeharto ditunjuk sebagai Panglima Kopkamtib yang pertama. Saat Orde Baru Kopkamtib adalah lembaga yang lebih berfungsi alat pemerintah yang banyak melakukan kontrol politik untuk menangani berbagai macam pemberontakan sipil seperti demonstrasi dan pergerakan mahasiswa maupun kaum muslim. Kopkamtib juga menentukan nasib surat kabar. Jika ingin terbit, sebuah surat kabar harus mendapatkan surat izin usaha penerbitan dari Kopkamtib. Di bawah seorang Pangkopkamtib, terdapat Kepala Staf Kopkamtib—disingkat Kaskopkamtib. Di tingkat daerah, ada Pelaksana Khusus Daerah (Laksusda) dan di atasnya terdapat jabatan Pelaksana Khusus Wilayah (Laksuswil). 
Pada tanggal 5 September 1988 Kopkamtib dibubarkan dan digantikan dengan Badan Koordinasi Bantuan Pemantapan Stabilitas Nasional (Bakorstanas). Jenderal- Jenderal yang pernah menjadi Pangkopkamtib yaitu Soeharto (Soemitro (1971-1974), Soeharto (1974-1978), Soedomo (1978-1983), Moerdani (1983 -1988). Saat Komkamtib dibubarkan, Bakorstranas didirikan Try Sutrisno diangkat oleh Soeharto menjadi panglimanya. Setelah Bakorstranas berjalan 12 tahun Gusdur membubarkan Bakorstranas karena baginya Bakorstanas hanya merupakan perangkat yang menimbulkan keruwetan baik di pusat maupun di daerah.


 

563

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Orde Baru menganut sistem pemerintahan demokratis. SEBAB Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang...

487

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia